uefau17.com

Sempat Dicoret, Ragnar Oratmangoen Kembali Ikut Naturalisasi untuk Timnas Indonesia - Bola

, Jakarta - Ragnar Oratmangoen kembali ikut naturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Tetapi, proses itu pernah tidak terwujud pada 2021 lalu.

Cerita itu berawal ketika ada perwakilan PSSI mencari pemain keturunan Indonesia untuk ditawari ikut program naturalisasi. Ragnar kemudian menghubungi orang tersebut di Belanda.

Ia sempat berkomunikasi dan berbincang dengan utusan PSSI itu mengenai program naturalisasi untuk Timnas Indonesia.

"Dua tahun lalu, saya menghubungi seseorang di Belanda yang mencari pemain di seluruh dunia yang berkewarganegaraan Indonesia atau berasal dari Indonesia. Dia bertanya apakah saya terbuka untuk dinaturalisasi dengan tujuan untuk bergabung dengan tim nasional," kata Ragnar seperti dikutip DVHN.

Meski tertarik berganti kewarganegaraan, sayang ada kabar lebih lanjut mengenai rencana naturalisasi dirinya. "Saya cukup siap untuk itu, tapi tidak pernah berpikir itu akan terjadi," ujar Ragnar.

"Keinginan itu ada, tapi tidak terwujud. Juga karena saya tidak mendengar kabar darinya untuk waktu yang lama setelah itu," lanjut pemain Fortuna Sittard itu.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ragnar Oratmangoen Diproyeksikan Tahun Depan

Tidak terwujudnya proses naturalisasi karena Ragnar Oratmangoen dicoret dari program tersebut. "Saya mendengar dari Jay Idzes nama saya juga dicoret," katanya.

Ragnar kemudian berinisiatif menghubungi kembali perwakilan PSSI. "Dia tidak mendengar kabar dari saya selama ini karena dia bekerja di belakang layar, mengatur segala macam hal. Banyak hal terjadi dengan sangat cepat setelah itu," tuturnya.

Ragnar sudah masuk daftar antrean program naturalisasi untuk Timnas Indonesia. Namun, prosesnya disebut akan dimulai pada 2024.

Saat ini pemerintah sedang fokus menyelesaikan proses naturalisasi Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On. Sementara Justin Hubner sudah menjadi WNI sejak 6 Desember 2023.

"Prosesnya masih belum siap seperti dua atlet ini. Jadi, sementara baru Jay dan Nathan. Mungkin Ragnar kita proyeksi di tahun depan," kata Menpora Dito Ariotedjo.

 

3 dari 3 halaman

Jumlah Pengikut Meningkat

Akun Instagram Ragnar Oratmangoen diserbu supertor Timnas Indonesia. Padahal, dia belum juga resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) dan membela Timnas Indonesia.

Sebelum dibawa ke Indonesia untuk menjalani proses naturalisasi pada November lalu, jumlah pengikut Instagram Ragnar hanya 1.000. Sekarang, jumlahnya telah meningkat lebih dari 32 ribu.

"Tepat sebelum saya pergi (ke Indonesia), saya telah membuat akun. Langsung ada 1.000 pengikut. Saat saya kembali (dari Indonesia) ada lebih dari 25.000," katanya dikutip dari Leeuwarder Courant.

"Jumlah penayangan video bisa mencapai 1,4 juta. Saya tahu betapa fanatiknya penggemar dan telah melihat bersama Jay (Idzes) betapa cepatnya segalanya bisa pergi. Namun itu mengejutkanku."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat