uefau17.com

3 Cara Bikin Animasi GIF di iPhone, Mudah Banget! - Tekno

, Jakarta - Gambar bergerak berformat GIF masih jadi hal yang populer di kalangan pengguna internet dan media sosial. Dengan munculnya media sosial dan berbagai meme kocaknya, animasi bergerak berulang ini masih banyak peminatnya.

GIF ternyata bisa dibuat sendiri tanpa perlu banyak software editing di komputer atau laptop. Pengguna hanya butuh sebuah smartphone untuk membuat animasi GIF-nya sendiri.

Untuk pengguna iPhone, ada sejumlah cara mudah untuk membuat animasi GIF. Apa saja? Yuk simak tips membuat animasi GIF di iPhone, dikutip dari Macworld, Rabu (13/9/2023):

1. Simpan Live Photo sebagai GIF

Cara buat GIF di iPhone yang pertama, fitur Live Photos di iPhone memungkinkan pengguna menangkap gambar beberapa detik untuk dijadikan animasi. Nah, untuk mengubahnya jadi GIF, kamu bisa buka aplikasi Photos.

Lalu, kamu bisa temukan foto-foto yang dijepret dengan Live Photos untuk diubah menjadi GIF.

  • Pengguna bisa mudah menemukannya dengan memilih Album di bagian bawah aplikasi, lalu gulir ke bawah ke Media Types. Live Photos akan jadi salah satu pilihannya.
  • Saat Live Photos dipilih, kamu bisa usap ke arah atas dan buka sejumlah efek. Sebuah peta bakal memperlihatkan di mana foto ini dijepret dan berbagai jenis kategori gambar terkait.
  • Pilih salah satu, baik animasi Loop atau Bounce.
  • Selanjutnya, jika kamu buka di menu Share untuk mengirimkan GIF tersebut ke email atau tweet, bakal terkirim sebagai GIF.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Pakai Shortcut untuk Bikin GIF

Jika kamu menahan tombol rana atau shutter di aplikasi kamera iPhone, kamu akan mengambil gambar diam secara berurutan sangat cepat pada resolusi penuh.

Cara ini tak semulus Live Photos, namun kualitas gambarnya jauh lebih tinggi dan pengguna dapat terus memotret selama beberapa detik.

Tidak ada cara bawaan untuk mengubah gambar burst menjadi GIF, namun pengguna bisa melakukan dengan mudah menggunakan aplikasi Shortcut. Caranya?

  • Pastikan kamu memiliki aplikasi Shortcut
  • Unduh pintasan Convert Burst ke GIF
  • Jalankan pintasannya, hal ini akan menampilkan daftar semua foto burst yang pernah diambil. Pilih salah satu dan tunggu beberapa detik hingga berubah menjadi GIF.
  • Pilih Selesai dan kamu akan diminta membagikan GIF atau Simpan ke Foto.
3 dari 3 halaman

3. Pakai Aplikasi Pembuat GIF dalam Hal ini Giphy

Cara lain untuk membuat GIF adalah dengan aplikasi pembuat GIF yang memungkinkan kamu mengambil video-video baru, tambahkan stiker, teks, dan efek AR serta lain-lain.

Salah satu aplikasi tersebut adalah Giphy. Ini memungkinkan kamu menelusuri dan berbagi dari perpustakaan besar GIF di situs, mengambil gambar atau video dari perpustakaan Foto ponsel kamu atau merekam dan edit video baru.

Sebelumnya, Giphy memiliki aplikasi terpisah untuk semua pembuatan GIF atau Giphy Cam, namun belum diperbarui sejak tahun 2017. Sejak itu, semua fiturnya dimasukkan ke aplikasi utama Giphy.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat