uefau17.com

PSSI Umumkan Jadwal FIFA Matchday September 2023: Timnas Indonesia Tantang Turkmenistan - Bola

, Jakarta Federasi sepak bola Indonesia, PSSI, resmi mengumumkan jadwal pelaksanaan FIFA Matchday Timnas Indonesia periode September 2023.

Pengumuman ini disampaikan oleh Ketua Umum Erick Thohir dalam konferensi pers di Menara Danareksa, Jakarta, pada Kamis (20/7/2023) sore WIB.

Turkmenistan diagendakan menjadi lawan Indonesia dalam laga uji coba tersebut. Adapun pertandingan antara kedua negara rencananya bergulir sehari sebelum laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2023, yakni pada 8 September di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Berbeda dari FIFA Matchday sebelumnya, Erick Thohir memastikan Timnas Indonesia hanya akan menjamu satu lawan dalam laga uji coba internasional yang dihelat September mendatang.

Langkah tersebut diambil lantaran Tanah Air masih harus menjalankan tugas menjadi tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-23 pada bulan yang sama.

Di samping itu, PSSI juga ingin menjaga stamina pemain agar bisa mengisi program-program tim nasional lainnya yang diselenggarakan dalam periode berdekatan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Erick Thohir soal FIFA Matchday

"Tentu kita tidak bisa mengisi FIFA Matchday seperti sebelum-sebelumnya, di mana bisa memainkan dua pertandingan. Karena kita mesti ingat bahwa kita menjadi tuan rumah (Kualifikasi) Piala Asia U-23 di Solo," tutur Erick di Menara Danareksa, Jakarta, Kamis (20/7/2023).

"Tanggal 9 dan 12 (September) kita akan bertanding (di Kualifikasi Piala Asia U-23) dan komposisi tim nasional pun banyak usia muda sebenarnya, di bawah U-23, seperti waktu kita melawan Argentina."

"(Maka dari itu) kita akan mengisi hanya satu pertandingan, yaitu tanggal 8 (September) lawan Turkmenistan di Gelora Bung Tomo, Surabaya. Jadi hanya satu, tidak 2 karena ada AFC U-23 dan kita juga harus memastikan pemain bisa mengisi program-program pertandingan pada bulan September," tandas dia.

3 dari 3 halaman

PSSI Tak Bisa Pastikan Komposisi Pemain Turkmenistan di FIFA Matchday

Sekadar informasi, Turkmenistan sejatinya juga bakal bersua dengan Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 pada 12 September mendatang.

Kendati demikian, Erick Thohir mengaku tak bisa memastikan apakah komposisi pemain yang dibawa ke FIFA Matchday bakal sama dengan yang diturunkan saat kualifikasi Piala Asia U-23 empat hari berselang.

"Lawan Turkmenistan (saat FIFA Matchday) yang saya mengerti itu (labelnya) tim senior, tanggal 8 di Surabaya. Akan tetapi, apakah ada irisan dengan tim U-23 mereka, saya tidak tahu," papar Erick kepada awak media.

"Yang pasti, sudah ada kesepakatan dengan coach Shin Tae-yong bahwa tanggal 8 kita lawan Turkmenistan (membawa) tim senior, lalu lawan Chinese Taipei tanggal 9 (di Kualifikasi Piala Asia U-23), dan lawan Turkmenistan lagi tanggal 12. Jadi ada jeda," tambahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat