uefau17.com

Produk Hunian Konsep TOD Jadi Andalan Bintaro Jaya di Usia 44 Tahun - Bisnis

, Jakarta PT Jaya Real Property Tbk, anak usaha PT Pembangunan Jaya mengandalkan konsep Transit Oriented Development (TOD) dalam mengembangkan kawasan Bintaro Jaya yang telah memasuki usia 44 tahun.

Direktur Utama Jaya Real Property Henky Wijaya mengatakan, pengembangan Bintaro Jaya mencontoh yang dilakukan Singapura yang memiliki sistem transportasi terintegrasi yang baik.

"Bintaro Jaya sudah memiliki modal dan diuntungkan dengan lokasi yang dimiliki dan juga jalur kereta api yang terhubung oleh tiga stasiun di Bintaro Jaya. Sehingga warga dapat mengalihkan biaya transportasi untuk kebutuhan lainnya seperti pendidikan ataupun kesehatan," ujarnya, Kamis (25/5/2023).

Bernafaskan konsep Transit Oriented Development (TOD), Henky mengutarakan, Bintaro Jaya kini turut memperhatikan pesepeda dan pejalan kaki dengan pelebaran pedestrian dan penambahan bike path di setiap ruas jalan kawasan.

Selain itu, Bintaro Jaya menjadi satu-satunya kawasan pengembang perumahan yang memiliki dua akses tol yang terhubung langsung dengan Jalan Boulevard Bintaro, yakni Tol Pondok Ranji dan Tol Parigi. Sehingga bisa memfasilitasi pengguna kendaraan pribadi untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta Selatan dan Jakarta Barat.

"Kemudahan akses transportasi umum menuju ibukota juga dapat dirasakan oleh warganya dengan adanya Trans Bintaro sebagai pengumpan Trans Jakarta, Royal Trans untuk menuju Stasiun MRT, dan Intrans," ungkapnya.

Selain itu Ruang Terbuka Hijau, Taman-taman dan Jogging Track hadir untuk pengembangan distrik dan cluster. "Semua fasilitas lengkap yang ada membuat warga senantiasa nyaman seutuhnya. Sehingga tidak perlu kemana-mana lagi karena seluruh kebutuhan sudah terpenuhi," imbuhnya.

Tak hanya pembangunan modern, Bintaro Jaya disebutnya turut memperhatikan program pelestarian lingkungan yang kini marak digaungkan. Di area Bintaro Creative District, juga tengah dibangun Aviary Park, pusat konservasi burung dan kupu-kupu terbesar yang dibangun bekerjasama dengan Taman Safari Group.

"Pengembangan terbaru ini dibangun di atas ruang terbuka hijau seluas 6 hektar, dan didesain khusus sebagai sarana edukasi dan hiburan bertaraf internasional," pungkas Henky.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hidupkan Industri Kreatif, Jaya Real Property Luncurkan Artbox Bintaro Plaza

PT Jaya Real Property Tbk (JRP) termotivasi untuk memberikan ruang kreasi seluas-luasnya bagi pelaku industri kreatif di kawasan Bintaro Jaya. Hal ini didasari dari banyaknya komunitas kreatif yang berkembang dari insiatif warga Bintaro.

Tak asing lagi bagi warga Jakarta dan sekitarnya, Bintaro Jaya telah lama menjadi hunian pilihan bagi kaum profesional dan creativepreneur, seperti desainer, arsitek, sineas, maupun seniman. Mereka pun memiliki komunitasnya sendiri, seperti contohnya Bintaro Design District yang secara luas menaungi pelaku industri kreatif di Bintaro Jaya dan sekitarnya.

Pengembangan kawasan superblok Bintaro Plaza Residences (BPR) yang berada di tengah pengembangan Bintaro Jaya dan merupakan bagian dari Transit Oriented Development (TOD) Stasiun Pondok Ranji, dinilai oleh JRP merupakan kesempatan yang baik untuk didedikasikan sebagai ruang kreasi yang dapat mendorong pertumbuhan industri kreatif ini.

"Melalui BPR, JRP berusaha memberikan ruang hidup, kerja dan bermain yang sesuai dengan karakteristik para milenial. BPR menjadi pilihan tepat untuk mendapatkan hidup yang seimbang," ujar General Manager Bintaro Jaya High Rise JRP Arum Prasasti, Selasa (4/10/2022).

Arum menilai, mobilitas tidak terbatas dengan adanya Stasiun Pondok Ranji yang memiliki akses langsung ke BPR. Penghuni BPR bisa merasakan seamless connection, yakni menjangkau stasiun dengan berjalan kaki dan tiba di pusat kota hanya dalam hitungan menit. Pusat Perbelanjaan Bintaro Plaza, Taman Ecosistem Aviary Park, Rumah Sakit Mitra Keluarga, hingga Sekolah Pembangunan Jaya.

"Banyaknya pilihan tempat kuliner dan komersial akan melengkapi kemudahan hidup untuk bisa wujudkan live, create and collaborate," ungkap dia.

Untuk melengkapi ruang kolaborasi dan ajang kreasi creativepreneur nusantara, BPR kini menghadirkan Artbox Bintaro Plaza sebagai Creative Community Compound, yaitu wadah bagi generasi muda untuk dapat melakukan berbagai kegiatan kreatifnya dalam satu tempat untuk berkumpul, berkolaborasi, mencari inspirasi serta menjadi tempat hangout.

3 dari 3 halaman

Akses Stasiun Pondok Ranji

Menurut Arum, Artbox dapat menjadi personal nest bagi mereka yang ingin memiliki vibes yang berbeda dari rutinitas sehari-hari serta menjadi jawaban atas gaya hidup dan kebutuhan dari komunitas-komunitas kreatif.

"Hadirnya akses baru Stasiun Pondok Ranji di dalam kawasan Bintaro Plaza Residences, JRP bermaksud untuk melahirkan kembali Bintaro Jaya Sektor 3 menjadi kawasan yang inspiratif dan menjawab semua kebutuhan milenials dan creativepreneurs untuk berkreasi demi terus bertumbuhnya industri kreatif di Indonesia," bebernya.

Dengan berkonsep outdoor, Artbox memiliki ruang-ruang unik yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan inspiratif. Berbagai tenant artisan lokal yang telah bergabung akan memanjakan pengunjung untuk mengolah rasa dan raga.

Dikatakan Arum, keunikan konsep ruang Artbox akan menjadi pilihan tempat berbagai aktivitas komunitas kreatif seperti seni, desain, olahraga, maupun kuliner, menjadi tempat berkumpul bersama teman, keluarga serta komunitas apapun.

"Dengan hadirnya Artbox, yang merupakan perluasan dari Plaza Bintaro Jaya, diharapkan akan meremajakan image kawasan Bintaro Jaya Sektor 3 dan menjadi sebuah kawasan dengan semangat baru dan modern sesuai dengan kebutuhan gaya hidup generasi milenial dan post-milenial," pungkasnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat