uefau17.com

Menperin: Indonesia Siap Suarakan Aspirasi Negara Non-Anggota G20 - Bisnis

, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, Kementerian Perindustrian siap menyampaikan aspirasi sejumlah negara dalam forum Trade Investment and Working Group (TIIWG) G20 pada 2022. Hal ini ia sampaikan pada pembukaan Regional Conference in Industry Development (RCID) kedua di Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Agus mengatakan, gelaran Regional Conference in Industry Development (RCID) kali kedua ini jadi forum pendahuluan untuk sebelum gelaran Trade Investment and Working Group (TIIWG) pada gelaran G20 nanti. Acara TIIWG akan digelar pada Maret 2022 di Solo.

“Dalam konteks ini, RCID ke-2 dikemas sebagai forum pendahuluan untuk membahas dan mendapatkan input kawasan terhadap isu-isu prioritas di sektor industri yang akan diusung pada pertemuan TIIWG dalam Presidensi G20 Indonesia pada tahun 2022. Indonesia menyatakan siap menyuarakan aspirasi-aspirasi dari negara-negara, khususnya negara-negara berkembang non G-20, dalam forum-forum G20,” katanya dalam 2nd RCID, di Jakarta, Rabu (10/11/2021).

Ia mengatakan, melalui forum ini, adalah ajang bagi negara-negara di Kawasan Asia Pasifik untuk bertukar pandangan, kebijakan, pengetahuan, dan gagasan dalam pembangunan industri. Dalam konteks kekinian, forum ini berfokus pada bagaimana menjawab tantangan-tantangan terkait pemulihan kesehatan global, transformasi industri 4.0, dan transisi energi menuju green industry untuk menjamin pembangunan industri yang inklusif dan berkelanjutan.

Gelaran forum regional Asia-Pasifik ini, dilangsungkan secara hybrid mengingat kondisi pandemi Covid-19. Kehadiran fisik sekitar 150 orang peserta dan kehadiran virtual sekitar 400 orang peserta. Para peserta terdiri dari pejabat tinggi di bidang perindustrian dari 26 negara anggota UNIDO.

“Duta Besar negara-negara anggota UNIDO di kawasan Asia Pasifik, perwakilan organisasi internasional serta perwakilan Kementerian/Lembaga dan pelaku usaha dalam negeri,” katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Kata Kunci

Lebih lanjut, Menperin Agus menyebut, bahwa ada tiga kata kunci utama kedepannya dalam upaya bangkint dari Covid-19. Hal ini didasari dengan adanya dampak dari pandemi Covid-19 yang cukup besar.

“Ke depan, ada tiga kata kunci yang akan menjadi arah dalam melewati pandemi, memperkuat sektor kesehatan, melakukan Transformasi Digital dan Transisi Energi menuju green industry,” katanya.

Pasalnya, kata dia, kondisi pandemi memaksa seluruh negara melakukan reset terhadap ekonominya. Kemudian, juga melakukan peninjauan kepada kebijakan ekonomi. Terlebih, perencanaan yang telah disusun sebelumnya harus diubah dan dievaluasi kembali karena terdampak pandemi.

“Kesempatan perubahan ini harus dijadikan momentum bagi setiap negara untuk melihat dan mempelajari lagi kekuatan-kekuatan yang dimiliki, serta memposisikan diri dalam persiapan menghadapi pandemi yang mungkin akan muncul kembali di masa mendatang,” katanya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat