uefau17.com

Karamah: Keistimewaan Si Buah Zaitun - TV

, Jakarta - Pohon zaitun banyak tumbuh di kawasan Mediterania. Spanyol dan Italia adalah negara terdepan dalam produksi zaitun.

Minyak zaitun dihasilkan melalui pemerasan buah zaitun. Sejak berabad-abad silam, minyak zaitun banyak digunakan untuk keperluan kesehatan dan kecantikan.

Di Indonesia pun, pohon zaitun mulai dikembangkan. Salah satunya di perkebunan Garden of Perspective Agriculture Bogor, Jawa Barat. Budidaya zaitun di Indonesia untuk memanfaatkan daunnya sebagai bahan teh yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.

"Zaitun sendiri itu secara ekonomi, nilai ekonominya sangat tinggi. Orang yang menggunakan minyak zaitun itu berani membeli dengan harga mahal Rp 50.000, Rp 100.000, bahkan lebih. Ini adalah peluang kita kembangkan di Indonesia," ucap pemilik perkebunan Garden of Perspective Agriculture Rana Wijaya.

Zaitun memang tumbuhan istimewa. Tumbuhan ini beberapa kali disebut dalam Alquran dan hadis. Salah satunya ada dalam surat Al An'am ayat 99.

Kenyataannya, zaitun memang istimewa. Jika buah zaitun diolah menjadi minyak, di dalamnya terkandung omega 9, asam lemak jenuh, omega 6, dan lain-lain.

Zaitun bermanfaat bagi kesehatan, di antaranya menurunkan kolesterol jahat, mengendalikan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah kanker, serta mengusir nyeri sendi.

Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan seperti menjaga kesehatan kulit, mengatasi wajah berminyak, dan juga perawatan rambut.

Simak ulasan lengkap beragam manfaat zaitun dalam Karamah (Kamus Ramadan Membawa Hikmah) yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (9/7/2015) di bawah ini. (Vra/Mvi)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat