uefau17.com

Ada Diskon Nih, Bayar Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Cuma 50 Persen Aja - Bisnis

, Jakarta PT Waskita Toll Road melalui anak perusahaannya PT Waskita Sriwijaya Tol memberlakukan pemotongan tarif alias diskon sebesar 50 persen untuk ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) selama periode Nataru.

Direktur Utama Waskita Toll Road Rudi Purnomo menyampaikan, diskon tarif diberlakukan untuk semua golongan kendaraan dan berlaku mulai Sabtu, 24 Desember 2022 pukul 00.01 WIB hingga 3 Januari 2023.

"Pada periode Nataru kali ini, selain mengoperasikan ruas Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2 Ujung (Jakasampurna-Marga Jaya) serta ruas tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 (Cigombong-Cibadak), pemberlakukan diskon tol Kapal Betung juga merupakan kontribusi kami untuk mendukung kelancaran lalu lintas pada periode Nataru," ungkapnya, Sabtu (24/12/2022).

Adapun tarif golongan I yang semula bertarif Rp 50.000 didiskon menjadi Rp 25.000. Sedangkan tarif golongan II dan III yang semula bertarif Rp 75.000 diberikan diskon menjadi Rp 37.500, serta golongan IV dan V yang bertarif Rp 100.000 diberikan diskon hingga Rp50.000.

"Pemberlakukan tarif tersebut berlaku pada jalur ruas tol Kayu Agung menuju Palembang dan sebaliknya," imbuh Rudi.

Ruas Tol Kapal Betung sendiri memiliki total panjang mencapai 111,69 km yang terdiri dari 2 tahap, yakni Tahap I (Kayu Agung-Kramasan) yang telah beroperasi secara parsial pada April 2020 lalu.

Sedangkan Tahap II (Kramasan-Betung) saat ini dalam tahapkonstruksi dan ditargetkan beroperasi penuh pada kuartal I 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dapat PMN Rp 5 Triliun, Tol Kapal Betung Tahap II Target Selesai Kuartal III 2023

PT Waskita Toll Road (WTR) fokus mempercepat penyelesaian konstruksi jalan tol penerima Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2021. Salah satunya melalui anak perusahaan, PT Waskita Sriwijaya Tol (WST) yang merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pemilik konsesi ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Tol Kapal Betung).

Setelah beroperasi parsial pada April 2020, saat ini Waskita Sriwijaya Tol fokus dalam percepatan penyelesaian konstruksi pada ruas tahap II Kramasan-Betung, yang ditargetkan rampung pada kuartal III 2023.

Direktur Utama Waskita Toll Road Rudi Purnomo menyampaikan, konstruksi ruas Tol Kapal Betung merupakan salah satu realisasi penyerapan dana Penyertaan Modal Negara yang diterima induk usaha, PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Sebelumnya, ruas tol Kapal Betung menerima dana dari PMN tahun 2021 sebesar Rp 3 triliun, serta fasilitas pinjaman investasi dari kreditur sebesar Rp 2,9 triliun pada Juni 2022.

"Pada akhir tahun ini, dengan adanya PMN tahun 2022 yang akan diterima Waskita, ruas Tol Kapal Betung akan kembali menerima dana PMN senilai Rp 2 triliun. Dengan adanya dana tersebut, seluruh kebutuhan pembiayaan sebesar Rp 7,9 Triliun telah terpenuhi. Sehingga perseroan optimis dapat menyelesaikan ruas Tol Kapal Betung sesuai dengan target," ujar Rudi, Sabtu (12/11/2022).

Direktur Utama Waskita Sriwijaya Tol Herwidiakto menyampaikan, progres konstruksi Ruas Tol Kapal Betung tahap II telah mencapai 48,34 persen, dan ditargetkan selesai konstruksi pada kuartal III 2023.

 

3 dari 3 halaman

Pengoperasian Bertahap

Pengoperasian akan dilakukan secara bertahap, dimana tahap pertama adalah Segmen Sungai Rengas-Pangkalan Balai pada kuartal I 2023. Selain ruas tol, WST juga akan membangun fasilitas Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area. 

"Kami berencana untuk membangun TIP yang tersebar pada enam titik Ruas Tol Kapal Betung, di mana TIP tahap pertama akan dibangun di KM 360 B yang ditargetkan rampung pada Nataru tahun 2022. Selain untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol, harapan kami TIP tersebut dapat menjadi sarana bagi para pelaku UMKM sekitar untuk bersama-sama memajukan perekonomian penduduk sekitar," tuturnya. 

Ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung memiliki total panjang mencapai 111,69 km, yang terdiri dari dua tahap, yakni Tahap I (Kayu Agung-Kramasan) dan Tahap II (Kramasan-Betung). Pada Ruas Tol Kapal Betung terdapat 3 jembatan bentang panjang, antara lain Jembatan Ogan yang telah beroperasi. 

Jembatan ini memiliki ornamen yang kental budaya dan menunjukkan kearifan lokal Palembang, sehingga dapat menjadi atraksi turis di sekitar ruas tol. Selain itu, terdapat Jembatan Kramasan dan Jembatan Musi yang masih dalam tahap kontruksi. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat