uefau17.com

Terbaru, Daftar 10 Orang Terkaya Indonesia 2023 - Bisnis

, Jakarta Majalah Forbes asal Amerika Serikat (AS) kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia 2023 jelang akhir tahun ini. Hartono bersaudara masih berada dalam posisi jawara orang terkaya Indonesia.

Melansir laman resmi Forbes, Kamis (7/12/2023), menyebutkan jika serangkaian perusahaan yang listing di pasar saham terutama dari sektor energi dan pertambangan, menghasilkan keuntungan besar yang meningkatkan kekayaan kolektif orang terkaya negeri ini.

Ini bisa dicapai Ketika Indonesia yang kaya sumber daya alam merasakan dampak dari melambatnya ekspor, dan menurunnya indeks acuan yang turun.

Disebutkan jika harta gabungan orang terkaya Indonesia 2023 menembus rekor USD 252 miliar, naik 40% dari USD 180 miliar pada tahun lalu. Hasilnya, separuh taipan dalam daftar tersebut menjadi lebih kaya dibandingkan tahun lalu.

Meskipun kekayaan gabungan mereka hanya tumbuh sedikit menjadi USD 48 miliar, saudara R. Budi dan Michael Hartono tetap bertahan di posisi pertama.

Kemudian lonjakan paling spektakuler dilaporkan terjadi pada perusahaan petrokimia dan energi milik Prajogo Pangestu yang paling meraih keuntungan terbesar tahun ini baik dalam dolar maupun persentase.

Dengan peningkatan kekayaan bersih lebih dari delapan kali lipat menjadi USD 43,7 miliar, dari uUSD 5,1 miliar pada tahun lalu meningkat ke posisi kedua untuk pertama kalinya.

Prajogo Pangestu mendapat keuntungan besar dengan mencatatkan dua perusahaannya—produsen energi panas bumi Barito Renewables Energy dan penambang batu bara Petrindo Jaya Kreasi.

Sedangkan Baron pertambangan Low Tuck Kwong, yang juga memperoleh kekayaannya dari emas hitam, meningkatkan kekayaannya lebih dari dua kali lipat menjadi USD 27,2 miliar.

Itu karena Bayan Resources miliknya, produsen batu bara terbesar ketiga di negara tersebut, memperoleh manfaat dari peningkatan penjualan. Meskipun demikian, Low merosot ke peringkat 3 orang terkaya Indonesia, dikalahkan Prajogo Pangestu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendatang Baru

Didukung ambisi Indonesia untuk membangun rantai pasokan kendaraan listrik dengan cadangan nikel yang melimpah, Lim Hariyanto Wijaya Sarwono menuai untung.

Saat dia melakukan IPO tepat waktu pada perusahaan tambangnya Trimegah Bangun Persada, yang lebih dikenal sebagai Harita Nickel. Kekayaannya melonjak lebih dari empat kali lipat menjadi USD 4,8 miliar dan dia naik 27 peringkat ke peringkat 9.

Kemudian ada 4 pendatang baru ke dalam peringkat orang terkaya ini. IPO perusahaan tambang tembaga dan emas Amman Mineral Internasional senilai USD 710 juta pada Juli, yang merupakan terbesar di negara ini sepanjang tahun ini, melahirkan 3 orang kaya baru di daftar.

Mereka adalah Presiden Komisaris dan mantan bankir investasi Agoes Projosasmito, Presiden Direktur Alexander Ramlie dan taipan minyak dan gas Hilmi Panigoro. Kesemuanya merupakan pemegang saham utama.

 

3 dari 3 halaman

Daftar Lengkap

Selanjutnya pada bulan Agustus, operator jaringan bioskop terbesar di nusantara, Cinema XXI, mencatatkan sahamnya, menjadikan salah satu pendiri Benny Suherman menjadi miliarder.

Dua tokoh yang meninggal dunia, Boenjamin Setiawan, pendiri perusahaan farmasi Kalbe Farma, dan Winarko Sulistyo, pendiri produsen kertas kemasan Fajar Surya Wisesa, digantikan ahli warisnya.

Selain itu, ada 3 orang yang kembali ke jajaran tersebut, termasuk Kuncoro Wibowo, yang mengendalikan dan menjalankan Ace Hardware Indonesia, pemegang lisensi jaringan Ace Hardware Indonesia. Saham perusahaan naik lebih dari 40% karena penjualan kembali pulih setelah sempat merosot selama pandemi.

Tujuh bankir yang mengundurkan diri termasuk Jerry Ng, yang terkena dampak anjloknya saham Bank Jago karena meredanya sentimen investor terhadap bank digital. Kekayaan bersih minimum untuk memenuhi syarat adalah $940 juta, naik dari USD 885 juta pada tahun 2022.

Ingin tahu berikut daftar lengkap orang terkaya Indonesia.

  1.  R Budi dan Michael Hartono

  2. Prajogo Pangestu

  3. Low Tuck Kwong

  4. Kelurga Widjaja

  5. Anthoni Salim dan keluarga

  6. Sri Prakash Lohia

  7. Chairul Tanjung

  8. Agoes Projosasmito

  9. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono

  10. Dewi Kam

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat