uefau17.com

Sederet Kota Ini Jadi Tempat Kerja Termahal di Dunia Tahun 2022 - Bisnis

, Jakarta - Hong Kong dinobatkan sebagai kota termahal untuk tinggal dan bekerja di luar negeri tahun ini, menurut sebuah laporan baru yang menyoroti dampak kenaikan biaya hidup dan memburuknya tren ekonomi makro di pasar ekspatriat.

Hal itu diungkapkan dalam laporan Global Report Cost of Living yang dibuat oleh Perusahaan manajemen aset Amerika, Mercer. 

Dilansir dari CNBC International, Rabu (29/6/2022) Hong Kong naik satu tempat dalam indeks Mercer, kembali ke posisi terdepan setelah sempat disingkirkan di urutan kedua pada 2021 lalu oleh Ashgabat, Turkmenistan.

Ini juga menandai keempat kalinya dalam lima tahun bahwa pusat keuangan Asia telah diperingkatkan sebagai kota paling mahal bagi pekerja luar negeri.

Kebangkitan Hong Kong sebagian didorong oleh meningkatnya tekanan inflasi, yang telah mendorong biaya hidup lebih tinggi di seluruh dunia.

Sementara itu, pembatasan Covid-19 yang sedang berlangsung dan peningkatan volatilitas politikjuga telah membuat biaya kompensasi kepada staf di sana lebih mahal, menurut mitra Mercer Vince Cordova.

"Sebagian dari (Hong Kong) adalah pasar real estat," kata Cordova kepada CNBC Make It.

"Bagian lainnya adalah harga barang dan jasa SERTA ketidakpastian politik. Orang-orang yang tinggal di sana perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk hidup dengan baik," ungkapnya. 

Berikut adalah sederet kota termahal untuk bekerja di luar negeri menurut Mercer Global Report Cost of Living di tahun 2022 :

1. Hongkong

2. Zürich, Swiss

3. Jenewa, Swiss

4. Basel, Swiss

5. Bern, Swiss

6. Tel Aviv, Israel

7. New York, Amerika Serikat

8. Singapura

9. Tokyo, Jepang

10. Beijing, Cina

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tingkat Kemahalan Biaya Dilihat Mulai dari Harga Makanan, Transportasi, Hingga Perawatan

Indeks biaya hidup tahunan Mercer, yang telah disusun sebanyak 28 kali, dirancang untuk membantu perusahaan dan pemerintah menentukan paket pembayaran untuk karyawan asing dengan mengukur biaya akomodasi, serta harga barang dan jasa di pasar lokal terhadap biaya relatif mereka di New York.

Indeks Mercer tahun ini memberi peringkat ke hingga 227 kota dan memperhitungkan harga lebih dari 200 barang — dari kategori seperti makanan, transportasi, perumahan, dan perawatan pribadi — pada Maret 2022.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kata Cordova, laporan Mercer tahun 2022 ini juga mencatat peningkatan prevalensi kerja jarak jauh, dengan lebih banyak perusahaan menggunakannya sebagai alat ketika memutuskan kebijakan kerja fleksibel mereka.

"Salah satu konsekuensi dari pandemi ini adalah konsep bekerja dari mana saja, dengan lebih banyak karyawan sekarang bertanya kepada majikan apakah mereka dapat mendukungnya," katanya.

"Perusahaan sekarang menginginkan beberapa informasi tentang apa dampak ekonomi dari relokasi itu, dan begitulah cara kami melihat mobilitas berkembang," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Kansas City Jadi Kota Terbaik di Dunia buat Kerja Jarak Jauh

Kota Kansas City, di negara bagian Missouri, Amerika Serikat, dinobatkan sebagai kota terbaik di dunia untuk bekerja jarak jauh sambil berlibur tanpa harus menggunakan terlalu banyak waktu.

Peringkatan Kansas City sebagai kota terbaik untuk bekerja jarak jauh sambil wisata ini dirilis oleh perusahaan maskapai asal Islandia, Icelandair.

Dilansir dari CNBC International, Senin (27/6/2022) Kansas City dikenal dengan tradisi barbekyu, panggung jazz, dan memiliki lebih banyak situs air mancur daripada Kota Roma di Italia.

Kansas City juga merupakan rumah bagi atraksi termasuk Museum Seni Nelson-Atkins, Stadion Kauffman, Worlds of Fun, dan pusat kota yang ramai.

Selain atraksi turis, peringkat Icelandair mempertimbangkan metrik yang menggambarkan kualitas hidup setiap kota, seperti biaya hidup, keselamatan, akses perawatan kesehatan, serta kemudahan akses untuk bekerja di sana (kecepatan internet, jam kerja rata-rata, waktu perjalanan). 

Tak hanya itu, peringkat Icelandair juga mempertimbangkan faktor lingkungan, seperti indeks iklim, polusi suara dan cahaya, kualitas udara serta data dari laporan PBB yakni World Happiness Report.

Berikut adalah 10 kota terbaik di dunia untuk bekerja sambil berlibur, menurut Icelandair :

1. Kansas City, Amerika Serikat

2. Wina, Austria

3. Wellington, Selandia Baru

4. Kopenhagen, Denmark

5. Edinburgh, Inggris

6. Victoria, Kanada

7. Perth, Australia

8. Frankfurt, Jerman

9. Brisbane, Australia

10. Helsinki, Finlandia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat