uefau17.com

Piala Asia 2023: Timnas Indonesia Dihajar Jepang, PSSI Sayangkan Gol Bunuh Diri di Babak Kedua - Bola

, Jakarta Timnas Indonesia gagal meraih hasil positif dalam matchday ketiga grup D Piala Asia 2023. Skuad Garuda takluk 1-3 dari Jepang di Stadion Al Thumama pada Rabu (24/1/2024) malam WIB.

Anak-anak Hajime Moriyasu menguasai jalannya laga dan mampu unggul cepat lewat penalti Ayase Ueda pada menit ke-6. VAR mendapati Jordi Amat melakukan pelanggaran di kota terlarang dua menit sebelumnya, sehingga membawa nestapa buat Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Indonesia U-16 Peringkat 3 di Piala AFF U-16, MU Pertahankan Pemain Gaji Buta

Skuad Garuda berhasil menahan serangan Jepang hingga akhir babak pertama. Namun, Samurai Biru langsung menambah keunggulan beberapa saat setelah turun minum lantaran Ayase Ueda berhasil mencatatkan nama untuk kedua kalinya di papan skor.

Justin Hubner tak sengaja mempertegas keunggulan Jepang atas Indonesia lewat gol bunuh dirinya pada menit 88. Sandy Walsh sempat mencetak angka hiburan saat injury time, tetapi hal itu tak cukup untuk mencegah kemenangan Jepang atas skuad Garuda.

Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin pun buka suara mengomentari performa Timnas Indonesia selepas duel melawan Samurai Biru. Meski mengapresiasi kinerja anak-anak asuh Shin Tae-yong, mantan Menpora RI menyayangkan terjadinya own goal oleh pasukan Garuda di pengujung babak kedua.

"Kita sudah lihat bagaimana perjuangan timnas, anak-anak kita. Saya kira melawan negara yang peringkatnyajauh di atas kita, (mereka) bisa main dengan meladeni permainan Jepang," ucap Zainudin Amali selepas nobar laga Jepang vs Indonesia di GBK Arena, Senayan, Rabu (24/1/2024).

"Cuma memang ada beberapa kejadian yang sharusnya tidak terjadi, bahkan tadi gol bunuh diri yang terakhir. Akan tetapi, secara keseluruhan, saya lihat bahwa timnas kita semakin baik performanya," sambung Waketum PSSI.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nasib Timnas Indonesia Bergantung Negara Lain

Dengan kekalahan dari Jepang dalam matchday pemungkas, Timnas Indonesia kini terkunci di peringkat 3 klasemen grup D Piala Asia 2023. Pasukan Merah Putih tercatat mengoleksi 3 poin dari 3 pertandingan, hanya unggul atas Vietnam yang pulang dengan tangan hampa.

Anak-anak asuh Shin Tae-yong pun terpaksa menggantungkan nasib pada hasil pertandingan negara lain demi membuka peluang lolos ke fase 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik.

Yang paling memungkinkan, skuad Garuda harus berharap Oman kalah atau setidaknya bermain imbang dengan Kirgistan di laga pemungkas grup F Piala Asia 2023 demi mengantar Indonesia tembus menuju babak selanjutnya.

3 dari 3 halaman

Hasil Timnas Indonesia di Grup D Piala Asia 2023

Senin, 15 Januari 2024

21.30 WIB: Indonesia 1-3 Irak (Stadion Ahmad bin Ali)

 

Jumat, 19 Januari 2024

21.30 WIB: Vietnam 0-1 Indonesia (Stadion Abdullah Bin Khalifa)

 

Rabu, 24 Januari 2024

18.30 WIB: Jepang 3-1 Indonesia (Stadion Al Thumama)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat