uefau17.com

Jokowi Buka Aduan Jalan Rusak di Daerah, Warga Bisa Lapor ke Sini - Bisnis

, Jakarta Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Provinsi Lampung, Jumat (5/5). Orang nomor satu di Indonesia ini membagikan momen kunjungannya yang melewati jalan rusak. Bahkan mobil yang ditumpangi Jokowi berjalan dengan kecepatan rendah. 

Dalam unggahannya Jokowi mengungkapkan pembangunan infrastruktur jalan sangat penting bagi mobilitas masyarakat. Keberadaannya menjadi penting karena bisa menurunkan biaya logistik dan harga barang di pasar-pasar. 

“Pembangunan infrastruktur jalan itu penting untuk mendukung arus mobilitas barang dan orang,” kata Jokowi lewat akun Instagramnya @jokowi, dikutip Jumat (5/5). 

Kepada publik dia meminta masyarakat langsung melaporkan jika jalan di wilayahnya ada yang masih rusak. Sebagai bukti dia juga meminta agar pengaduan tersebut disertai dengan video.

“Apabila jalan di daerah Anda masih rusak parah dan sudah lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya melalui kolom komentar dan kirim video melalui pesan langsung di akun instagram,” kata Jokowi. 

Kunjungan Jokowi

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) diagendakan mengunjungi Kota Lampung pada hari ini (5/5) untuk meninjau langsung jalan rusak yang sempat viral di sosial media beberapa waktu lalu. 

Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi sempat berganti mobil yang dikendarai saat melakukan peninjauan ruas-ruas jalan rusak di Lampung pada Jumat. Hal itu dikonfirmasi oleh Deputi Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin yang menyebut bahwa pergantian mobil Presiden dilakukan di Jalan Seputih Raman, Lampung Tengah.

"Tadi pas di Jalan Seputih Raman, saat lagi ninjau jalan, ketemu wartawan juga untuk doorstop, Presiden doorstop, kemudian diberitahu harus ganti mobil karena ada indikator yang menyala," kata Bey melalui pesan kepada awak media yang diterima di Jakarta(5/5). 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi Ganti Mobil

Bey menjelaskan bahwa mobil yang ditumpangi Presiden sebetulnya masih menyala. Namun, karena ada indikator yang menyala tersebut sehingga Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay menyarankan agar Presiden berganti mobil.

Menurut Bey, Presiden kemudian melakukan peninjauan ruas jalan rusak dengan menumpangi mobil berjenis jip/suv. Di sisi lain, Presiden juga sempat menolak tawaran untuk menumpangi helikopter dalam kegiatan kunjungan kerjanya di Lampung.

Menurut Bey, Presiden bersikeras tetap menggunakan mobil agar bisa merasakan langsung ruas jalan yang rusak.

"Kalau saya naik heli, bagaimana saya bisa merasakan jalanan yang rusak? Enggak usah, enggak usah pakai heli, saya naik mobil saja," ujar Bey menirukan jawaban Presiden.

 

 

3 dari 4 halaman

Mobil Jokowi Libas Jalan Rusak dan Berkubang di Lampung

Mobil sedan yang dinaiki Presiden Joko Widodo atau Jokowi terlihat melintasi jalan tampak berkubang di Jalan Terusan Ryacudu, Kota Baru, Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, yang terlihat berkubang, dalam video yang diambil oleh Fotografer Kepresidenan, Jumat.

Dikutip dari Antara, Jumat (5/5/2023), dalam video dari tim fotografer kepresidenan itu, tampak sebuah mobil sedan hitam berpelat merah "Indonesia 1" itu tampak melintas pada terjalnya jalan di Jalan Terusan Ryacudu itu. Jalanan dalam video itu tampak berlubang dan tidak beraspal, sehingga mobil sedan yang ditumpangi Jokowi itu berguncang saat melintasi jalan.

Kondisi jalan yang dilewati sebagian besar rusak parah karena banyaknya kubangan besar di bagian kiri dan kanan jalan.

Saat melintas, jendela mobil juga tidak tertutup sehingga terlihat Jokowi meninjau jalan rusak tersebut, sembari membagikan cenderamata kepada penduduk setempat.

Sehari sebelum kedatangan Jokowi, sejumlah titik yang rusak di Jalan Terusan Ryacudu, Lampung, telah ditimbun dengan bebatuan koral. Berdasarkan pantauan ANTARA, timbunan lubang oleh batu koral tersebut terlihat berada di depan Kantor Polda Lampung dan juga ​​​​​​​Itera.

Bahkan, saat ini sudah terpasang spanduk imbauan berwarna kuning bertuliskan "Hati-hati Jalan Berlubang" di sebelah kiri jalan. Kemudian, menuju pintu Tol Kota Baru Itera, terlihat terdapat pengerjaan perbaikan jalan rusak dengan rigid beton.

 

4 dari 4 halaman

Kondisi Jalan

Sementara itu, memasuki Kota Baru, di Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan, jalan yang terlihat bagus dengan rigid beton kurang lebih 500 meter dihitung dari perempatan lampu merah menuju pintu Tol Itera. Setelah itu, sisanya hingga menuju ke lokasi bangunan perkantoran yang terbengkalai di Kota Baru, terlihat rusak parah.

Kunjungan kerja Jokowi ke Lampung untuk memastikan kebenaran banyaknya jalan rusak yang videonya tersebar di dunia maya. Jokowi menyatakan Pemerintah saat ini sedang memulai upaya mengumpulkan data-data mengenai jalan-jalan rusak parah di kabupaten, kota, dan provinsi.

Jokowi meyakini hal itu terjadi karena Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota, tidak dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat