uefau17.com

Potret Perayaan Idul Adha Pertama di IKN Nusantara, Sederhana tapi Bermakna - Bisnis

, Jakarta Dalam momentum Hari Raya Idul Adha 1444 H, ratusan pekerja konstruksi yang tengah melaksanakan pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara melaksanakan ibadah salat Ied berjamaah, serta melakukan pemotongan hewan kurban.

Serangkaian kegiatan perayaan Idul Adha tersebut diselenggarakan di Masjid Al Ikhwan, yang berada di kawasan Hunian Pekerja Konstruksi (HPK), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/06).

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto berharap para pekerja dapat tinggal secara nyaman di Kawasan HPK IKN. Oleh sebab itu, berbagai kegiatan keagamaan diselenggarakan di Masjid Al Ikhwan untuk meningkatkan semangat kerja sekaligus mensyukuri nikmat saat bekerja.

"Pelaksanaan salat Idul Adha 1444 H ini adalah yang pertama di IKN dan diikuti para pekerja konstruksi dan warga sekitar. Sekarang kawasan IKN makin menggeliat dan semarak, serta semakin hidup setelah beberapa waktu lalu dilaksanakan Nuzulul Quran di IKN," kata Iwan dikutip Jumat (30/6/2023).

Dalam momentum Hari Raya Idul Adha 1444 H, ratusan pekerja konstruksi yang tengah melaksanakan pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara melaksanakan ibadah salat Ied berjamaah, serta melakukan pemotongan hewan kurban. (Dok. Kementerian PUPR)

Selepas melaksanakan ibadah salat ied, para pekerja konstruksi melakukan kegiatan ramah tamah dan makan bersama dengan Otorita IKN dan IWAPI. Selanjutnya, para pekerja juga memotong hewan kurban sebanyak 4 ekor sapi dan 6 ekor kambing.

"Alhamdulillah, semua penghuni IKN yang terdaftar dan panitia Idul Adha sudah mendapatkan daging kurban. Panitia juga menyumbangkan daging kurban sebanyak 100 kg ke Desa Sukaraja serta untuk prasmanan makan bersama di kantin HPK IKN,” tambah Iwan.

Jauh dari Keluarga Saat Idul Adha

Salah seorang pekerja konstruksi, Suwito mengatakan, ibadah salat Ied kali ini terasa berbeda karena jauh dari keluarganya yang berada di Jawa Tengah. Meski begitu, hal tersebut tidak mengurangi antusiasme dan semangat dari para pekerja konstruksi yang berkesempatan merayakan Idul Adha pertama kali di IKN Nusantara.

Dalam momentum Hari Raya Idul Adha 1444 H, ratusan pekerja konstruksi yang tengah melaksanakan pembangunan infrastruktur di IKN Nusantara melaksanakan ibadah salat Ied berjamaah, serta melakukan pemotongan hewan kurban. (Dok. Kementerian PUPR)

"Idul Adha kali ini terasa berbeda karena kami sedang bertugas membangun IKN di Kalimantan Timur yang jaraknya jauh dengan keluarga. Kami berharap seluruh proses pembangunan berjalan dengan baik dan lancar, serta mampu meningkatkan kesejahteraan kami, para pekerja konstruksi di Indonesia,” tutup Suwito

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono, serta bertindak sebagai imam salat Idul Adha 1444 H, Ustadz Mulyana.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cerita Erick Thohir Rayakan Idul Adha di Hong Kong: Toleransi di Sini Luar Biasa

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir merayakan Hari Raya Idul Adha di Hong Kong. Hal itu terlihat dari postingan yang dibagikan @erickthohir di akun instagram pribadinya.

Terlihat Erick Thohir sedang duduk diantara 2 sujud dan mengenakan kemeja garis biru putih berlengan panjang. Ia melaksanakan sholat Idul Adha bersama Warga Negara Indonesia yang bekerja di Hong Kong.

Erick bersyukur di sela-sela aktivitas kunjungan kerja ke Hong Kong masih bisa melaksanakan shalat Idul Adha bersama WNI yang disana.

"Senang sekali bisa salat Eid bersama saudara-saudara WNI di Hong Kong, sekaligus melakukan kunjungan kerja," tulis Erick Thohir, Kamis (29/6/2023).

Adapun sholat berjamaah bersama WNI di Hong Kong ini berlangsung di Indian Recreation Club 63 Caroline Hill Road Sookunpo Valley.

Meskipun matahari sedang terik, tapi hal itu tidak mengurangi kekhusyukan umat Islam Indonesia di Hong Kong untuk menunaikan ibadah sholat Idul Adha. Sebagian jemaah WNI yang sholat membawa payung untuk melindungi diri dari terik matahari.

Disisi lain, Erick menyoroti toleransi antar beragama di Hong Kong. Sebab Erick dan jajarannya bisa melaksanakan sholat Idul Adha dengan nyaman.

"Toleransi di sini sungguh luar biasa. Alhamdulillah kami dapat beribadah dengan nyaman," pungkas Erick Thohir.

3 dari 3 halaman

Menyentuh, Ini Makna Idul Adha bagi Jokowi dan Sri Mulyani

Tepat hari ini, Kamis (29/6/2023), masyarakat muslim di Tanah Air merayakan Idul Adha 1444 H/2023 Masehi. Selain melaksanakan sholat Idul Adha, momen ini juga identik dengan penyembelihan kurban.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan berkurban di hari raya Idul Adha mengajarkan arti ketulusan dan keikhlasan sebagai wujud bertakwa kepada Tuhan.

"Pengorbanan mulia yang dilakukan Nabi Ibrahim a.s. telah mengajarkan kita arti ketulusan dan keikhlasan sesungguhnya, wujud ketakwaan yang amat besar kepada Allah SWT," dikutip dari instagram @smindrawati, Kamis (29/6/2023).

Sri Mulyani, berharap apapun yang dikurbankan pada momen Iduladha kali ini mendapatkan berkah dan rida-Nya, memberikan manfaat kepada saudara-saudara di tanah air, serta menjadi ladang pahala kelak.

"Dengan niat yang suci, tulus, dan ikhlas, kita beserah diri untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Sang Khalik," ujarnya.

Tak hanya Sri Mulyani, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui akun Twitter-nya @jokowi juga memaknai momen Idul Adha sebagai wujud rasa syukur, ikhlas, dan berkah kepada Sang Pencipta.

"Dengan berkurban kita mengejawantahkan rasa syukur dan ikhlas atas nikmat dan berkah dari Allah SWT. Semoga menjadi semangat untuk melangkah maju di bawah payung rida dan perlindunganNya," tulis Jokowi di akun @jokowi.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat