uefau17.com

Prancis Bantu Sepak Bola Indonesia Lewat Bola d'Or - Bola

, Jakarta- Sebagai salah satu negara yang disegani di jagat sepak bola, Prancis memberikan perhatian kepada sepak bola Indonesia. Prancis mengadakan Bola d'Or guna membantu talenta muda berbakat Indonesia mendapat pelatihan sepak bola sampai ke akademi ternama, INF Clairefontaine.

Bola d'Or akan berlangsung dari Januari sampai Juni 2024. Program edisi perdana ini menargetkan ratusan anak Indonesia kelahiran tahun 2014/2015 guna mengikuti beberapa tahapan pendeteksian bakat. Bola d'Or akan digelar di Jakarta, Tangerang, Bogor dan Bekasi.

Para peserta tidak hanya mendapat pelatihan sepak bola semata. Semua anak juga akan mengikuti kelas bahasa Prancis di Institut Français d’Indonésie.

Akan ada enam tahap seleksi yang akan dinilai, melibatkan sesi belajar bahasa Prancis dan kemampuan bermain sepak bola, tujuannya untuk memberikan kesempatan beasiswa kepada 10 anak di FFF French Football Academy Jakarta dan 2 anak mendapatkan beasiswa sekolah di LIFE SCHOOL– Lycée Français de Jakarta.

Untuk proses pendeteksian bakat sepak bola di empat venue berbeda akan dipimpin oleh pelatih Patrick Vallee yang merupakan direktur teknik FFF French Football Academy Jakarta.

Bola d'Or ini gratis dan terbuka bagi seluruh anak berkewarganegaraan Indonesia. Namun peserta hanya boleh mendaftar satu kali. Mereka wajib berkomitmen untuk mengikuti enam tahap seleksi yang diadakan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Metode Bola d'Or

Setiap venue seleksi tahap pertama memiliki kuota 60 anak. Seleksi tahap pertama akan berlangsung 27 Januari 2024 di PSF Pancoran, Jakarta. Kemudian di Bogor tepatnya di lapangan ASIOP pada 28 Januari. Tangerang akan berlangsung di DM Sport pada 10 Februari. Terakhir di Bekasi (MJCC) sehari kemudian.

Pada akhir fase deteksi terakhir, 10 pemain akan dipilih dari total 240. Ke-10 anak yang terpilih di tahap keenam ini akan mendapat kursus Bahasa Prancis dari IFI pada pagi hari, dan berlatih sepak bola di FFF Academy Jakarta, sore harinya.

3 dari 3 halaman

Fokus di Sekitar DKI Jakarta

Panitia kemudian akan menetapkan pemenangnya. Dua pemenang utama (satu putra dan satu putri) akan berkesempatan untuk menerima beasiswa sekolah di Life School Jakarta. Pemenang ini juga akan mendapat kesempatan menimba ilmu di INF Clairefontaine.

Sedangkan 10 anak yang terpilih di tahap keenam tersebut otomotis mendapatkan Beasiswa 10 tahun di FFF Academy Jakarta.

Bola d'Or Indonesia merupakan proyek pendidikan dan olahraga yang mendapat dukungan langsung dari Kementerian Luar Negeri Prancis. Ajang ini digarap oleh Institut Francais d’Indonesie (IFI), French Football Academy Jakarta, Life School, Silk Road Sports Indonesia, dan Kedutaan Prancis untuk Indonesia.

"Untuk tahap pertama kami memilih mengadakan di sekitaran Jakarta dahulu. Kami lebih mengutamakan kualitas sehingga cakupannya belum terlalu luas. Tapi ke depan kami ingin bisa menjangkau lebih banyak daerah," ujar Steeve Cupaiolo, selaku CEO FFF Academy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat