uefau17.com

Miliarder Ini Buka Rahasia Apa Dilihat Investor Saat Pilih Negara buat Investasi - Bisnis

, Jakarta Miliarder asal Amerika Serikat, Ray Dalio mengatakan bahwa investor baru harus memiliki portofolio yang terdiversifikasi karena tantangan ekonomi dan geopolitik masih terus berlanjut.

"Saya ingin melakukan diversifikasi, karena apa yang saya tidak tahu akan jauh lebih besar daripada apa yang saya tahu,” ungkap miliarder Dalio, dikutip dari CNBC International, Senin (18/9/2023).

"Diversifikasi dapat mengurangi risiko Anda tanpa menguranginya secara tajam, jika Anda tahu cara melakukannya dengan baik,” ujarnya pada Milken Institute Asia Summit di Singapura pekan lalu.

Pendiri salah satu hedge fund terbesar di dunia, Bridgewater Associates itu juga menyarankan untuk memerhatikan potensi gangguan besar yang akan terjadi karena dunia akan berubah dalam lima tahun ke depan.

"Dan ini akan menjadi sangat berbeda dari tahun ke tahun," sebutnya.

Adapun kemajuan teknologi, salah satunya Kecerdasan Buatan yang juga telah menarik perhatian pengelola dana lindung nilai (hedge fund manager) – namun Dalio mengatakan dia merekomendasikan investor untuk menaruh uang di perusahaan yang mengadopsi teknologi baru ini, dibandingkan perusahaan yang menciptakannya.

"Ini seperti melewati perubahan waktu. Kita akan berada di dunia yang berbeda. Dan para pengganggu akan diganggu," ujar Dalio.

"Saya tidak perlu memilih siapa yang menciptakan teknologi baru. Tetapi saya harus benar-benar memilih mereka yang menggunakan teknologi baru dengan cara terbaik," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ray Dalio Pandang Asia Sebagai Kawasan yang Menarik

Di Singapura, Dalio juga mengatakan bahwa negara anggota ASEAN itu merupakan “tempat yang sangat istimewa, di kawasan yang akan sangat menarik."

"Lanskap dunia sedang berubah, tatanan dunia sedang berubah… Dan dengan Singapura sebagai pusatnya, Singapura adalah tempat yang hebat untuk dituju," sebutnya.

3 dari 3 halaman

Tiga Pertimbangan Besar Investor

Ketika ditanya tentang semakin banyaknya kantor keluarga yang didirikan di Singapura, Dalio menyampaikan tiga pertimbangan terbesar yang harus diambil ketika memilih negara untuk berinvestasi.

Menurutnya, suatu negara perlu memiliki laporan pendapatan dan neraca yang baik, lingkungan yang di mana "orang-orang bekerja sama untuk mewujudkan hal-hal baik," katanya.

Langkah yang diambil negara ketika konflik internasional muncul juga menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan, tambahnya.

Dia menyoroti bahwa kesalahan terbesar yang dilakukan investor adalah "meyakini bahwa pasar yang berkinerja baik adalah investasi yang bagus, bukan investasi yang lebih mahal."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat