uefau17.com

Perpani Targetkan Panahan Indonesia Raih Emas Olimpiade 2024 - Bola

, Jakarta- Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) resmi memiliki ketua umum yang baru. Arsjad Rasjid dilantik Ketua Umum Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman pada Rabu (8/2/2023) pagi.

Arsjad Rasjid memimpin Perpani dari 2022 sampai 2026. Sebenarnya Arsyad sudah terpilih jadi ketum sejak akhir Desember 2022. Tapi pelantikannya baru dilakukan pada awal Februari 2023 di Lapangan Panahan Senayan. Arsjad menggantikan Illiza Sa'aduddin Djamal.

Dalam pelantikan tersebut, Arsjad menegaskan bertekad terus memperbaiki prestasi panahan Indonesia. Bahkan pria yang juga merupakan Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) membidik medali emas di Olimpiade 2024.

"Kami memiliki visi dan misi untuk membawa Perpani lebih maju sehingga bisa mengembalikan kejayaan panahan di kancah dunia,” kata Ketum Arsjad.

Untuk mewujudkan target tersebut, Arsjad menekankan kolaboratif dan inklusif. Diharapkan prestasi Tiga Srikandi Indonesia yakni Nurfitriyana, Kusuma Wardhani, dan Kusuma Lilies Handayani pada Olimpiade Seoul 1988 bisa dilewati.

“Kolaboratif ini adalah nilai Indonesia yaitu gotong-royong. Sementara inklusif, berarti tidak meninggalkan siapa pun. Dan dalam konteks kejayaan, saya sudah diberikan tugas untuk meraih satu medali di Olimpiade Paris, dan ketika bermimpi, jangan tanggung. Inshaallah, medali emas,” papar Arsjad.

“Pada tataran Olimpiade, panahan Indonesia belum berhasil mengulang prestasi yang sama dengan Tiga Srikandi. Kami menargetkan untuk kembali mengibarkan Merah Putih dan mendulang prestasi, yang bahkan dapat melampaui pencapaian Tiga Srikandi pada ajang Asian Games 2023 dan Pentas Olimpiade di Paris pada 2024,” ujar Arsjad.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Potensi

Keyakinan ini dikarenakan Arsjad melihat Indonesia punya talenta yang bagus untuk bersaing di kancah internasional. Tinggal bagaimana memaksimalkannya dengan langkah yang tepat.

"Indonesia memiliki talenta-talenta itu. Jadi tinggal bagaimana mempertajam, membuat kepercayaan diri. Karena bukan hanya keahlian, tapi yang paling penting mental, musti sering bertanding. Kalau sering bertanding jadi siap. Kalau bertandingnya kurang, mental kepercayaan dirinya kurang."

“Pembenahan menyeluruh baik dari segi kualitas SDM, sarana prasarana, program pembinaan dan perlombaan, serta organisasi yang mandiri menjadi target jangka panjang yang akan kami lakukan dalam rangka membawa Panahan Indonesia kembali berjaya,” katanya.

3 dari 3 halaman

KONI

Adapun susunan pengurus PB Perpani di bawah komando Arsjad, antara lain Sekretaris Jenderal Antonius Riva Setiawan; Kabid Binpres I Fajar Putra; Kabid Pelatih Denny; Kabid Pembibitan dan Pemassalan Lilies Handayani; Kabid Perwasitan Ilham Maulana; dan Kabid Perlombaan Catur Pasha.

Sementara itu ketum KONI Marciano Norman juga berharap Perpani bisa kembali melanjutkan tren positif mengharumkan nama Indonesia di Olimpiade Paris 2024 mendatang.

“Bahwa kepengurusan PB Perpani masa bakti 2022-2026 ini ada untuk mengantar atlet-atlet kita meraih cita-citanya menjadi juara pada Olimpiade 2024,” kata Marciano Norman.

"Harapan kami, panahan kembali pada Olimpiade 2024 di Paris nanti menyumbangkan medali untuk Indonesia, sebagaimana dulu panahan menyumbang medali yang pertama pada Olimpiade 1998 di Seoul Korea Selatan."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat