uefau17.com

Buruan Daftar, KCIC Buka Lowongan Kerja untuk 5 Posisi - Bisnis

, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) kembali membuka lowongan kerja. Lowongan kerja itu mulai dari lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA).

GM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menuturkan, kehadian kereta api (KA) cepat membuka banyak peluang untuk masyarakat termasuk penyediaan lapangan kerja.

Lowongan kerja ini memberikan kesempatan kepada putra putri daerah terbaik untuk berkarya dan menciptakan layanan KA cepat yang optimal. Demikian dikutip dari Antara, ditulis Minggu (3/9/2023).

Eva menuturkan, ada lima posisi yang dibuka antara lain Manager Information System Integration Officer Training and  Certification Officer Corporate Planning and Strategi, EMU Washing Machine Operator dan Analisis Laboratorium.

Eva menuturkan, proses rekrutmen ini bagian untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja lokal. Dengan demikian, sumber daya manusia (SDM) Indonesia akan mendapatkan transfer ilmu terkait operasi dan perawatan sarana, sehingga secara bertahap akan menggantikan seluruh pekerjaan yang dilakukan tenaga ahli KA cepat asal China. Eva menambahkan, tenaga kerja lokal ini akan mendapatkan pelatihan dari tenaga ahli dan alih pengetahuan.

“Tentu saja tujuan akhirnya agar kegiatan operasi dan perawatan KA cepat bisa dilakukan secara mandiri oleh SDM Indonesia,” kata dia.

Terkait kriteria yang dibutuhkan, untuk posisi Manager Information System Integrasi dibutuhkan lulusan sarjana dan sederajat, diutamakan lulusan pendidikan di bidang IT dengan usia maksimal 35 tahun.

Pada posisi officer training and certification dibutuhkan lulusan-lulusan sarjana dengan usia maksimal 27 tahun. Sedangkan posisi officer corporate planning and certification dibutuhkan pelamar dengan lulusan minimal pendidikan D3 dengan jurusan kearsipan atau ilmu perpustakaan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lowongan Kerja Lainnya

Sedangkan petugas EMU Washing Machine Operator dibutuhkan lulusan SMA/SMK Sederajat jurusan teknik mesin atau teknik elektro dengan usia maksimal 25 tahun.

Sedangkan analis laboratorium, syarat pendidikan minal adalah D3 Analisis Kimia dan Sederajat dengan usia maksimal 25 tahun.

Lowongan kerja untuk lima posisi ini dibuka hingga 5 September 2023. Informasi dan syarat ketentuan selengkapnya dapat dilihat di https://kcic.co.id/karir

Eva menegaskan kalau seluruh proses seleksi dilakukan tanpa dipungut biaya. KCIC mengimbau masyarakat untuk tidak mempercayai informasi keliru mengenai rekrutmen KCIC.

“Kami imbau masyarakat agar mewaspadai segala bentuk pungutan yang mengatasnamakan rekrutmen KCIC. Masyarakat diharap mengabaikan pihak-pihak yang mengaku dapat membantu meluluskan calon karyawan,” kata dia.

 

3 dari 4 halaman

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Siap Beroperasi Oktober 2023

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan serangkaian uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) terus dilakukan hingga dinyatakan siap beroperasi.

“Kami bersama KCIC terus berupaya melakukan penyempurnaan dengan melakukan serangkaian uji coba. Mudah-mudahan uji coba berjalan lancar dengan hasil yang baik, sehingga sudah bisa digunakan masyarakat pada bulan Oktober 2023,” ujar Menhub saat mengikuti uji coba Kereta Cepat Jakarta – Bandung (KCJB), Sabtu (2/9/2023).

Selain mencoba kereta cepat, Menhub juga mencoba feeder yang menghubungkan Stasiun Padalarang dengan Stasiun Bandung. Menhub memastikan integrasi antara kereta cepat dengan moda transportasi lainnya sehingga masyarakat mendapatkan kemudahan akses.

Sejumlah pembangunan tengah dilakukan untuk mengoptimalkan perjalanan kereta feeder. Secara keseluruhan akan ada pembangunan Skybridge di Stasiun Padalarang, Cimahi, dan Bandung, serta pembangunan Flyover Ciroyom dan Pusdikpom. Semuanya ditargetkan selesai pada tahun 2023 ini.

Menhub menyebut selain kereta feeder, terdapat pula sejumlah akses penghubung dari dan ke Stasiun Padalarang. Diantaranya adalah BTS Trans Metro Pasundan Rute Alun-Alun KBP, Bus Damri Rute Alun – Alun Bandung – Situ Ciburuy (Via Cimahi) serta Rute usulan St. Padalarang –Lembang oleh KBB, serta angkutan perkotaan (angkot) Rute Padalarang - Rajamandala, Rute Padalarang – Cimahi –Leuwipanjang, dan rute Padalarang - Cimahi.

 

 

4 dari 4 halaman

KA Feeder

Adapun uji coba ini, diawali dengan peninjauan kesiapan Stasiun Kereta Cepat Halim. Kemudian, Menhub melakukan perjalanan kereta cepat dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang. Perjalanan berjalan mulus, waktu tempuh perjalanan sekitar 30 menit dengan kecepatan tertinggi hingga 352 km/jam.

KA Feeder

Setelah itu, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki KA Feeder Kereta Cepat dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung. Perjalanan dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung menempuh waktu perjalanan selama 20 menit. Dengan begitu, dari Jakarta menuju pusat kota Bandung menempuh waktu sekitar 50 menit saja.

Ditargetkan, soft launching pengoperasian kereta cepat dimulai pada 1 Oktober 2023. Pengoperasian akan dilakukan secara bertahap mulai dari 8 perjalanan kereta di bulan Oktober.

Lalu, di bulan November bertambah menjadi 28 perjalanan kereta, pada Desember terdapat 40 perjalanan kereta, dan Januari 2024 mencapai 68 perjalanan kereta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat