uefau17.com

Lampaui Capaian 2018, PBSI Bidik 3 Medali Emas Asian Games 2023 - Bola

, Jakarta - PP PBSI membidik tiga emas dari cabor bulu tangkis Asian Games 2023 di Hangzhou, China. Medali itu diiharapkan datang dari nomor beregu putra, tunggal putra, dan ganda putra.

"Kami punya target tiga emas. Tapi saya bercita-cita bisa lebih dari target itu, ya walaupun kami jadi latihan lebih berat agar termotivasi," tutur Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky.

Menurut Rionny, peluang untuk memperbaiki rapor Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, mendapat dua medali emas, bisa tercapai di China. Asalkan para pelatih dan pemain sama-sama punya motivasi kuat untuk mewujudkan.

Melihat penampilan atlet di ajang BWF Super 1000 China Open, Rionny mengakui kinerja pemain masih kurang dari harapan. Namun, hasil positif dari turnamen Super 500 Hong Kong Open pekan lalu diharapkan bisa mendongkrak semangat skuad bulu tangkis Indonesia.

"Saya lihat ambisi dari pelatih dan pemain, serta dari hasil kemarin di China agak kurang sedikit, tapi naik di Hong Kong. Saya harap itu bisa jadi motivasi buat mereka dan menambah percaya diri buat atlet-atlet kita," katanya.

Untuk persiapan Asian Games 2022, seluruh pemain langsung menjalani latihan sepulang dari Hong Kong. Ia menilai para pemain sudah siap untuk berlaga di Hangzhou. Fase latihan juga tidak memulai dari tahap awal, tapi langsung pada upaya menjaga kebugaran dan kesiapan mental bertanding mengingat waktu persiapan yang terbilang sedikit.

"Latihan tidak mulai dari nol lagi, mereka sudah fight. Hari ini kami untuk perbaiki saja, jaga kondisinya. Saya lihat mereka sudah siap bertanding," kata Rionny dilansir Antara. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketua Umum PBSI: Atlet Siap Tempur di Asian Games 2023

Indonesia meraih dua medali emas dalam Asian Games 2018 lalu. Kehormatan datang dari Jonatan Christie dari nomor tunggal putra dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di ganda putra. 

Skuad bulu tangkis Indonesia pun diharapkan dapat mengulang kejayaan yang sama dalam ajang olahraga multievent Asia edisi ini. Apalagi pasukan Merah Putih dibebani target mengoleksi 12 medali emas dan finis minimal di urutan 12 klasemen akhir Asian Games 2023 Hangzhou.

"Sebenarnya kita jauh lebih siap," tutur Ketum PP PBSI Agung Firman Sampurna kepada awak media pasca pengukuhan kontingen Asian Games di Auditorium Kementerian PUPR, Selasa (19/9/2023). 

"Tapi, harus dipahami bahwa pandemi itu kan membuat sejumlah event tertunda. Begitu ditunda, intensitasnya langsung naik. Walaupun atlet kita banyak, tetapi intensitas mereka untuk diturunkan itu tinggi. Itu yang kira-kira menjadi pertimbangan kami melakukan pembinaan."

"Dalam artian kami harus mempertimbangkan kesiapan atlet, ya mereka siap, tetapi kami akan melakukan upaya terbaik kami supaya di 2023 ini melakukan persiapan terbaik supaya juga mendapatkan hasil terbaik," tandasnya

3 dari 3 halaman

Daftar Pemain Indonesia di Asian Games 2023

Skuad Putra

Anthony Sinisuka Ginting 

Chico Aura Dwi Wardoyo 

Daniel Marthin

Fajar Alfian

Jonatan Christie

Leo Rolly Carnando

Muhammad Rian Ardianto

Rehan Naufal Kusharjanto 

Rinov Rivaldy

Shesar Hiren Rhustavito 

 

Skuad Putri 

Amalia Cahaya Pratiwi 

Apriyani Rahayu

Ester Nurumi Tri Wardoyo

Febriana Dwipuji Kusuma

Gregoria Mariska Tunjung

Komang Ayu Cahya Dewi

Lisa Ayu Kusumawati

Pitha Haningtyas Mentari

Putri Kusuma Wardani

Siti Fadia Silva Ramadhanti 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat