uefau17.com

Turnamen Catur Antar GM dan IM Digelar di Jakarta, Diikuti 24 Pecatur dari 8 Negara Bertarung Ketat 11 Babak - Bola

, Jakarta- Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) akan menggelar turnamen catur bertajuk “Pertamina Indonesian GM Tournament 2024" mulai 23 April 2024 sampai 1 Mei 2024 di Hotel Artotel Gelora Senayan (dahulu dikenal Hotel Atlet Century).

Turnamen catur ini akan diikuti oleh 12 pecatur GM dan 12 pecatur IM. Pesertanya berasal dari delapan negara. Selain Indonesia, ada perwakilan pecatur dari Malaysia, Mongolia, Singapura, Australia, Vietnam, dan Filipina.

Pertamina Indonesian GM Tournament 2024 menjadi ajang yang bagus bagi pecatur Indonesia untuk mendapat pengalaman bertanding dengan para pecatur luar negeri yang berkemampuan setara, atau bahkan di atas kemampuan mereka. Selain itu mereka dapat menaikkan elo rating serta membukukan norma.

Di turnamen ini, Indonesia akan turun dengan kekuatan tujuh pecatur dengan rincian enam putra dan satu putri untuk turnamen GM. Sedangkan pada turnamen IM, Indonesia menurunkan 7 pemain, dengan 6 pemain putra dan seorang pemain putri.

Pertamina Indonesian GM Tournament 2024 ini akan menggunakan sistem Round Robin (setengah kompetisi) sebanyak 11 babak, serta menerapkan aturan (regulasi) yang ketat sesuai peraturan Federasi Catur Internasional (FIDE) untuk turnamen catur internasional pada umumnya.

Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya mengungkapkan Indonesia punya potensi bagus meraih gelar juara. "Banyak pemain-pemain kita yang potensial (menjadi juara). Seperti Susanto Megaranto dan dan Jodi (Setyaki), mereka pemain-pemain terbaik Indonesia," jelas Eka.

"Saya berharap dari turnamen ini akan lahir GM atau IM baru, meski perjuangan para pecatur Indonesia cukup berat. Tapi kita harus tetap optimistis," tutur Eka.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Utut Senang Bisa Gelar Turnamen Catur Bergengsi

Sementara itu ketua Percasi GM Utut Adianto senang Indonesia bisa menggelar turnamen bergengsi ini di tahun 2024. "PB Percasi sangat mengapresiasi keterlibatan dunia usaha dalam turnamen-turnamen seperti ini. Karena dengan banyaknya turnamen berkelas yang kita selenggarakan, akan muncul pula pemain catur berkelas."

"Indonesia selalu menjadi tuan rumah yang luar biasa, karena mampu memberikan yang terbaik. Dan, saya berharap turnamen kali ini juga dapat melahirkan pemain-pemain yang menjadi kekuatan yang diperhitungkan di skala global,” sambung Utut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat