uefau17.com

Siap Pakai, Tizen Meluncur Bukan di Smartphone - Tekno

Sistem operasi Tizen telah lama digadang-gadang bakalan dipakai pada smartphone buatan Samsung. Namun, perusahaan asal Korea Selatan itu diam-diam malah meluncurkan perangkat Tizen dalam bentuk kamera.

Samsung mengungkap segala yang terkait sistem operasi Tizen di ajang Tizen Developer Conference. Jong-Deok Cho selaku Vice President Samsung mempresentasikan teknologi yang dibawa Tizen 3.0 akan mendukung arsitektur 64-bit Intel dan ARM.

Versi Tizen 3.0 diklaim Jong-Deok Cho mampu menghadirkan antarmuka 3D untuk tampilan dan performa aplikasi yang lebih menarik. Ia juga membeberkan bahwa Tizen tidak dikembangkan hanya untuk ponsel saja melainkan juga perangkat lain, misalnya kamera.

Kamera Samsung NX300M yang diluncurkan produsen elektronik itu menyandang predikat sebagai perangkat Tizen pertama di dunia. Kamera yang memakai optik mirrorless tersebut berjalan di atas sistem operasi Tizen Camera Platform.

Jong-Deok Cho mengaku Tizen Camera Platform memiliki booting 2x lebih cepat dibanding platform lainnya yang berbasis Linux. Kamera tersebut mendukung resolusi 20 megapiksel (MP) dan mampu menangkap 9 gambar per detik.

Dikutip dari Phone Arena, Selasa (12/11/2013), kamera mirrorless Samsung seri NX300M telah meluncur di pasar Korea Selatan sejak bulan lalu. Harganya dibanderol 890.000 won atau sekitar Rp 9,5 jutaan bersama lensa kit standar 18-55mm.

Sedangkan perangkat ponsel pertama yang memakai Tizen dilaporkan baru akan meluncur di kuartal pertama tahun 2014. Ponsel Tizen pertama ini akan menjalankan versi 2.2.1. Sementara itu, OS Tizen 3.0 dengan fitur multi-user diprediksi meluncur kuartal ketiga 2014. (den/dew)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat