uefau17.com

Bola Ganjil: Tergoda Kilauan Emas, Aksi Pencuri Perhiasan di Tengah Pertandingan - Bola

, Jakarta - Pemain sepak bola dilarang mengenakan perhiasan saat bertanding. Faktor keamanan jadi pertimbangan utama.

“Semua tipe perhiasan (kalung, cincin, gelang, anting, dll) dilarang dan harus dilepas. Menggunakan plester untuk menutupnya juga tidak diizinkan,” tulis peraturan sepak bola internasional yang disusun IFAB.

Ofisial pertandingan akan memeriksa para starter dan pemain pengganti sebelum masuk lapangan untuk mengetahui apakah mereka sudah mematuhi peraturan. Jika ada yang menolak, pengadil berhak mengeluarkan mereka.

Tetap saja, wasit kadang kecolongan. Laga Prancis kontra Polandia di Piala Dunia 2022 harus dihentikan cukup lama. Bek Les Bleus Jules Kounde ternyata mengenakan kalung emas. Pemain Barcelona itu kemudian diminta menanggalkannya dengan bantuan staf timnas.

Dengan bahan keras dan cenderung berbobot berat, perhiasan memang berpotensi melukai pemain dan juga lawan. Apalagi sepak bola merupakan olahraga yang kerap menghadirkan kontak fisik.

Di luar itu, insiden 1991 mungkin jadi pendorong ekstra IFAB untuk menulis peraturan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaatkan Kesempatan di Tengah Kelengahan

Penarol menghadapi Nacional pada liga domestik Uruguay. Laga berlangsung panas mengingat sejarah panjang rivalitas dua klub tersebut. Sama-sama berasal dari Montevidio, duel mereka berlangsung sejak 1900 atau tertua di luar Kepulauan Inggris.

Bek Penarol bernama Goncalves sedang menjalankan tugas dengan menghadapi sepak pojok lawan. Dia menjaga striker berbahaya milik Nacional Julio Dely Valdes.

Keduanya saling tarik seragam dan berjibaku dalam usaha menyambut bola. Penarol pada akhirnya sukses membuang si kulit bundar. Goncalves pun meninggalkan Dely Valdes sembari tersenyum.

Gestur tersebut ternyata bukan karena keberhasilan timnya meredam serangan lawan. Goncalves juga mendapatkan suvenir berharga dari duelnya melawan Dely Valdes. Dia berhasil menarik kalung emas yang dikenakan lawan dan menyembunyikannya ke dalam kaus kaki sendiri.

 

3 dari 3 halaman

Goncalves Mengaku Khilaf, Tidak Ditahan usai Kembalikan Kalung

Tanpa sepengetahuan Goncalves, peristiwa tersebut terekam kamera televisi. Dely Valdes sendiri sadar Goncalves sudah mencuri barang miliknya. Dia meminta polisi mendampinginya saat mengkonfrontir Goncalves di luar kamar ganti seusai pertandingan. 

“Saya tidak tahu apa yang ada di pikiran saya saat itu,” ucap Goncalves menjelaskan aksinya.

Sang terdakwa pun ditahan. Namun, dia dibebaskan aparat setelah mengembalikan kalung emas milik Dely Valdes.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat