uefau17.com

Arema FC Punya Pelatih Kiper Anyar - Bola

, Malang - Lima penjaga gawang Arema FC, yakni Kurniawan Kartika Ajie, Utam Rusdiana, Reky Rahayu, Joko Ribowo dan Teddy Heri Setyawan kini resmi memiliki pelatih kiper baru Ricardo Felipe Navarro Dos Passos. Dia memulai hari pertamanya melatih pada Kamis (8/3) kemarin.

Pelatih asal Brasil ini memang masih kesulitan beradaptasi terutama dalam sisi bahasa dengan lima kiper Arema FC. Itu karena dia hanya bisa menggunakan bahasa Spanyol yang tidak dimengerti sama sekali oleh kelima penjaga gawang Singo Edan.

Namun hal ini diakuinya tak menjadi halangan bagi dirinya untuk berkomunikasi.

Dengan sedikit bantuan dari Arthur Cunha dan Thiago Furtuoso, beberapa hal yang harus disampaikan pun dapat diterjemahkan. Selain itu, para kiper sudah mampu mengerti apa yang diinginkan sang pelatih saat menggunakan bahasa universal.

"Memang ada beberapa hal yang susah dimengerti, namun bisa diatasi dengan bantuan pemain asing yang bisa mengartikan, selain itu instruksi lainnya dapat dijelaskan dengan gerakan seperti meloncat dan sebagainya," ujar penjaga gawang Arema FC , Joko Ribowo.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesan Positif

Di hari pertamanya melatih, kesan positif sudah tampak dari pelatih yang disapa Ricardo ini. Variasi latihan yang banyak cukup memberikan wawasan baru bagi penjaga gawang.

"Banyak trik yang diberikan untuk mengantisipasi serangan lawan, membaca gerakan arah bola atau memotong umpan lambung,” tegas Joko.

Selain itu, pelatih Arema FC, Joko Susilo mengatakan belum bisa menilai terlalu jauh dengan kinerja pelatih kipernya. Dia disebut memang masih perlu ada adaptasi beberapa hari ke depan. Sejauh ini, latihan terlihat tidak terlalu ada masalah.

"Sejauh ini latihan lancar. Kalau bagus tidaknya, pemain yang merasakan. Kalau saya, nanti hasilnya saat games atau pertandingan,” ujar Gethuk, sapaan akrab Joko Susilo.

3 dari 3 halaman

Perlu Perbaikan

Gethuk pun berharap dengan kedatangan Ricardo ini mampu memperbaiki kekurangan yang ada di lini paling belakang Arema. Apalagi melihat dari beberapa turnamen pramusim yang diikutinya beberapa waktu lalu, Arema memang perlu adanya perbaikan dilini penjaga gawang.

"Dengan jadwal kompetisi yang semakin dekat ini semoga kehadiran Ricardo mampu membawa angin segar bagi kami," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat