uefau17.com

Presiden Jokowi Posting Ucapan Maulid Nabi 1445 H, Warganet Salfok Gojo Satoru - Tekno

, Jakarta - Dalam perayaan Hari Besar Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal Hijriah atau 28 September 2023, sejumlah tokoh terkemuka di Indonesia memberikan ucapan melalui laman pribadi media sosial mereka. Salah satunya adalah Presiden Jokowi. 

Seperti kebiasaannya, Presiden Jokowi sering mengunggah foto ucapan perayaan hari besar atau hari libur nasional dengan desain kartun yang menarik. 

Hal ini selalu menarik perhatian warganet, yang tidak jarang turut meramaikan ucapan tersebut dengan mencari kejutan yang biasanya diselipkan dalam foto ucapan dari Presiden Jokowi.

Pada peringatan Maulid Nabi tahun 1445 Hijriah ini, warganet kembali memberikan perhatian khusus terhadap beberapa easter egg yang tersembunyi dalam foto ucapan tersebut. 

Dalam artikel ini, Tekno akan mengumpulkan tanggapan dan reaksi warganet terhadap foto ucapan Maulid Nabi yang dibagikan oleh Presiden Jokowi seperti dikutip, Kamis (28/9/2023).

Tak sedikit warganet mengucapkan kalimat shalawat, ada juga yang menceritakan harapannya agar masyarakat Indonesia menjadikan Nabi Muhammad SAW panutan dalam hidupnya.

Selain itu, banyak warganet yang memiliki julukan ‘Pemburu Oyen’ sedang mencari keberadaan kucing oren yang sering muncul pada foto ucapan Presiden Jokowi.

“Yang pertama dicari adalah si oyen 😻 ---->>” ucap salah seorang warganet. “Team pemburu oyen hadirrrr😍” tambah warganet lainnya.

Ada juga yang menemukan ‘si Oyen’ “Oyen lagi rebahan gaees…”

Tak hanya kucing, warganet juga menyoroti parodi Gojo Satoru yang terbelah menjadi dua, “APA APAAN ITU ADA GOJO KEBELAH DUA” ucap warganet menanggapi ‘easter egg’ Gojo.

Warganet lain menanggapi terbelahnya badan Gojo dengan sebutan ‘Kiko’, “Waduh ada kiko” ucapnya.

“Hidup lagi cape cape nya malah liat poster maulid ada gojo yg kebelah🙂” eluh salah satu warganet.

Selain Gojo dan kucing oren, warganet juga terkaget dengan kemunculan ‘mas-mas gwenchana’ yang sedang ramai diparodikan. “Terpantau ada abang gwenchana” celetuk salah seorang warganet.

“Emang bole se gwenchana itu 😂” sebut warganet lain dengan bercanda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Libur Maulid Nabi 2023 Jatuh pada 28 September 2023, Ada Cuti Bersama? Simak Penjelasannya

Untuk diketahui, Rabiul Awal disebut juga dengan bulan Maulid, karena pada bulan tersebut Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Oleh karena itu, pada tahun ini peringatan kelahiran Nabi Muhammad jatuh pada Kamis (28/9/2023).

Maulid Nabi sudah menjadi bagian dari tradisi umat Islam yang tidak bisa dipisahkan dari budaya Nusantara. Setiap daerah di Indonesia memiliki adat dan ciri khas tersendiri dalam merayakan Maulid Nabi, mulai dari acara sederhana di surau-surau kecil hingga acara megah nan meriah.

Memang, ada sebagian kecil kelompok masyarakat yang menolak perayaan Maulid Nabi. Mereka menganggap perayaan Maulid Nabi sebagai bid’ah yang tidak layak dilakukan.

Tapi hal itu dapat dengan mudah dipatahkan oleh ulama-ulama ahlussunnah wal jama’ah, salah satunya Sayyid Muhammad al-Maliki.

Hingga kini, setiap 12 Rabiul Awal umat Islam di berbagai belahan dunia merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Peringatan hari kelahiran manusia agung ini dikenal dengan Maulid Nabi.

Untuk merayakan Maulid Nabi, seorang muslim penting mengetahui 12 Rabiul Awal bertepatan tanggal berapa dan hari apa dalam kalender Masehi. Mengingat terdapat perbedaan setiap tahunnya antara kalender Hijriyah dengan Masehi.

Jika mengacu pada kalender 1445 H yang diterbitkan Kementerian Agama Republik Indonesia, 1 Rabiul Awal 1445 H jatuh pada hari Ahad, 17 September 2023. Dengan demikian, 12 Rabiul Awal 1445 H atau peringatan Maulid Nabi tahun ini bertepatan dengan hari Kamis, 28 September 2023.

Dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023, pada 28 September 2023 adalah hari libur untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

3 dari 3 halaman

Tidak Ada Cuti Bersama Maulid Nabi 2023

Lantas, apakah libur Maulid Nabi 2023 ada cuti bersama? Sayangnya, hal tersebut tidak berlaku untuk peringatan Maulid Nabi 2023.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, berdasarkan SKB Tiga Menteri, tidak ada cuti bersama yang mengiringi Maulid Nabi 2023, baik pada 27 maupun 29 September 2023.

Adapun pemerintah hanya menetapkan 1 hari libur nasional untuk peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 2023. Artinya, masyarakat hanya akan menikmati 1 hari libur, yaitu pada Kamis (28/9/2023).

Perlu diketahui, sepanjang 2023 pemerintah menetapkan ada 27 hari tanggal merah. Rinciannya, sebanyak 16 hari libur nasional dan 11 hari cuti bersama. Dari semua hari tersebut, tersisa tiga hari tanggal merah selama 2023 ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat