uefau17.com

Jokowi Bocorkan Bonus untuk Timnas U-22 Sepak Bola di Usai Raih Emas SEA Games 2023 - Bisnis

, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Pemerintah akan memberikan hadiah atau bonus kepada tim nasional Indonesia (Timnas) U-22 yang berhasil memenangkan medali emas dalam laga sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja.

Namun, Jokowi belum mengungkap besaran hadiah yang akan dikeluarkan pemerintah untuk timnas dan atlet Indonesia peraih medali SEA Games.

"Hadiah nanti dipikirkan lah, tapi kita beri nanti, ya. Ya karena ini betul-betul ditunggu oleh seluruh masyarakat Indonesia, sudah 32 tahun," kata Jokowi, dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (17/5/2023).

Jokowi pun menyambut kemenangan Timnas U-22 kali ini di ajang SEA Games, yang menjadi penantian panjang masyarakat Indonesia selama 32 tahun.

"Selamat kepada seluruh pemain, atlet, ofisial, semuanya, ini kerja yang betahun-tahun, yang berkesinambungan kompetisinya, kemudian masuk ke training camp saya kira ini sangat bagus sekali," tuturnya.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia menang 5-2 atas Thailand di final sepak bola SEA Games 2023.

Indonesia unggul dua gol lebih dulu atas Thailand di babak pertama melalui striker andalan Muhammad Ramadhan Sananta.

Dengan penantian selama 32 tahun, Jokowi mengungkapkan ikut merasa sangat bahagia melihat kemenangan timnas Indonesia 

"Sangat happy banget karena Indonesia-Thailand, 5-2, yang saya sampaikan kemarin mental pemenang, mental juara kelihatan sekali ada," pungkasnya.

Dalam ajang SEA Games tahun 2021 di Vietnam,  Pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp. 130,5 miliar untuk atlet peraih medali. Adapun bonus yang diberikan kepada para pelatih dan asisten pelatih senilai Rp. 32 miliar.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rincian Bonus Atlet Indonesia di SEA Games Sebelumnya

Saat ajang SEA Games tahun 2021 di Vietnam, bonus tertinggi yang diserahkan pemerintah kepada para peraih medali emas adalah sebesar Rp. 500 juta. 

Bonus ini berlaku bagi atlet peraih medali emas pada sektor tunggal. Rincian hadiah peraih medali lainnya adalah sebagai berikut: 

- Peraih emas sektor ganda mendapatkan Rp. 400 juta

- Peraih medali perak pada kategori tunggal, ganda, dan beregu masing-masing mendapatkan Rp. 300 juta, Rp. 240 juta, dan Rp. 120 juta

- Peraih medali perunggu untuk kategori tunggal, ganda, dan beregu masing-masing mendapatkan Rp. 150 juta, Rp. 120 juta, dan Rp. 105 juta.

3 dari 3 halaman

Pertama dalam 32 Tahun, Timnas Indonesia Raih Medali Emas di SEA Games 2023

Seperti diketahui, Timnas Indonesia menang 5-2 atas Thailand di final yang berlangsung sampai perpanjangan waktu dan terjadi hujan kartu merah. Indonesia unggul dua gol lebih dulu atas Thailand di babak pertama melalui striker andalan Muhammad Ramadhan Sananta.

Gol pertama dicetak lewat sundulan yang kemudian dibelokkan pemain Thailand. Kemudian Sananta mencetak gol indah lewat tendangan lambung dari jarak jauh di akhir babak pertama.

Di babak kedua Thailand bangkit. Dua pemain pengganti membuat Thailand menyamakan skor menjadi 2-2 lewat Anan Yodsangwal dan Yotsakon Burapha. Gol Yotsakon bahkan terjadi di detik akhir dimana tim Indonesia sudah sempat merayakan kemenangan karena mengira wasit sudah meniup peluit panjang.

Beruntung di perpanjangan waktu, Thailand melakukan blunder fatal di menit pertama sehingga Irfan Jauhari mampu mengembalikan keunggulan Indonesia. Setelah itu terjadi keributan yang membuat satu pemain Indonesia dan satu pemain Thailand diusir wasit.

Dua pemain Thailand lain kemudian menyusul menerima kartu merah. Indonesia mampu memanfaatkannya untuk mencetak dua gol lagi lewat Fajar Fathur Rahman dan Beckham Putra.

Medali emas SEA Games 2023 ini sangat spesial karena sudah 32 tahun Indonesia tak mendapatkannya. Terakhir kali Indonesia menjadi yang terbaik di sepak bola putra SEA Games di tahun 1991.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat