uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Perayaan Hari Paskah di Arab Saudi - Cek Fakta

, Jakarta - Cek Fakta mendapati klaim video perayaan Hari Paskah di Arab Saudi. Kabar tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 12 April 2023.

Unggahan klaim video perayaan Hari Paskah di Arab Saudi menampilkan sejumlah orang mengenakan baju jubah ungu dan penutup kepala putih, mengiringi benda yang posisinya lebih tinggi terdapat orang memanggul salib, dengan latar belakang bangunan bercat putih.

Pada beberapa atap bangunan tersebut terdapat bendera berwarna hijau putih hijau secara vertikal.

Dalam video tersebut juga terdengar suara musik dan orang yang mengabadikan peristiwa dalam video dengan menggunakan teleponnya.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"Perayaan paskah di Arab Saudi,, 2023"

Benarkah klaim video perayaan Hari Paskah di Arab Saudi? Simak hasil penelusuran Cek Fakta .

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri klaim video perayaan Hari Paskah di Arab Saudi, dengan menggunakan Google Lens.

 

<p>Cek Fakta  menelusuri klaim video perayaan Paskah di Arab Saudi</p>

 

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, di antaranya Adventure-life.com yang memuat tulisan "Guatemala Easter Festival". Dalam tutlisan tersebut terdapat foto yang menampilkan orang berkostum identik dengan klaim yang sedang mengiringi orang memanggul salib. 

 

<p>Penelusuran klaim video perayaan Paskah di Arab Saudi</p>

 

Situs Adventure-life.com menyebutkan, foto tersebut terjadi di Antigua, Guatemala yaitu rumah bagi perayaan Paskah terbesar di dunia di mana Sengsara, Salib, dan Kebangkitan Yesus diperingati. Prosesi tersebut berakar pada tradisi Andalusia dan dibawa oleh misionaris Spanyol pada abad ke-16.

Para pembawa, atau cucurucha mengenakan kostum tradisional Maya.

Penelusuran juga mengarah pada situs Dreamstime.com, dalam situs tersebut terdapat foto yang menampilkan sejumlah orang  menggunakan mengenakan kostum dan bangunan yang identik dengan klaim.

 

<p>Penelusuran klaim video perayaan Paskah di Arab Saudi</p>

Dalam keterangan foto yang dimuat situs Dreamstime.com, peristiwa dalam foto tersebut adalah prosesi Minggu Palem di depan katedral dan taman pusat di kota kolonial & Situs Warisan Dunia UNESCO Antigua, Guatemala Amerika Latin.

Sumber:

#

https://www.dreamstime.com/antigua-guatemala-march-palm-sunday-procession-front-cathedral-central-park-colonial-town-unesco-world-heritage-site-image142613895

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta , klaim video perayaan Hari Paskah di Arab Saudi tidak benar.

Video tersebut adalah perayaan Hari Paskah di Antigua, Guatemala.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat