uefau17.com

Piala AFF 2022: Filipina Janji Akan Sulitkan Indonesia - Bola

, Manila - Filipina menjanjikan performa gemilang untuk menyulitkan Timnas Indonesia saat kedua kesebelasan bentrok pada laga terakhir Grup A Piala AFF 2022. Pertandingan ini bakal berlangsung di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Senin (2/1/2023) pukul 19:30 WIB.

"Melawan Indonesia menjadi momen bagus bagi kami untuk membuktikan diri," kata pelatih Timnas FIlipina Josep Ferre dalam konferensi pers seperti dikutip dari Antara. "Saya percaya kepada pemain saya dan motivasi mereka."

Juru taktik asal Spanyol tersebut menyadari kualitas Timnas Indonesia di atas skuadnya. Namun, Filipina bukanlah kesebelasan yang kalah sebelum bertanding meski mereka sudah dipastikan tidak lolos dari fase grup Piala AFF.

Menurut Josep, ketika mengenakan seragam timnas, setiap pemain harus memiliki tujuan. Saat melawan Indonesia, tujuannya adalah memberikan kebanggaan kepada masyarakat Filipina, baik yang hadir maupun yang tidak ada di stadion.

"Kami mesti menunjukkan penampilan maksimal kepada semua orang," ucap pria berusia 39 tahun itu.

Untuk mengantisipasi Indonesia, Josep mengaku sudah menyiapkan taktik khusus. Salah satunya tidak membiarkan Indonesia melepaskan umpan-umpan silang ke kotak penalti.

Operan panjang (direct) skuad Garuda juga disebutnya perlu diwaspadai. Selain itu, Filipiana akan tampil bertahan dan mencuri celah melalui serangan balik.

"Kami akan berjuang keras sampai akhir demi hasil yang bagus di sini," tegas Josep.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaatkan lapangan

Pelatih Timnas Filipina Josep Ferre mengatakan timnya akan memanfaatkan kondisi lapangan Stadion Rizal Memorial. Lapangan yang akan dipakai untuk menjamu Indonesia itu menggunakan rumput buatan.

Sementara soal absennya bek tengah naturalisasi Indonesia Jordi Amat, Josep tak menganggap itu bekal yang bagus untuk mengimbangi Indonesia. "Jordi itu pemain berpengalaman dan bisa diandalkan, tetapi dia bisa digantikan siapa saja dengan level serupa," ucapnya.

"Akan tetapi, untuk lapangan, rumput artifisial ini akan sangat untuk Indonesia karena pantulan dan kecepatan bola menjadi tidak sama. Kami akan mengambil keuntungan dari situ," ujar dia.

 

3 dari 4 halaman

Wajib menang besar

Pertandingan melawan Filipina sangat penting bagi Indonesia karena akan menentukan langkah ke fase berikutnya. Skuad Garuda akan menyegel slot di semifinal jika mampu menahan imbang atau menang atas Filipina

Untuk menjadi juara grup, Indonesia wajib menang besar dengan selisih gol melampaui Thailand yang akan melawan Kamboja dalam laga terakhir pada hari yang sama.

Saat ini Indonesia berada di peringkat kedua Grup A Piala AFF 2022 dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8). Thailand memuncaki klasemen juga dengan tujuh poin dari tiga laga tetapi unggul selisih gol (+9).

Kamboja menguntit dari peringkat ketiga dengan enam poin (tiga laga, selisih gol +4), lalu di bawahnya bertengger Filipina dengan tiga poin dari tiga laga (selisih gol -1) dan Brunei Darussalam di dasar klasemen dengan nol poin dari empat laga (selisih gol -20).

4 dari 4 halaman

Jadwal pertandingan

Senin, 2 Desember 2022

19:30 WIB, Filipina vs Indonesia

Venue: Rizal Memorial Stadium, Manila, Filipina

19:30 WIB, Thailand vs Kamboja

Venue: Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat