uefau17.com

Ratusan Bus Disiapkan untuk Asian Games 2018 di Jakarta - Asian Games

, Jakarta Pemerintah telah menyiapkan ratusan angkutan umum berupa bus guna menyukseskan pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis, hal itu bagian dari tiga kebijakan transportasi untuk Asian Games

Tiga kebijakan tersebut adalah pertama manajemen rekayasa lalu lintas, kedua penyediaan angkutan umum dan ketiga pengaturan lalu lintas angkutan barang.

Angkutan umum yang disiapkan pemerintah diantaranya adalah penambahan 204 bus Transjakarta untuk masyarakat terdampak ganjil genap.

Kedua, 107 bus Transjakarta untuk rute ke arena pertandingan, 40 bus dari hotel ke arena, 10 bus dengan rute Bandar Udara Soekarno-Hatta ke arena pertandingan serta 41 bus untuk wisata (atlet dan ofisial).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

TransJakarta

Khusus bus yang disediakan dari bandara ke arena, dari hotel ke venue serta bus wisata gratis, kata Bambang.

Bus untuk kebutuhan dari bandara ke arena dan dari hotel ke arena ini disediakan oleh Kementerian Perhubungan.

Sementara itu penyediaan bus Transjakarta untuk kebutuhan masyarakat terdampak ganjil genap, penambahan bus Transjakarta ke rute-rute menuju arena serta bus wisata dilakukan oleh Pemerintah Propinsi DKI Jakarta.

3 dari 3 halaman

Pedoman

"Kami juga sudah mengusulkan kepada Gubernur DKI Jakarta agar bus Transjakarta yang disediakan oleh Pemprov DKI ini bisa digratiskan selama Asian Games," kata Bambang.

Bambang juga mengatakan Asian Games diharapkan mampu menjadi momentum bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya untuk mulai berpindah dari kendaraan pribadi ke angkutan umum.

"Jakarta sudah sangat macet dengan kendaraan pribadi. Jadi, berpindah ke angkutan umum itu pilihan yang rasional," jelas Bambang.

Guna memudahkan masyarakat mengakses angkutan umum selama Asian Games di Jakarta, BPTJ pekan depan akan meluncurkan pedoman informasi angkutan umum.

Pedoman tersebut ditujukan juga bagi supporter/wisatawan dari manca negara oleh karenanya dikemas dalam Bahasa Inggris dengan nama "Jakarta Public Transportation Guide".

Pedoman tersebut nantinya akan tersedia baik dalam bentuk leaflet, booklet mapun versi digital.

Informasinya tentang bagaimana cara mengakses pelayanan kereta api komuter Jabodetabek, bus Transjakarta, bus ke bandara dan lokasi arena Asian Games. (Ant)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat