uefau17.com

Jelang Pemakaman Ratu Elizabeth II, Ramai Gelang Antrean Melayat Dibandrol hingga Rp 1,1 M - Bisnis

, Jakarta - Platform e-commerce eBay menghapus penjualan gelang untuk antrean melayat Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, London. Penangguhan penjualan gelang ini datang menjelang pemakaman Ratu Elizabeth II.

"Barang-barang ini bertentangan dengan kebijakan kami dan kami menghapusnya,” kata Juru Bicara eBay dikutip dari BBC, Senin (19/9/2022). 

Diketahui, gelang kertas berwarna tersebut tidak dapat dipindahtangankan dan tidak menjamin masuk ke Westminster Hall untuk melihat peti mati Ratu Elizabeth II.

Laporan outlet berita Guardian menyebut, beberapa gelang bekas yang dijual secara daring itu bahkan dibandrol dengan tawaran hingga 70 ribu poundsterling atau setara Rp 1,1 miliar sebelum dilepas.

Namun belum diketahui apakah tawaran itu asli atau tidak. Sebagai informasi, eBay mengizinkan penjualan tiket ke acara seperti konser atau perlengkapan olahraga untuk dijual sebagai memorabilia. Tetapi kebijakannya menyatakan terdapat larangan penjualan tiket ke acara yang gratis untuk umum.

Saat ini masyarakat Inggris juga diimbau untuk tidak melakukan perjalanan ke Westminster Hall karena antrean melayat yang membludak. Beberapa pejabat mengatakan waktu tunggu melayat Ratu Elizabeth II bahkan hingga 13 jam.

Kunjungan publik pada peti mati Ratuakan ditutup pada pukul 06.30 setempat, empat setengah jam sebelum pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II Libatkan Lebih dari 10 Ribu Personel Kepolisian

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II melibatkan operasi keamanan terbesar yang pernah dilakukan di London, Inggris.

Walikota Sadiq Khan mengatakan pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada hari ini, Senin, 19 September 2022 merupakan tantangan keamanan yang "belum pernah terjadi sebelumnya". Prosesi pemakaman dihadiri ratusan ribu orang yang memadati pusat kota London . Selain itu, daftar tamu pemakaman terdiri dari 500 kaisar, raja, ratu, presiden, perdana menteri dan pemimpin lainnya dari seluruh dunia.

"Sudah puluhan tahun sejak banyak pemimpin dunia berada di satu tempat,” kata Khan. "Ini belum pernah terjadi sebelumnya ... dalam kaitannya dengan berbagai hal yang kami tangani."

"(Antisipasi atas) kemungkinan ada orang jahat yang berniat tidak baik terhadap individu atau beberapa pemimpin dunia kita," kata Khan kepada The Associated Press.

"Jadi kami bekerja sangat keras – polisi, dinas keamanan, dan banyak lagi lainnya – untuk memastikan pemakaman kenegaraan ini berjalan sesukses mungkin.”

Wakil Asisten Komisaris Polisi Metropolitan Stuart Cundy mengatakan operasi kepolisian yang "sangat kompleks" itu adalah yang terbesar dalam sejarah pasukan London, melampaui Olimpiade London 2012.

Diketahui lebih dari 10.000 petugas polisi akan bertugas pada hari ini Senin, 19 September 2022. Para petugas tersebut terdiri dari polisi London ditambah dengan bala bantuan dari 43 pasukan polisi Inggris. Ratusan marshal sukarelawan dan anggota angkatan bersenjata juga akan bertindak melayani masyarakat di sepanjang rute prosesi.

Mereka menjadi bagian yang paling terlihat dari operasi keamanan yang dijalankan dari pusat kendali berteknologi tinggi di dekat Lambeth Bridge, tidak jauh dari Parlemen.

Sebagai bagian dari protokol pengamanan, saluran air jalan dan tempat sampah digeledah dan disegel. Pada hari Senin juga akan disiapkan polisi pengintai di atap, anjing pelacak di jalan-jalan, petugas laut di Sungai Thames dan polisi berkuda.

Masyarakat dilarang untuk menerbangkan drone di atas pusat kota London untuk sementara. Bandara Heathrow juga menghentikan sejumlah penerbangan sehingga kebisingan pesawat tidak mengganggu prosesi pemakaman. 

3 dari 3 halaman

Jadwal Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II Senin 19 September 2022

Sepuluh hari berkabung publik setelah Ratu Elizabeth II meninggal akan berakhir pada Senin, 19 September 2022 dengan proses pemakaman sehari penuh, yang dimulai di London dan berakhir di Windsor, di mana dia akan dimakamkan.

Pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey akan dihadiri oleh para pemimpin dunia, termasuk Presiden Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden, dan perwakilan dari seluruh Persemakmuran Bangsa—sebagian besar adalah bagian dari bekas Kerajaan Inggris.

Berikut ini jadwal pemakaman Ratu Elizabeth II, bersama dengan rincian perkiraan kegiatannya, dikutip dari Time, Senin (19/9/2022):

- 06.30 pagi (12.30 WIB): Pintu Westminster Hall di House of Parliament, tempat Ratu Elizabeth II disemayamkan, ditutup untuk publik.

- 10.44 (16.44 WIB): Prosesi pemakaman kerajaan berangkat dari Istana Westminster ke Westminster Abbey. Kereta meriam negara akan membawa peti mati Ratu Elizabeth II, ditemani oleh musisi seperti band marinir kerajaan, dan jalurnya akan dipagari oleh anggota angkatan laut kerajaan dan marinir kerajaan. Anggota keluarga kerajaan, termasuk Raja Charles III dan Pangeran William, akan mengikuti di belakang kereta.

- 10.52 (16:52 WIB): Peti mati Ratu Elizabeth II tiba di gerbang Westminster Abbey dan dibawa ke dalam.

- 11.00 (17.00 WIB): Upacara dimulai, dipimpin oleh Dean of Westminster David Hoyle, dan akan mencakup pembacaan doa oleh para pemimpin politik dan agama termasuk Perdana Menteri Inggris yang baru Liz Truss.

- 11.55 (17.55 WIB): Ada dua menit keheningan di dalam Biara dan di seluruh Inggris.

- Siang (7:00 ET): Prosesi pemakaman kenegaraan berakhir dengan reveille, lagu kebangsaan Inggris (“God Save the King”), dan permainan pipe. Peti mati akan melanjutkan prosesi lain melalui jalan-jalan London ketika Big Ben berdenting terus menerus.

- 13.00 (19.00 WIB): Peti mati tiba di Wellington Arch di London, lalu dimuat ke dalam mobil jenazah. Dari sini, keluarga kerajaan berangkat ke Kastil Windsor, yang berjarak sekitar 20 mil sebelah barat Istana Buckingham.

- 15.06 (21.06 WIB): Mobil jenazah negara bagian tiba di Windsor, di mana ia akan bergabung dengan prosesi menuju Albert Road. Raja dan anggota keluarga kerajaan lainnya akan berjalan kaki menuju Kapel St. George kira-kira tiga puluh menit kemudian.

- 16.00 (22.00 WIB): The Committal Service dimulai di Kapel St. George, dipimpin oleh Dean of Windsor dan diakhiri dengan berkat dari Uskup Agung Canterbury.

- 19.30 (01.30 WIB, 20 September): Ratu Elizabeth II dimakamkan dalam upacara pribadi di King George VI Memorial Chapel di Kastil Windsor. Dia akan dimakamkan bersama mendiang suaminya, Pangeran Philip.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat