uefau17.com

Jadwal Timnas Basket Indonesia di Asian Games Hangzhou: Putra dan Putri Baru Tanding Pekan Depan - Bola

, Jakarta- Cabang olahraga bola basket di Asian Games Hangzhou 2023 baru akan dimulai pekan depan. Timnas Indonesia akan ikut di sektor putra dan putri. Sayangnya undian menempatkan Indonesia di grup yang sangat berat di kedua kategori.

Timnas basket Indonesia putra tergabung di Grup D. Disana ada Korea Selatan, Jepang dan Qatar. Sedangkan tim putri masuk Grup A yang dihuni oleh China, Jepang dan Mongolia.

Persiapan matang sudah dilakukan timnas basket Indonesia. Timnas Elite Putra melakoni empat laga uji coba di Jakarta sebelum berangkat ke China.

Empat pertandingan uji coba itu semuanya melawan Select Team di GBK Arena Senayan, Jakarta Pusat. Tim ini diisi para pemain pilihan kombinasi lokal dan asing.

Uji coba pertama berlangsung pada Kamis (14/9). Hasilnya, Timnas Elite Putra menang 89-80. Kemudian uji coba kedua berakhir dengan 71-89 untuk Select Team (16/9).

Pada laga ketiga yang berlangsung pada Senin (18/9), Timnas Elite Putra kalah 92-105. Uji coba keempat seharusnya berlangsung Selasa tapi digeser Rabu (20/9) karena ada acara pelepasan dan pengukuhan Tim Indonesia untuk Asian Games oleh Bapak Presiden Joko Widodo.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Adaptasi Timnas Basket Indonesia

Manager Timnas Elite Putra Jeremy Imanuel Santoso menjelaskan, dalam rangkaian uji coba ini bukan kalah menang yang dicari. Scrimmage game ini bertujuan untuk adaptasi dengan cara bermain lawan Indonesia di Asian Games nanti.

Indonesia di Asian Games Hangzhou nanti berada di Grup D bersama Korea Selatan, Jepang, dan Qatar. Semua pertandingan berlangsung di University Zijingang Campus Gumnasium.

“Untuk scrimmage game, bukan kalah dan menang yang kita cari. Pertandingan ini untuk adaptasi lawan, dimana Select Team ini kita buat untuk memerankan lawan kita nanti di group stage. Misal, saat ini kita sedang mencoba bagaimana hadapi permainan Timnas Qatar. Kita lihat anak-anak perlu adaptasi, dimana dia bisa tiba-tiba full court defence, tida-tiba tidak. Jadi memang anak-anak perlu adaptasi di situ,” jelas Jeremy.

 

3 dari 5 halaman

Persiapa Timnas Basket Indonesia

Di Asian Games nanti, Timnas Elite Putra tidak bisa menurunkan kekuatan terbaik. Ada delapan pemain yang merupakan bagian dari the winning team saat meraih emas SEA Games Hanoi absen dengan berbagai alasan.

Mereka adalah Andakara Prastawa, Arki Dikania Wisnu, Brandon Jawato, Marques Bolden, Dame Diagne, Derrick Michael, Agassi Goantara, dan Abraham Damar Grahita.

Absennya mereka membuat Badan Tim Nasional PERBASI memaksimalkan potensi pemain muda. Mereka di antaranya Anthony Erga, Pandu Wiguna, Muhammad Reza Guntara, Karl Patrick Gloria, Nickson Damara Gosal, Aldy Izzatur Rachman, Ali Bagir, Xavier Charles, dan Xavi Yonga.

Sedangkan timnas basket putri juga sudah berlatih keras di bawah arahan pelatih Los Angeles Lakers, Phil Handy. Timnas putri Indonesia sedang dalam tren positif setelah meraih medali emas SEA Games 2023 serta menjadi juara di FIBA Women's Asia Cup 2023 Divisi B sehingga promosi ke Divisi A.

4 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Basket Indonesia Putra

 26 September 2023

Indonesia vs Korea Selatan

28 September 2023

Indonesia vs Jepang

30 September 2023

Indonesia vs Qatar

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Basket Putri Indonesia di Asian Games Hangzhou

27 September 2023

Indonesia vs India

29 September 2023

Indonesia vs China

1 Oktober 2023

Indonesia vs Mongolia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat