uefau17.com

Beri Dukungan untuk Palestina, Profil Instagram Prabowo Berubah Jadi Semangka - Tekno

, Jakarta - Tragedi kemanusiaan di Gaza akibat serangan udara Israel yang membombardir masyarakat sipil Palestina membuat gerakan solidaritas mendukung Palestina di berbagai negara.

Dalam berbagai video yang beredar di media sosial, aksi solidasitas mendukung Palestina terjadi di Madrid, Spanyol, Inggris, New York, Seoul, Korea Selatan, sampai ke Indonesia.

Tidak cukup dengan turun ke jalan menyuarakan dukungan kemanusiaan untuk Palestina, dunia maya juga jadi tempat memberikan dukungan.

Emoji semangka sebagai bentuk solidaritas dukungan buat Palestina diunggah di medsos oleh berbagai akun. Bahkan, profil Instagram milik Menhan sekaligus Capres Indonesia Prabowo Subianto kini juga berubah jadi gambar semangka.

Foto profil Instagram Prabowo Subianto memperlihatkan tiga irisan buah semangka, yang kini jadi simbol dukungan untuk Palestina.

Akun Instagram Prabowo dengan 6,3 juta pengikut itu biasanya mengunggah kegiatan-kegiatan Prabowo sebagai menteri di kabinet Presiden Jokowi.

Foto unggahan terbaru yang diunggah di akun Instagram @prabowo juga memperlihatkan aktivitasnya mendampingi Presiden Jokowi dalam melepas bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk Palestina.

Tampak dalam foto tersebut, barisan menteri dan pejabat hingga Kapolri turut mendampingi Jokowi melepas bantuan berisi 51,5 ton bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya.

Prabowo juga mengutuk tragedi kemanusiaan yang terjadi di Gaza. "Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina," katanya di akhir keterangan foto.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keterangan Instagram Prabowo

Begini keterangan di akun Instagram Prabowo Subianto tentang dukungannya ke Palestina:

 

"Presiden RI @jokowi melepas bantuan kemanusiaan tahap pertama untuk Palestina sebesar 51.5 ton berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza.

Tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan.

Indonesia akan terus bersama perjuangan bangsa Palestina."

 

Unggahan ini pun menuai berbagai komentar positif dari warganet. 

3 dari 4 halaman

Emoji Semangka Palestina

Sebelumnya sebagaimana dikutip dari Time, semangka sebagai simbol dukungan muncul setelah Perang Enam Hari alias Six-Day War pada 1967, saat itu Israel menguasai Tepi Barat dan Gaza serta mencaplok Yerusalem Timur.

Kala itu, pemerintah Israel menjadikan pengibaran bendera Palestina di depan umum sebagai pelanggaran pidana di Gaza dan Tepi Barat.

Untuk menghindari larangan tersebut, warga Palestina mulai menggunakan semangka sebagai upaya mereka tetap bisa mengibarkan 'benderanya'.

Pasalnya, ketika dibelah, buah tersebut memiliki unsur warna bendera Palestina, yakni merah, putih, hijau, dan hitam yang direpresentasikan dari biji semangka.

Namun upaya itu juga tidak mudah. Pasalnya pemerintah Israel tidak hanya menindak tegas pengibaran bendera, tetapi penggunaan benda lain dengan warna-warna serupa.

Seorang seniman Sliman Mansour bercerita pada The National pada 2021, bahwa di 1980 pejabat Israel menutup pameran di 79 galeri di Ramallah yang menampilkan karya Mansour dan karya lainnya.

"Mereka mengatakan kepada kami bahwa mengecat bendera Palestina itu dilarang. Seniman Issam Badrl pun bertanya, 'bagaimana jika saya membuat bunga berwarna merah, hijau, hitam, dan putih?'" kata Mansour dalam ceritanya.

Mansour melanjutkan, petugas tersebut menjawab dengan marah bahwa lukisan atau apa pun dengan warna tersebut bakal disita. Sang petugas menambahkan, semangka pun akan disita.

4 dari 4 halaman

Ramai Dipakai di Medsos

Media sosial menjadi tempat bagi warganet untuk mengungkapkan dukungan mereka terhadap Palestina yang terus digempur tentara Israel.

Laman Commitee to Protect Journalist per 1 Oktober 2023 menyebutkan, lebih dari 8.500 warga Palestina meninggal dunia akibat serangan.

Para pengguna pun mengunggah Instagram Stories berisi dukungan terhadap Palestina disertai dengan bendera Palestina hingga emoji semangka.

Di Instagram misalnya, pengguna juga bisa melihat sejumlah teman mereka mengunggah emoji semangka di bagian status Instagram. Emoji semangka ini juga jadi bagian dari upaya warganet Tanah Air bersolidaritas kepada Palestina.

Mungkin sebagian dari kamu bertanya-tanya apa sih maksud emoji semangka yang banyak diunggah pengguna medsos di akun jejaring sosialnya?

Mengutip Time, Kamis (2/11/2023), emoji semangka alias watermelon menjadi simbol yang begitu kuat untuk memperlihatkan dukungan bagi Palestina.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat