uefau17.com

Bermasalah saat Daftar Sekolah Kedinasan, Perhatikan Dulu Hal-hal Ini - Bisnis

, Jakarta Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022 sudah dibuka sejak 9 April 2022 dan masih berlangsung hingga hari ini. Perlu diingat, portal registrasi yang digunakan hanya melalui link dikdin.bkn.go.id.

Bagi yang belum tahu, pendaftaran sekolah kedinasan 2022 ini ditutup pada 30 April 2022 mendatang. Jadi, masih ada waktu bagi yang ingin registrasi sekarang.

“Pendaftaran masih dibuka hingga tanggal 30 April 2022 Pukul 23.59 WIB, jadi #sobatbkn pastikan semua isian datanya benar ya...” dikutip dari Instagram @bkngoidofficial, Rabu (13/4/2022).

Sementara itu, pada tahun ini, terdapat delapan sekolah kedinasan yang membuka pendaftaran. Berikut ini rinciannya:

1. Kementerian Dalam Negeri:

Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN)

2. Kementerian Keuangan:

Politeknik Keuangan Negara STAN

3. Kementerian Hukum dan HAM:

a. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

b. Politeknik Imigrasi (Poltekim)

4. Badan Pusat Statistik:

Politeknik Statistika STIS

5. Kementerian Perhubungan:

Total 32 sekolah (TA 2022: 18 sekolah dan TA 2021: 21 sekolah)

6. Badan Siber dan Sandi Negara:

Sekolah Tinggi dan Sandi Negara (Politeknik Siber dan Sandi Negara)

7. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika:

Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

8. Badan Intelijen Negara:

Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Dari sekian banyak instansi tersebut, pelamar hanya bisa mendaftarkan diri di satu sekolah kedinasan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hal yang Perlu Diperhatikan

Dalam proses pendaftaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan para pelamar. Salah satunya pelamar perlu registrasi akun terlebih dahulu.

Pada proses tersebut beberapa pendaftar mungkin akan mengalami sejumlah permasalahan yang terjadi. Masalah tersebut seperti lupa password, NIK atau nomor KK tidak ditemukan, kesalahan data, atau kendala saat mengunggah file.

Menjawab permasalahan tersebut, sebaiknya peserta simak penjelasan dari BKN seperti mengutip informasi dari akun Instagram @bkngoidofficial.

1. Bila lupa password, silakan pilih menu helpdesk dan klik menu lupa password dan lengkapi form isian.

2. Bila NIK atau nomor KK tidak ditemukan, silakan mengajukan permohonan perbaikan data ke Dukcapil setempat dan Dukcapil Pusat dengan membawa dokumen pendukung. Berikut ini kontak Dukcapil yang bisa dihubungi:

a. http://dukcapil.kemendagri.go.id/contactLayanan

b. Helpdesk Ditjen Dukcapil

c. Call Center: 1500

3. Bila ada kesalahan data, data masih bisa diubah selama pendaftar belum mengklik “akhiri pendaftaran” pada resume pendaftaran.

4. Bila terkendala dalam mengunggah file, pastikan terlebih dahulu ukuran dan jenis file yang diunggah tidak melebihi dari batasan masing-masing dokumen yang dipersyaratkan dalam aplikasi SSCASN Sekolah Kedinasan 2022.

5. Bila ingin mendapatkan kode billing, pendaftar silakan masuk ke laman https://dikdin-daftar.bkn.go.id/ kemudian ke medu resume pendaftaran.

BKN mengatakan, bila masih memiliki kendala lain selain yang disebutkan di atas, peserta bisa membaca FAQ seperti yang tercantum pada website dikdin.bkn.go.id atau menu Helpdesk.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

3 dari 4 halaman

5 Sekolah Kedinasan 2022 Paling Diincar Pelamar

Badan Kepegawaian Negara (BKN) melaporkan pelamar sekolah kedinasan 2022 mencapai sudah mencapai ribuan orang.

Rinciannya, sebanyak 346.124 pelamar sekolah kedinasan 2022 telah membuat akun, 21.927 memilih sekolah dan yang submit sebanyak 6.172 orang.

Ini diketahui dari laporan BKN di laman media sosial instagramnya @bkngoidofficial, Selasa (12/4/2022).

"Hi #SobatBKN, berikut mimin sampaikan update pelamar #Dikdin2022 per tanggal 12/4/2022 pukul 18.11 WIB," mengutip postingan BKN.

Dari jumlah tersebut ternyata ada 5 sekolah kedinasan 2022 yang paling banyak peminat. Di posisi pertama ditempati sekolah kedinasan Sekolah Tinggi Intelijen Negara sebanyak 1.555 pelamar.

Kemudian posisi kedua Sekolah Kedinasan Politeknik Statistika STIS sebanyak 1.1169 pelamar. Selanjuta di peringkat ketiga Sekolah Kedinasan Politeknik Keuangan Negara STAN sebanyak 1.093.

Sementara posisi keempat ditempati Sekolah Tinggui Meteorologi Klimatologi dan Geofisika sebanyak 612 pelamar. Dan posisi kelima adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) sebanyak 409 orang.

Saat ini pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022 masih berlangsung dan baru akan ditutup pada 30 April 2022 pukul 23.59 WIB.

 

4 dari 4 halaman

Solusi Atasi Kendala Saat Daftar Sekolah Kedinasan

Bila terkendala dalam proses registrasi, calon pelamar bisa memanfaatkan layanan Helpdesk Dikdin yang tersedia di laman dikdik.bkn.go.id.

Hal yang perlu diperhatikan ketika daftar sekolah kedinasan 2022 adalah tiap calon pelamar harus memiliki akun SSCASN DIKDIN terlebih dahulu.

Bagi yang belum punya, silakan mendaftarkan diri menggunakan NIK dan KK. Sementara bagi yang sudah ada akun tahun lalu, dapat langsung login.

Namun, beberapa pendaftar mungkin mengalami kendala dalam proses registrasi tersebut. Salah satunya ketidaksesuaian data diri. Baik itu data pada NIK, nomor KK, nama, tempat lahir, atau tanggal lahir.

Tidak perlu khawatir, semua itu dapat diatasi. Calon pelamar dapat memanfaatkan layanan Helpdesk Dikdin 2022 seperti yang sudah tersedia pada laman dikdik.bkn.go.id.

Bukan itu saja, layanan Helpdesk Dikdin juga bisa digunakan bagi pendaftar yang terkendala dalam masalah lain, seperti:

a. NIK dan Nomor KK tidak ditemukan

b. NIK didaftarkan orang lain

c. Lokasi lahir tidak ditemukan

d. Data tidak sesuai

e. Mereset password

f. Lupa jawaban pengaman 1

g. Lupa jawaban pengaman 2

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat