uefau17.com

Sandiaga Uno Bocorkan Kandidat Pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 - Bisnis

, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, optimistis bila pelaku ekonomi kreatif di Kampung wisata Keranggan di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), akan menjadi destinasi wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 Kemenparekraf.

Pasalnya, Desa Keranggan memiliki sejumlah potensi untuk dinyatakan layak menjadi tujuan wisata terbaik mewakili daerah. Seperti Sungai Cisadane, jungle track kampung ekowisata, hingga berbagai gelaran seni lokal pentas warga lokal.

"Kampung Wisata Keranggan secara geografis dilintasi sungai Cisadane tidak jauh dari pusat kota BSD, dengan keadaan alamnya yang masih alami dan asri serta mata pencaharian penduduk sebagian sebagai pelaku UMKM home industri aneka keripik," ujar Menteri Sandiaga Uno.

Kampung Wisata Keranggan merupakan satu-satunya wisata berbasis masyarakat di Kota Tangerang Selatan yang dikelola oleh Pokdarwis dan sudah terintegrasi, antara lain memiliki alam wisata yang masih asri di sepanjang susur sungai Cisadane, sudah terbentuknya para pelaku UMKM home industri aneka keripik & kacang sangrai sebagai pusat oleh-oleh khas Keranggan.

"Uniknya, di sini juga sudah ada akomodasi homestay milik masyarakat sekitar, sudah memiliki atraksi wisata, juga sudah ada rumah makan Saung Cisadane dengan menu khas tradisional Sunda sebagai wisata kuliner," tuturnya.

Bahkan, pengunjung bisa ikut menikmati bermain angklung, alat musik khas Sunda. Lalu, bisa mengikuti atau belajar tari Jaipong.

Dengan begitu, ekonomi kerakyatan di desa tersebut bergerak. Dengan begitu, kebangkitan ekonomi bangsa bisa berasal dari desa.

“Kobaran semangat ini masih terus kami lanjutkan. Untuk menggaungkan Indonesia lebih mendunia melalui pariwisata dan ekonomi kreatif. Membuka ruang untuk berkarya, memastikan 4,4 juta lapangan kerja tercipta, dan kami masih terus percaya bangkitnya ekonomi dimulai dari desa," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desa Wisata Jadi Salah Satu Tempat Favorit Warga Indonesia untuk Liburan

Momen cuti bersama dan libur nasional yang panjang pada Lebaran Idul Fitri 2023 membuat masyarakat berbondong-bondong untuk berwisata. Usai bermaaf-maafan dengan sanak saudara, sebagian masyarakat menghabiskan waktunya untuk berwisata. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudi Uno menjelaskan, tingkat kunjungan destinasi wisata di tahun ini mengalami kenaikan sebesar 47 persen dibandingkan tahun lalu. Hal itu terlihat dari destinasi wisata yang menjadi tempat terfavorit berdasarkan wilayah yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur.

"Kemarin kita baru kelar survei ada 3 destinasi utana pertama pegunungan, pantai, taman rekreasi dan juga alhamdulilah desa wisata juga masuk di tiga besar," ujar Sandiaga Uno, kepada media, Jakarta, Sabtu (22/4/2023).

"Masih Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan kalau di Jawa Barat tetep puncak, Pangandaran, Jawa Tengah itu Borobudur, Jawa Timur Bromo, Tregger, Semeru," lanjutnya.

Dia menjelaskan sektor wisata yang mengalami pemulihan sejauh ini yaitu taman rekreasi, dan hotel-hotel, terutama hotel bintang 3 ke atas yang cenderung pulih.

"Yang paling menonjol itu," terang dia.

Sandi menerangkan untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan memberikan dampak positif ke perekonomian. "Kita sudah melihat ini, kalau kita kawal UMKM secaa baik, akan meningkat secara signifikan," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat