uefau17.com

Inilah 5 Ratu Terkaya Sepanjang Masa, Bukan Ratu Elizabeth II atau Ratu Margrethe II - Bisnis

, Jakarta Meski Ratu Margrethe II dari Denmark saat ini menjadi satu-satunya pemimpin wanita terlama di dunia setelah kepergian mendiang Ratu Elizabeth II, dia tidak masuk dalam daftar ratu terkaya sepanjang masa.

Lantas, siapa saja ratu yang memiliki harta berlimpah dan siapa terkaya?

Menurut Guinness World Records, Ratu Denmark singgah di sebuah kerajaan dengan kekayaan bersih USD 40 juta. Nominal itu jauh dari kekayaan bersih Ratu Elizabeth yang diperkirakan mencapai USD 600 juta sebelum kematiannya.

Angka tersebut bahkan masih di bawah jika dibandingkan dengan bangsawan terkaya di dunia, seperti Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, yang memiliki tumpukan USD 43 miliar dan Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei, yang memiliki kekayaan USD 28 miliar.

Tetapi jika kembali ke masa lalu, beberapa ratu terhebat dalam sejarah memerintah dan menjadi ratu terkaya sepanjang sejarah.

Namun, penting untuk dicatat bahwa semakin jauh kembali ke sejarah, semakin sulit untuk menyepakati angka-angka tersebut karena kekayaan diukur secara berbeda saat itu. Banyak dari apa yang diperkirakan hari ini sering diperdebatkan di kalangan sejarawan.

Jadi, dari dinasti kekaisaran Tiongkok hingga Mesir kuno, berikut ini lima ratu terkaya dalam sejarah menurut perkiraan Money.com seperti melansir South China Morning Post, Rabu (23/11/2022).

5. Hatshepsut (1507-1458 SM)

Perkiraan kekayaan bersih saat ini: USD 2 miliar

Naik tahta setelah kematian suami dan saudara tirinya, pemerintahan Hatshepsut selama dua dekade terbukti sangat menguntungkan, menurut beberapa sejarawan.

Meskipun sulit untuk menghitung kekayaan bersih wanita pertama Mesir, dikatakan bahwa kendalinya atas tambang emas, tembaga, dan batu mulia menempatkannya di posisi kedua di antara ratu terkaya dalam sejarah. Tambang emas saja bisa bernilai sekitar USD 2 miliar hari ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Isabella of Castile (1451-1504)

Perkiraan kekayaan bersih saat ini: USD 5 miliar

Ratu Spanyol berada di puncak kekayaannya ketika dia memperluas kerajaannya dengan menikahi sepupunya, Ferdinand II dari Aragon. Bersama-sama keduanya mengubah Spanyol menjadi pusat kekuatan besar Eropa. Sebagai imbalannya, dia pun memperoleh kekayaan luar biasa yang memungkinkan mereka hidup mewah dengan perhiasan dan permadani yang berharga.

Menurut Celebrity Net Worth, Isabella memiliki pendapatan tahunan sebesar 1,45 juta dukat – mata uang koin emas pada saat itu – hingga kematiannya pada tahun 1504. Jika dihitung dengan uang hari ini, itu diperkirakan mencapai 1.000 dukat yang sama dengan 110,7 ons emas. Emas saat ini USD 1.230 per ons. Jika dia menghasilkan 1,45 juta dukat setahun, itu berarti sekitar USD 5 miliar, jika dihitung dalam 30 tahun masa pemerintahannya.

3. Cleopatra VII (69-30 SM)

Perkiraan kekayaan bersih saat ini: USD 96 miliar

Cleopatra VII menjadi salah satu tokoh sejarah paling terkenal yang pernah ada. Dia telah memerintah Mesir antara 51 dan 30 SM, menurut BBC.

Taktiknya yang dilaporkan licik dalam manipulasi politik memungkinkannya untuk terus memanfaatkan kekayaan dan kerajaannya, termasuk mengendalikan industri gandum, papirus, dan salep yang paling makmur di negara itu.

Dikatakan bahwa firaun multibahasa ini terkenal karena kecantikannya yang eksotis. Dia juga memiliki hubungan romantis dan aliansi militer dengan pemimpin Romawi Julius Caesar dan Mark Antony. Keterampilan pemimpinnya yang cerdik membantu membawa perdamaian ke negara yang sebelumnya terpecah oleh kebangkrutan dan perang,.

Meskipun demikian, Cleopatra diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar USD 96 miliar. Sang penguasa dilaporkan banyak meminjam dari para pemimpin asing lainnya dan tidak dapat selalu hidup mewah untuk dirinya sendiri.

2. Catherine the Great (1729-1796)

Perkiraan kekayaan bersih saat ini: USD 1,5 triliun

Memerintah pada masa yang digembar-gemborkan sebagai "zaman keemasan Rusia", Catherine the Great adalah seorang ratu yang kuat mengubah bangsa menjadi negara adidaya global selama abad ke-18, menurut Sky History. Dia masih memegang gelar hingga hari ini sebagai wanita yang paling lama memerintah dalam sejarah Rusia, memimpin sekitar lima persen dari PDB global pada saat itu berkat kekayaan tanahnya.

Selama berada di singgasananya, dia selamat dari berbagai upaya pemberontakan dan mengumpulkan kekayaan yang diperkirakan bernilai USD 1,5 triliun hari ini.

 

3 dari 3 halaman

1. Permaisuri Wu (624-705)

Perkiraan kekayaan bersih hari ini: USD 16 triliun

Dengan kekayaan bersih USD 16 triliun, Permaisuri Wu China dari dinasti Tang dianggap sebagai monarki wanita terkaya dalam sejarah.

Kekayaannya yang sangat besar itu berasal dari kenaikan kekuasaan yang berlumuran darah dan licik. Menurut sejarawan, dia kejam dalam caranya. Bahkan kabarnya dia berani membunuh salah satu anaknya sendiri.

Selain itu, dia juga dikatakan telah menggulingkan putra-putranya yang merupakan kaisar sebelumnya, meskipun mengingat ini sudah lama sekali, sulit untuk memverifikasi peristiwa mana yang benar-benar terjadi.

Permaisuri yang terpelajar ini kisah hidupnya telah digambarkan dalam banyak film dan acara TV selama bertahun-tahun, termasuk Empress of China tahun 2015 yang dibintangi oleh Fan Bingbing.

Di bawah pemerintahan Wu selama 15 tahun, dia membantu memperluas kerajaan negara ke Asia Tengah dan melihat ekonominya makmur dengan perdagangan teh dan sutra dengan negara-negara Barat di Jalur Sutra.

Saat ini, ia tetap menjadi sosok yang kontroversial bagi sebagian orang. Namun, secara luas dianggap telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam mendukung pertumbuhan negara pada saat itu.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat