uefau17.com

Apple Hampir Selesaikan Kesepakatan dengan OpenAI, Bawa ChatGPT ke iPhone via iOS 18! - Tekno

, Jakarta - Rencana Apple untuk memboyong chatbot AI ChatGPT ke iPhone lewat pembaruan iOS 18 sepertinya akan menjadi kenyataan dengan bantuan OpenAI.

Ya, Apple dan OpenAI saat ini memang dikabarkan sedang melakukan pembicaraan intens untuk membawa teknologi chatbot AI tersebut ke produk buatan mereka.

Informasi kolaborasi dengan OpenAI ini diperkuat oleh laporan koresponden Bloomberg, Mark Gurman. "Apple sedang menyelesaikan kesepakatan dengan OpenAI," kutip laporan Bloomberg via PhoneArena, Minggu (12/5/2024).

Mark Gurman menyebutkan, "Pembicaraan Apple dan OpenAI terkait beberapa fitur AI generatif--seperti chatbot--akan diperkenalkan bersamaan dengan iOS 18 tahun ini."

Sayangnya, apa saja fitur-fitur tersebut belum diketahui. Namun berdasarkan informasi beredar saaat ini, aplikasi iOS 18 tertentu akan terintegrasi dengan AI.

Beberapa aplikasi tersebut, antara lain Safari dan Messages. Kemungkinan, aplikasi bawaan iOS itu akan dilengkapi dengan fitur AI yang dapat meringkas konten di layar hanya dengan menggunakan kata kunci.

Selain itu, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga ingin merombak besar-besaran asisten virtual mereka yaitu Siri. Disebutkan, Siri akan tampil lebih pintar berkat teknologi AI ini.

Pada saat sama, OpenAI diyakini sedang mengerjakan asisten digital mereka sendiri dan tidak diketahui apakah hal tersebut terkait dengan pengembangan Siri atau tidak.

Selain OpenAI, raksasa teknologi ini juga disebut-sebut masih dalam pembicaraan dengan Google tentang menghadirkan fitur AI generatif Gemini ke iPhone.

Sejauh ini, belum ada laporan kelanjutan tentang kolaborasi Apple dan Google ini. Pastinya, informasi lebih lanjut tentang rencana Apple dengan AI ini pada 10 Juni mendatang di WWDC 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Minta Maaf atas Iklan iPad Pro 2024 yang Kontroversial

<p>iPad Pro 2024 Tampil dengan Layar Lebih Canggih dan Chipset Super Cepat, Harganya? (Doc: Apple)</p>

Iklan iPad Pro terbaru milik Apple menuai kritik pedas dari banyak pihak, khususnya dari kalangan komunitas kreatif.

Sebagai konteks, Apple memperkenalkan iPad Pro terbaru mereka dengan chipset M4 dan tampil sebagai produk paling tipis buatan perusahaan.

Sebagai bentuk promosi berbagai hal kreatif yang bisa dilakukan oleh iPad Pro terbaru itu, Apple menayangkan iklan berjudul "Crush!" yang memperlihatkan berbagai benda, seperti piano, cat, hingga pemutar rekaman diratakan oleh mesin press hidrolik.

Pada akhir iklan iPad Pro tersebut dan mesin press hidrolik kembali terbuka, yang tersisa hanyalah tablet teranyar milik perusahaan. Sontak, kritik pedas tentang iklan iPad Pro 2024 pun dilayangkan berbagai pihak.

3 dari 4 halaman

Apple: Kami Meleset dari Sasaran

Hugh Grant menyebutnya sebagai “penghancuran pengalaman manusia,” sementara direktur Handmaid’s Tale, Reed Morano, mengatakan kepada CEO Apple Tim Cook untuk “membaca ruangan” dalam sebuah postingan di X.

Sadar iklan tersebut menjadi pembicaraan, Tor Myhren, Apple’s vice president of marketing mengeluarkan pernyataan. Dilansir Ad Age, Jumat (10/5/2024), Tor mengatakan, Apple telah "meleset dari sasaran."

“Kreativitas ada dalam DNA kami di Apple, dan sangat penting bagi kami untuk merancang produk yang memberdayakan orang-orang kreatif di seluruh dunia,” kata Myhren kepada Ad Age.

“Tujuan kami adalah untuk selalu merayakan berbagai cara pengguna mengekspresikan diri dan mewujudkan ide-ide mereka melalui iPad. Kami meleset dari sasaran dalam video ini, dan kami minta maaf.”

4 dari 4 halaman

Muncul Sebelum WWDC 2024

Ditambah, iklan ini dimunculkan beberapa minggu sebelum ajang WWDC 2024 di gelar dan digadang-gadang akan menjadi momen Apple memperkenalkan fitur AI generatif di iOS 18.

AI generatif, seperti yang sudah Anda ketahui membutuhkan sesuatu untuk dilatih. Kecerdasan buatan tersebut belajar dari konten yang ada untuk membuat kata-kata, musik, gambar, suara, dan masih banyak lagi.

Di era AI generatif masih dianggap sebagai "pembunuh" lapangan pekerjaan manusia, Apple gagal total dalam memberikan pesan yang diinginkan ke dalam iklan iPad Pro terbarunya.

Terlepas dari hal tersebut, setidaknya Apple sudah melayangkan permintaan maaf. Namun, sepertinya hal ini tidak akan berhenti di sini, mengingat WWDC 2024 akan segera digelar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat