uefau17.com

Ini Peran ChatGPT yang Bikin Apple Intelligence Lebih Pintar dan Canggih - Tekno

, Jakarta - Seperti yang dirumorkan beberapa minggu lalu, Apple mengkonfirmasi di pagelaran Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024 bahwa mereka berkolaborasi dengan OpenAI untuk hadirkan ChatGPT di iPhone dan perangkat Apple lainnya.

Apple menggunakan kecerdasan buatan (AI) milik OpenAI yang berbasis GPT-4o untuk memperkuat AI Apple Intelligence berbasis cloud pada iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia.

Wakil Presiden Software Engineering Apple, Craig Federighi, sebagaimana dikutip dari Engadget, Rabu (12/6/2024), mengatakan bahwa Siri baru ini bisa memanfaatkan kecerdasan ChatGPT bila dibutuhkan.

Sebagai contoh, ChatGPT di Apple Intelligence memungkinkan pengguna untuk mencari resep masakan dengan bahan yang spesifik.

Pengguna juga bisa memasukkan foto di dalam pertanyaan, seperti menanyakan saran dekorasi rumah berdasarkan detail spesifik atau susunan warna tertentu.

Untuk mengakses fitur ChatGPT di iPhone, pengguna perlu mengizinkan akses kepada ChatGPT untuk melakukan beberapa hal yang membutuhkan AI.

Hal ini dilakukan karena ChatGPT memerlukan akses internet, sehingga pengguna yang memperhatikan privasi dapat memilih untuk tidak menggunakan ChatGPT.

Apple mengatakan pengguna dapat mengakses ChatGPT secara gratis tanpa perlu membuat akun terlebih dahulu, dan perusahaan menyebut bahwa pertanyaan dan infomasi pribadi pengguna tidak akan masuk ke dalam server.

Jika pengguna telah berlangganan layanan ChatGPT, seperti ChatGPT Plus, Teams, atau Enterprise, pengguna bisa menghubungkan akun tersebut dan menikmati berbagai fitur berbayar melalui Apple Intelligence.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Ingin Tambahkan Beberapa Model AI Selain ChatGPT

Meski Apple telah mengintegrasikan ChatGPT di Apple Intelligence, perusahaan mengatakan bahwa mereka berencana menambahkan beberapa model AI di masa depan, hal tersebut memberikan asumsi bahwa Apple tidak berencana melakukan kerja sama eksklusif dengan OpenAI dalam jangka waktu lama.

Apple menekankan bahwa pengguna dapat mengontrol kapan pengguna dapat mengakses Apple Intelligence, dan pengguna akan diminta untuk memberikan beberapa perizinan untuk setiap penggunaan ChatGPT berbasis cloud untuk memberitahukan pengguna kalau ChatGPT memerlukan akses internet.

Integrasi ChatGPT akan tersedia di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia, tetapi fitur OpenAI baru akan tersedia pada akhir tahun ini.

3 dari 4 halaman

Simak Fitur Baru iOS 18

Selain perkenalkan Apple Intelligence dengan ChatGPT, perusahaan asal Cupertino, California AS ini juga baru saja meluncurkan sistem operasi mobile mereka di ajang Worldwide Developer Conference (WWDC), yakni iOS 18.

Sesuai bocoran di internet, iOS 18 membawa sejumlah fitur baru dan menarik yang didesain agar iPhone pengguna lebih personal dan aman.

Lewat update iOS 18 ini, Apple memboyong sejumlah fitur-fitur luar biasa, termasuk tingkat penyesuaian dan kemampuan baru, aplikasi Foto dengan desain baru, dan cara-cara yang luar biasa untuk tetap terhubung melalui Pesan.

Craig juga mengatakan, “peluncuran ini juga menandai dimulainya era baru kecerdasan personal yang sangat menarik dengan Apple Intelligence."

Lewat teknologi AI ini, pengguna iPhone akan mendapatkan pengalaman intuitif, andal, dan langsung terasa kegunaannya, dengan tetap mengutamakan privasi. "Kami tidak sabar menunggu pengguna mencobanya sendiri,” ucap Craig.

Personalisasi yang Lebih Luas

Salah satu fokus utama Apple di update iOS 18 adalah personalisasi, di mana kini pengguna iPhone memiliki banyak pilihan untuk menyesuaikan tampilan iPhone mereka sesuai dengan keinginan. Hal ini termasuk:

  • Opsi home screen dan lock screen lebih beragam:

Pengguna iPhone kini dapat mengatur tata letak aplikasi dan widget dengan bebas.

  • Control center yang disesuaikan:

Pusat kontrol telah didesain ulang untuk memberikan akses yang lebih mudah ke banyak hal, sehingga pengguna iPhone dapat mengakses fitur paling sering digunakan.

4 dari 4 halaman

Peningkatan Aplikasi Bawaan

Akhirnya, iOS 18 membawa sejumlah peningkatan di beberapa aplikasi bawaan. Adapun peningkatan itu termasuk:

  • iMessage:

Aplikasi pesan milik Apple ini kini dilengkapi dengan efek teks baru, percakapan pun kini dapat menjadi lebih hidup dengan memperjelas huruf, kata, frasa, atau emoji apa pun dengan tampilan yang dinamis dan beranimasi.

Pengguna kini juga bisa mengirim pesan lewat koneksi satelit ke semua pengguna.

  • Mail:

iOS 18 akan memperkenalkan cara-cara baru bagi pengguna untuk mensortir dan kemampuan untuk menambahkan kategori baru sesuai dengan keinginan.

  • Maps:

Aplikasi Maps kini tampil lebih detail dan akurat, dengan menambahkan trek hiking.

  • Photos:

Tampilan aplikasi Foto dirombak habis-habisan, di mana kini pengguna dapat dengan mudah menemukan dan mengenang momen spesial.

Kini, pengguna iPhone dapat mengkategorikan foto sesuai keinginan dan cukup swipe ke kanan untuk melihat album favorit atau feature.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat