uefau17.com

Peta Top Skor Sepanjang Masa Liga Champions: Cristiano Ronaldo Masih Perkasa - Bola

, Jakarta Babak penyisihan grup Liga Champions 2022/2023 mulai bergulir pekan ini. Klub-klub terbaik Benua Biru bakal bersaing untuk menjaga peluang memenangkan trofi si Kuping Besar pada musim ini.

Liga Champions juga menjadi panggung bagi para pemain untuk unjuk aksi. Selama ini, para penyerang berlomba-lomba mencatatkan namanya di papan skor dan menghasilkan rekor-rekor yang fantastis.

Selama 16 tahun terakhir, persaingan di antara penyerang di ajang Liga Champions berlangsung sengit. Pimpinan pencetak gol terbanyak sepanjang masa terus berubah. Padahal sebelum itu, nama Alfredo Di Stefano sempat menguasai daftar pencetak gol terbanyak selama lebih dari empat dekade.    

Seperti dilansir dari AS, legenda Real Madrid itu mencetak 49 gol dalam 58 laga pada European Cup--Liga Champions zaman dulu. Rekor ini baru pecah tahun 2005 oleh Raul Gonzales. Saat itu kejuaraan sudah berubah menjadi Liga Champions dan Raul mencatatkan gol ke-50 saat Real Madrid bertemu Olympiacos.

Raul terus menambah koleksinya hingga mencapai 71 gol. Namun posisinya di puncak top scorer Liga Champions sudah mulai terancam oleh kehadiran Lionel Messi. Pada tahun 2014, torehan Raul akhirnya dikejar La Pulga usai mencetak 2 gol pada laga Barcelona vs Ajax di penyisihan grup. Lionel Messi kemudian beralih menjadi top skor setelah mencetak hattrick pada laga berikutnya melawan APOEL.

Namun Messi lantas bernapas lega. Sebab ketajaman Cristiano Ronaldo terus mengancamnya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rivalitas Ronaldo dan Messi

Pemain asal Portugal itu hanya terpaut 3 gol saat Messi berhasil mematahkan rekor Raul Gonzales. Ronaldo kemudian mengikis jarak ini menjadi satu gol pada babak semifinal. Dan sejak saat itu, rekor gol terbanyak di Liga Champions sudah seperti permainan ular tangga antara Ronaldo dan Messi. 

Ronaldo akhirnya menyalip Messi pada September 2015. Hattrick yang dicetak saat kemenangan 4-0 atas Shakhtar Donetsk membawa Ronaldo menembus gol ke-80 di Liga Champions. Sejak saat itu, Ronaldo terus memimpin dan tahun 2017, CR7 jadi pemain pertama yang menembus 100 gol di Liga Champions.

Torehan ini diukirnya saat Real Madrid mengalahkan Bayern Munchen 4-2 di leg kedua babak perempat final. Sementara Lionel Messi membutuhkan 11 bulan lagi untuk menembus 100 gol di ajang yang sama.

 

3 dari 4 halaman

Daftar Pencetak Top Skor Sepanjang Masa

Saat ini, Ronaldo masih menjadi top skor sepanjang masa Liga Champions dengan 140 gol. Messi tertinggal 15 gol di belakangnya. Persaingan masih terus berlanjut karena kedua pemain masih sama-sama aktif. Hanya saja, untuk tahun ini, Ronaldo harus menepi dulu karena Manchester United yang dibelanya tidak lolos ke Liga Champions setelah finis di posisi keenam pada Liga Inggris 2022/2023.

Berikut adalah daftar Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa Liga Champions

140: Cristiano Ronaldo (Manchester United, Real Madrid, Juventus, Manchester United)

125: Lionel Messi (Barcelona, PSG)

86: Robert Lewandowski (Borussia Dortmund, Bayern Munich)

86: Karim Benzema (Olympique Lyon, Real Madrid)

71: Raúl González* (Real Madrid, Schalke 04)

56: Ruud van Nistelrooy* (PSV Eindhoven, Manchester United, Real Madrid)

52: Thomas Müller (Bayern Munich)

 

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

50: Thierry Henry* (Monaco, Arsenal, Barcelona)

48: Zlatan Ibrahimovic (Ajax, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan, PSG, Manchester United)

48: Andriy Shevchenko* (Dynamo Kiev, AC Milan, Chelsea)

47 Eusébio* (Benfica)

46: Filippo Inzaghi* (Juventus, AC Milan)

44 Alessandro Del Piero* (Juventus)

44 Didier Drogba* (Olympique Marseille, Chelsea, Galatasaray)

Keterangan:

* pemain sudah tidak akfit atau pensiun

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat