uefau17.com

China Dukung Rusia Setelah Pemberontakan Wagner Group Tantang Vladimir Putin - Bisnis

, Jakarta - China memberikan dukungan untuk Rusia setelah pemberontakan singkat dari Wagner Group. Pemberontakan Wagner Group tersebut menimbulkan tantangan terberat bagi pemerintahan Vladimir Putin selama 23 tahun.

Dukungan tersebut sebagai mitra dekat pemimpin China Xi Jinping dalam dorongannya untuk tatanan dunia baru dan keselarasan strategis melawan Amerika Serikat.

Sehari setelah pejuang tentara bayaran Wagner Group berbalik dari pawai menuju Moskow, mengakhiri pemberontakan singkat dan kacau oleh panglima perang Yevgeny Prigozhin, pemerintahan China mengeluarkan komentar pertama tentang apa yang disebut Putin sebagai “pemberontakan bersenjata”.

“Ini urusan dalam negeri Rusia. Sebagai tetangga dan mitra koordinasi strategis yang komprehensif untuk era baru, China mendukung Rusia dalam menjaga stabilitas nasional dan mencapai pembangunan dan kemakmuran,” tutur Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China dalam pernyataan singkat yang diunggah pada Minggu malam, 25 Juni 2023.

Komentar public Beijing yang dibuat dengan hati-hati datang setelah pemberontakan singkat itu mereda, dengan Prigozhin setuju untuk kembali menarik pejuangnya dalam kesepakatan dengan Kremlim yang dilaporkan akan membuatnya masuk ke pengasingan Belarusia.

Itu juga terjadi setelah Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Andrey Rudenko terbang ke Beijing untuk bertemu dengan pejabat China pada Minggu, 25 Juni 2023. Di mana kedua belah pihak kembali menegaskan kemitraan erat dan kepercayaan politiknya.

Menteri Luar Negeri China Qin Gang dan Rudenko bertukar pandangan tentang “hubungan China-Rusia dan masalah internasional dan regional yang menjadi perhatian bersama. Demikian disampaikan Kementerian Luar Negeri China.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kepercayaan Terus Tumbuh

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia menuturkan, Rudenko juga mengadakan “konsultasi terjadwal” dengan Wakil Menteri Luar Negeri China Ma Zhaoxu.

“Pihak Tiongkok menyatakan dukungan atas Upaya kepemimpinan Federal Rusia untuk menstabilkan situasi di negara itu sehubungan dengan peristiwa 24 Juni, dan kembali menegaskan minatnya untuk memperkuat persatuan dan kemakmuran Rusia lebih lanjut,” demikain pernyataan Kementerian Rusia.

Ma memberi tahu Rudenko di bawah kepemimpinan Xi dan Putin, kepercayaan politik timbal balik dan kerja sama antara China dan Rusia terus tumbuh.

“Di bawah situasi internasional yang kompleks dan suram, penting untuk mengikuti konsens penting yang dicapai oleh kedua pemimpin, berkomunikasi tepat waktu, memastikan hubungan yang stabil dan jangka panjang antara kedua negara dan menjaga kepentingan bersama kedua belah pihak,” ujar Ma.

Xi, pemimpin China yang paling berkuasa dan otoritas dalam beberapa dekade telah mengembangkan hubungan pribadi yang dekat dengan Putin atas ambisi bersama mereka untuk menantang tatanan global yang dipimpin AS.

Kedua pemimpin otokratis itu mendeklarasikan persahabatan tanpa batas pada Februari 2022, tak lama sebelum Putin melancarkan perangnya di Ukraina.

Terlepas dari klaim netralitasnya, China telah menolak untuk mengutuk invasi itu dan sebaliknya memberikan dukungan diplomatik dan ekonomi yang sangat dibutuhkan Rusia, sebuah posisi yang mengkhawatirkan negara-negara Barat terutama di Eropa.

3 dari 4 halaman

China Gambarkan Sebagai Perantara Perdamaian

Saat perang yang menghancurkan berlarut-larut, Beijing telah berusaha menggambarkan dirinya sebagai perantara perdamaian dalam upaya perbaiki hubungan dengan Eropa, tetapi juga terus memperdalam hubungan dengan Moskow.

Pada Maret, Xi dan Putin membuat penegasan besar-besaran tentang keselarasan mereka di sejumlah masalah dan berbagi ketidakpercayaan terhadap Amerika Serikat, selama kunjungan pertama pemimpin China ke Rusia sejak invasi.

“Saat ini ada perubahan, yang belum pernah kita lihat selama 100 tahun, dan kita yang mendorong perubahan ini bersama-sama,” ujar Xi.

Tiga bulan kemudian, kekuatan penggerak bersama untuk visi Xi telah melihat cengkeramannya pada kekuasaan sangat ditantang oleh pertunjukan pembangkangan yang luar biasa, menghancurkan lapisan kontrol total yang telah berjuang untuk dipertahankan oleh pemimpin Rusia.

4 dari 4 halaman

Kata Pengamat

Seorang ilmuwan Politik dari Program Studi Taiwan Australia National University’s Wen-Ti Sung menuturkan, pemberontakan Wagner bertentangan dengan narasi Putin sebagai pemimpin kuat yang mendapatkan dukungan penuh dari rakyatnya.

“Dan berada di sini untuk jangka panjang sebagai mitra global China, pilihan. Jika pemerintahan Putin tidak stabil, maka mendukungnya adalah bisnis yang buruk,” ujar dia.

Cengkeraman Putin yang melemah tidak hilang. “Meskipun mimpin buruk Rusia berakhir untuk sementara kemarin, insiden ini pasti akan merusak citra Rusia dan Putin,” tulis Profesor Hubungan Internasional Universitas Renmin, Jin Canrong.

Jin menggambarkan pergantian peristiwa yang cepat sebagai hal yang “nyata”.  “Sangat berbahaya bagi sebuah negara untuk mendukung dan mempertahankan kelompok militer non-negara yang begitu besar, luka ini dapat pecah kapan saja,” tutur dia.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat