uefau17.com

Presiden Jokowi Senang dengan Potensi Pemain Muda Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 - Bola

, Jakarta - Presiden Joko Widodo senang dengan permainan yang ditunjukkan Timnas Indonesia pada laga pembuka Grup D Piala Asia 2023 melawan Irak, Senin (15/1/2024). 

Meski kalan 1-3 dari Singa Mesopotamia, Presiden tetap optimistis karena Skuad Garuda berisi pemain dengan rata-rata termuda di antara kontestan lain.

“Membangun sebuah tim yang baik itu membutuhkan waktu, yang saya senang, tim kemarin itu, kita adalah rata-rata usianya adalah paling muda dari Indonesia, karena di bawah 24 tahun,” kata Jokowi usai meninjau perkembangan pembangunan Training Center (TC) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (17/1/2024).

Materi pemain yang didominasi usia muda, kata Presiden, merupakan modal bagus bagi Indonesia untuk mendapatkan timnas yang kuat pada jangka menengah dan panjang.

“Itu bagus sekali dalam jangka menengah dan panjang. Dan saya melihat kemarin mainnya juga sangat bagus, tetapi ya bolanya bundar, biasa saja sepak bola. Kita lihat nanti saat bertemu dengan Vietnam,” ujar Joko Widodo.

Indonesia memiliki skuad termuda yang berpartisipasi di Piala Asia 2023. Pemain tertua saat ini adalah Jordi Amat dengan 31 tahun. Sementara pemain termuda adalah Marselino Ferdinan dengan 19 tahun 2 bulan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rata-Rata Usia Skuad Timnas Indonesia

Sosok lain yang berusia 19 tahun adalah Hokky Caraka dan Ivar Jenner. Pelatih Shin Tae-yong memang cukup banyak membawa pemain yang berusia di bawah 23 tahun.

Selain, Marselino, Hokky dan Jenner, ada delapan nama lain yang berusia muda. Mereka adalah Witan Sulaeman (22 tahun), Rizky Ridho (22 tahun), Prayama Arhan (22 tahun), Ernando Ari (21 tahun), Elkan Baggott (21 tahun), tahun), Ramadhan Sananta (21 tahun) Rafael Struick (20 tahun), dan Justin Hubner 20 tahun).

Berdasarkan data Transfermarkt, rata-rata usia skuad timnas Indonesia di Piala Asia 2023 adalah 22,5 tahun per 9 Januari 2024.

Indonesia mengungguli Vietnam dengan rata-rata pemain berusia 23,3 tahun. Kemudian, rara-rata pemain Jepang berusia 23,7 tahun. Setelahnya ada Uzbekistan dengan rata-rata usia pemain sebesar 23,9 tahun.

3 dari 3 halaman

Jokowi Tinjau Pembangunan Training Center PSSI di IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau perkembangan pembangunan Training Center (TC) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Rabu (17/1/2024). Presiden pada kesempatan tersebut didampingi Ketua Umum PSSI yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Pelatih Tim Nasional Indonesia Indra Sjafri.

Presiden menyampaikan kepada media bahwa proses Pembangunan TC terus dilakukan. Berdasarkan laporan Erick Thohir, Presiden menyebutkan bahwa progres Pembangunan TC sudah mencapai 20% dari targetnya.

“Kalau kita lihat memang sudah dimulai dan sampai hari ini sudah tuntas 20%. Dan kita harapkan Mei (2024) sudah jadi, dan Juni (2024) sudah bisa dipakai untuk TC, untuk U-20. Masuk ke sini. Coach Indra (Sjafri) juga sudah katakan siap untuk TC di IKN. Rumput juga sudah disemai semuanya,” demikian Presiden memberikan update kepada media.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat