uefau17.com

El Nino Sudah Tiba, Waspada Lonjakan Suhu dan Cuaca Ekstrim - Bisnis

, Jakarta Musim kekeringan atau yang dikenal El Nino telah tiba. Melansir CNBC International, Rabu (5/7/2023) badan cuaca Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) telah mengumumkan awal dari El Nino, memperingatkan kembalinya fenomena iklim tersebut dapat menyebabkan lonjakan suhu global dan kondisi cuaca ekstrem.

Organisasi Meteorologi Dunia atau WMO memperkirakan bahwa ada kemungkinan 90 persen dari peristiwa El Nino akan bertahan hingga paruh kedua tahun ini dan diperkirakan "setidaknya dengan kekuatan sedang".

"Awal dari El Nino akan sangat meningkatkan kemungkinan memecahkan rekor suhu dan memicu panas yang lebih ekstrem di banyak bagian dunia dan di lautan," kata Petteri Taalas, sekretaris jenderal Organisasi Meteorologi Dunia .

"Deklarasi El Nino oleh WMO adalah sinyal bagi pemerintah di seluruh dunia untuk memobilisasi persiapan guna membatasi dampak terhadap kesehatan kita, ekosistem kita, dan ekonomi kita," jelasnya.

Taalas juga menyarakan, "peringatan dini dan tindakan antisipatif dari peristiwa cuaca ekstrem yang terkait dengan fenomena iklim besar ini sangat penting untuk menyelamatkan nyawa dan mata pencaharian".

Secara terpisah, laporan WMO pada bulan Mei, yang dipimpin oleh Kantor Met Inggris, memperingatkan ada 66 persen kemungkinan bahwa rata-rata tahunan suhu global dekat permukaan antara tahun 2023 dan 2027 akan secara singkat melampaui 1,5 derajat Celcius di atas tingkat pra-industri untuk setidaknya 1,5 derajat Celcius.

Pengumuman Organisasi Meteorologi Dunia mengikuti laporan dari National Oceanic and Atmospheric Administration pada awal Juni, yang mengatakan kondisi El Nino telah dekat dan diperkirakan akan menguat secara bertahap hingga musim dingin di wilayah Utara Bumi".

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Batas Suhu Global

Ambang batas 1,5 derajat Celcius adalah batas suhu global aspirasional yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris 2015.

Pentingnya diakui secara luas karena apa yang disebut titik kritis menjadi lebih mungkin melampaui tingkat ini. Sebagai informasi, titik kritis adalah ambang di mana perubahan kecil dapat menyebabkan perubahan dramatis pada seluruh sistem pendukung kehidupan Bumi.

"Ini bukan untuk mengatakan bahwa dalam lima tahun ke depan kita akan melampaui tingkat 1,5°C yang ditentukan dalam Perjanjian Paris karena perjanjian itu mengacu pada pemanasan jangka panjang selama bertahun-tahun," kata Chris Hewitt, direktur layanan iklim WMO.

"Namun, ini adalah peringatan lain, atau peringatan dini, bahwa kita belum berada di arah yang benar untuk membatasi pemanasan dalam target yang ditetapkan di Paris pada tahun 2015, yang dirancang untuk secara substansial mengurangi dampak perubahan iklim," tambah Hewitt.

3 dari 3 halaman

Mengenal Apa Itu El Nino

Sistem Osilasi Selatan El Nino terdiri dari El Nino dan La Niña, yaitu dua kondisi fluktuasi yang berlawanan dalam sistem iklim Bumi, yang dapat menimbulkan konsekuensi signifikan terhadap cuaca, kebakaran hutan, ekosistem, dan ekonomi di seluruh dunia.

El Nino, atau yang memiliki arti "anak kecil" dalam bahasa Spanyol dikenal luas sebagai pemanasan suhu permukaan laut, pola iklim alami yang terjadi rata-rata setiap dua hingga tujuh tahun.

Peristiwa El Niño dideklarasikan ketika suhu laut di kawasan Pasifik timur tropis naik 0,5 derajat Celcius di atas rata-rata jangka panjang. Episode biasanya berlangsung sembilan hingga 12 bulan.

Efek El Nino cenderung memuncak pada bulan Desember, tetapi dampaknya biasanya membutuhkan waktu untuk menyebar ke seluruh dunia.

Efek tertinggal inilah yang membuat para peramal percaya bahwa tahun 2024 bisa menjadi tahun pertama umat manusia melampaui 1,5 derajat Celcius. Suhu rata-rata global pada 2022 lalu bahkan sudah lebih hangat 1,1 derajat Celcius jika dibandingkan dengan akhir abad ke-19.

Tahun terhangat yang pernah tercatat, adalah 2016, dimulai dengan El Nino yang meningkatkan suhu global.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat