uefau17.com

Jokowi Bakal Resmikan Proyek Pelabuhan Baru Makassar - Bisnis

, Makassar - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Makassar New Port (MNP) Tahap IA pada Jumat 22 Mei 2015.

Saat kegiatan itu, Jokowi akan didampingi sejumlah menteri kabinet kerja antara lain Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta beberapa Menteri Kabinet Kerja lainnya.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Mulyono mengatakan ‎pembangunan Makassar New Port (MNP) Tahap IA direncanakan memiliki jangka waktu paling lama 48 bulan. Makassar New Port diprediksi mulai beroperasi pada awal 2018.

"Total biaya investasi MNP tahap IA mencapai Rp 1,8 triliun yang berasal dari pinjaman perbankan dan dana internal,"kata Mulyono Rabu (20/5/2015).

Untuk mendukung proyek MNP, sambung Mulyono, Pelindo IV mendapatkan kredit investasi dari PT Bank Mandiri Tbk senilai Rp 3 triliun yang akan dicairkan secara bertahap.  "Untuk tahun ini akan dicairkan Rp 600 miliar," ujar Mulyono.

Sementara dengan acara peletakan batu pertama MNP dijadwalkan juga peluncuran program pengembangan sembilan pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo IV. Selain itu juga akan diresmikan implementasi tol laut dengan rute pelabuhan Bitung-Belawan dan sebaliknya Makassar-Belawan. (Eka Hakim/Ahm)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat