uefau17.com

FIFA Mengubah Format Piala Dunia Antarklub - Bola

Zurich - FIFA telah mengonfirmasi format Piala Dunia Antarklub berubah per 2021. Turnamen ini biasanya digelar pada akhir tahun.

Nantinya, jumlah peserta Piala Dunia Antarklub yang biasanya hanya diikuti tujuh tim, per 2021 akan diramaikan 24 klub sekaligus.

Nantinya, dari enam konfederasi yang berada di bawah naungan FIFA yakni UEFA (Eropa), AFC (Asia), OFC (Oseania), CONCACAF (Amerika Utara & Tengah), CONMEBOL (Amerika Selatan) dan CAF (Afrika), bakal mengirimkan masing-masing empat klub.

Empat klub tersebut merupakan kampiun Liga Champions di masing-masing konfederasi dalam kurun 2018-2021.

UEFA telah memiliki dua perwakilan sejauh inidi Piala Dunia Antarklub, yakni Real Madrid dan Liverpool. Los Blancos berstatus kampiun Liga Champions 2017-2018, sedangkan The Reds setahun setelahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Format Unik

Dalam turnamen nanti, format yang ditawarkan FIFA pun cukup unik. Nantinya, 24 tim akan dibagi ke dalam delapan grup. Di setiap grupnya berisikan tiga tim. Tim yang finis sebagai juara grup akan lolos ke babak perempatfinal atau memasuki fase gugur.

Rencananya, Piala Dunia Klub dengan format baru ini akan digelar di Shanghai, China pada 17 Juni hingga 4 Juli 2019. Digelarnya turnamen ini juga menimbulkan korban.

Piala Konfederasi yang biasanya digelar tepat satu tahun sebelum Piala Dunia digelar, harus rela gagal melangsungkan turnamen. Namun, Piala Afrika dan Piala Emas 2021 tetap diizinkan bergulir, mengingat turnamen digelar setelah Piala Dunia Klub selesai.

Sumber: FIFA

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat