uefau17.com

Apple Ingatkan Pengguna Tak Isi Daya iPhone Sembari Ditinggal Tidur, Ternyata Berbahaya! - Tekno

, Jakarta - Apple mengingatkan pengguna untuk tidak mengisi daya iPhone sembari ditinggal tidur. Hal ini diungkapkan Apple melalui laman dukungannya.

Dalam laman dukungan tersebut, mengingatkan pengguna agar tidak menaruh ponsel di tempat tidur saat sedang diisi daya smartphone.

Mengutip Gizchina, Minggu (20/8/2023), tujuan utama dari peringatan ini adalah mengedukasi pengguna dalam mempertahankan kebiasaan pengisan daya yang aman pada iPhone mereka.

Langkah kecil ini penting untuk mencegah kecelakaan yang disebabkan dari aktivitas rutin, yakni mengisi daya ponsel.

Para penasihat di Apple menujukkan nasihat ini bagi para pengguna yang sering terbiasa tidur dengan iPhone di tangan mereka, saat sedang diisi daya.

Pakar teknologi dan petugas kebakaran sebelumnya menyebutkan, kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya ini sebenarnya bisa menimbulkan konsekuensi bencana. Bahkan bisa menyebabkan potensi kebakaran.

Untuk itulah Apple begitu menyarankan pengguna untuk tidak mengisi perangkat elektronik mereka di area yang menghambat pembuangan panas.

Apple juga merekomendasikan pengguna untuk tidak menaruh iPhone yang sedang diisi daya di dekat kulit, bantal, atau selimut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jangan Letakkan iPhone yang Lagi Diisi Daya di Atas Kasur dan Selimut

Panduan Apple berbunyi, "Misalnya jangan tidur dengan perangkat adaptor daya, pengisi daya nirkabel, atau meletakkannya di bawah selimut, bantal, atau bawah tubuh Anda saat terhubung ke sumber daya."

Apple lebih lanjut menegaskan, pengguna untuk mengisi daya perangkat di area yang memiliki ventilasi yang baik.

"Skenario ideal adalah meletakkan iPhone Anda di atas meja atau permukaan yang memungkinkan pembuangan panas efektif selama proses pengisian daya," kata pihak Apple.

Selain Apple, beberapa petugas pemadam kebakaran juga memulai kampanye kesadaran untuk mencegah praktik tidur sambil mengisi daya ponsel, terutama di tempat dengan ventilasi yang buruk.

Isi Daya iPhone Semalaman, Aman?

Bagaimana dengan pengisian daya semalaman? Sebenarnya Apple tidak memberikan larangan terhadap hal ini.

Namun laman dukungan Apple menyebut, selama pengguna mengisi daya iPhone di ruangan berventilasi baik, seharusnya pengisian daya bersifat aman.

3 dari 5 halaman

Pentingnya Ruangan Berventilasi Saat Isi Daya Ponsel

Dengan kata lain, sebenarnya tidak ada yang salah jika pengguna meninggalkan iPhone mereka diisi daya semalaman, yang penting tidak ditempatkan di atas kasur, bantal, atau selimut. Selain itu faktor ventilasi juga jadi hal yang penting.

Meski begitu, kekhawatiran mengenai isi daya semalaman terutama terkait tekanan yang ditimbulkan pada baterai perangkat. Masalah ini tengah dicoba atasi oleh manufaktur dengan solusi software.

Misalnya Apple memperkenalkan fitur optimize battery charging di iOS 13. Tujuannya adalah memperlambat proses pengisian daya ketika baterai mencapai kapasitas 80 persen.

Langkah ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan pada baterai selama periode pengisian yang lama. Namun demikian, kalau kamu terbiasa isi daya iPhone semalaman, sebaiknya pertimbangkan lagi hal ini.

4 dari 5 halaman

Bahaya Isi Daya iPhone Sambil Ditinggal Tidur

  1. Mengalami overheating atau panas berlebih. Ketika iPhone diisi daya, iPhone mengumpulkan panas. JIka perangkat ditutup atau tidak berada di area berventilasi baik, panas bisa memuncak dan membuat ponsel mengalami panas berlebih.
  2. Hal ini bisa merusak baterai dan komponen-komponen lainnya, bahkan dalam sejumlah kasus bisa menimbulkan percikan api.
  3. Kejutan Listrik: Jika charger tidak terpasang dengan benar atau port pengisi daya ponsel rusak, ada risiko sengatan listrik. Hal ini berbahaya jika kamu tidur dengan ponsel di samping wajah atau tubuh kamu.
  4. Kebakaran: Jika ponsel terlalu panas atau terjadi korsleting pada pengisian daya, ada risiko kebakaran. Inilah mengapa penting untuk tidak mengisi daya iPhone di bawah selimut atau bantal.
  5. Kerusakan di ponsel: Jika ponsel terjatuh atau terbentur saat isi daya, ponsel bisa rusak. Hal ini lebih mungkin jika ponsel tidak berada di lokasi yang aman.
  6. Gangguan tidur: Cahaya dari layar ponsel bisa menganggu tidur kamu.

 

 

5 dari 5 halaman

Tips Apple untuk Pengisian Daya:

  1. Pakai charger resmi dari Apple
  2. Isi daya ponsel di area ventilasi baik
  3. Jangan tutupi ponsel saat sedang diisi daya
  4. Jangan tidur di samping iPhone atau ponsel
  5. Jauhkan iPhone yang diisi daya dari cairan dan benda cair lainnya.
  6. Periksa charger dan ponsel secara berkala saat diisi daya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat