uefau17.com

Cara Mudah Cegah Pembelian Secara Impulsif - Bisnis

, Jakarta Pembelian secara impulsif adalah salah satu kebiasaan yang harus diatasi. Jika seseorang mengabaikannya, hal ini justru akan menjadi bumerang. Apalagi ini menyangkut masalah finansial.

Jika Anda sering melakukan pembelian secara implusif, salah satu cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menjadwalkan kapan waktu untuk berbelanja. Cara ini mungkin akan membantu Anda untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan.

Dikutip dari laman CNBC, Rabu (18/08/2021), salah satu strategi yang dapat membantu Anda untuk mengatur pengeluaran agar tidak berlebihan adalah dengan memilih waktu tertentu untuk berbelanja. Bisa seminggu sekali atau sebulan sekali.

Dengan demikian, Anda tidak membeli sesuatu secara langsung karena perlu menunggu waktu belanja yang sudah ditentukan itu. Dalam waktu tunggu tersebut, Anda mungkin akan lebih bisa memikirkan lagi apakah pembelian tersebut sangat Anda butuhkan atau hanya sekadar keinginan sesaat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Lain

Di samping itu, untuk menghindari pembelian impulsif, Anda bisa coba menunggu setidaknya dalam waktu 24 jam sebelum membeli sesuatu. Dengan begitu pun, Anda bisa lebih merencanakan pembelian agar tidak terlalu berlebihan.

Hal ini juga akan membantu Anda untuk menentukan keuangan jangka panjang. Dengan tetap mengingat tujuan keuangan tersebut, Anda mungkin akan melupakan pembelian yang tidak terlalu penting. Pada akhirnya, Anda mungkin akan memilih memasukkan uang tersebut ke tabungan atau untuk berinvestasi.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat