uefau17.com

Menpora Berharap Peparnas Papua Bisa Lahirkan Atlet untuk Paralimpiade 2024 - Bola

, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali berharap pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 dapat menjadi sarana untuk menjaring atlet-atlet muda yang nantinya akan dibina oleh NPC Indonesia di Pelatnas.

“Saya kira Peparnas ini memang benar-benar kita jadikan (wadah) untuk menjaring atlet-atlet yang akan kita masukkan ke Pelatnas,” ujar Menpora Amali usai upacara pembukaan Peparnas 2021 pada Jumat (5/11/2021) malam, dilansir dari situs Kemenpora.

Lebih lanjut, Menpora Amali meyakini akan ada atlet-atlet baru dari 12 cabang olahraga di Peparnas Papua, yang bisa disiapkan untuk menghadapi ajang olahraga multievent terbesar bagi penyandang disabilitas, Paralimpiade Paris 2024.

“Saya kira pada Peparnas XVI ini, dari 12 cabang olahraga yang dipertandingkan, mudah-mudahan aka nada tambahan atlet yang lolos ke kualifikasi untuk menuju Paralimpiade 2024 di Paris nanti,” sambungnya.

Peparnas Papua 2021 tercatat diikuti oleh 1.985 atlet penyandang disabilitas dari berbagai kontingen di Indonesia, yang akan berlaga memperebutkan medali di 12 cabang olahraga.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Semangat Bertanding

Dimeriahkan oleh ribuan peserta dengan antusiasme tinggi, Menpora Amali juga mengaku kagum dengan semangat bertanding yang ditunjukkan oleh para atlet. Hal ini membuatnya kian optimistis Peparnas dapat melahirkan prestasi bagi Tanah Air.

“Tentu kita akan lihat hari-hari ke depan pada saat pelaksanaan pertandingan di 12 cabang olahraga. Mudah-mudahan prestasi juga akan terukir dalam pelaksanaan Peparnas XVI ini,” tutur Menpora Amali dalam laman resmi Kemenpora.

3 dari 4 halaman

Telah Resmi Dibuka

Adapun, Peparnas XVI Papua 2021 dijadwalkan berlangsung pada 5–15 November 2021. Ajang ini telah resmi dibuka pada Jumat (5/11/2021) di Stadion Mandala, Jayapura, dengan dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.

Dalam sambutan pembukanya, Wapres Ma’ruf Amin menegaskan bahwa Peparnas Papua bukan sekadar kompetisi olahraga, melainkan ajang pembuktian kesetaraan dan persamaan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

4 dari 4 halaman

Peraih Emas Pertama

Melansir laporan , pada Sabtu (6/11/2021) pagi, perwakian tuan rumah Papua Abraham Elopere menjadi atlet yang sukses merebut medali emas perdana di Peparnas 2021, setelah menang di cabang olahraga para atletik.

Abraham diketahui merupakan yang terbaik di nomor 1.500 meter putra T20 Peparnas Papua. Berlaga di Stadion Lukas Enembe, Abraham Elopere berhasil menorehkan catatan waktu 4 menit dan 22,63 detik.

 

Penulis: Melinda Indrasari

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat