uefau17.com

Idul Adha Muhammadiyah Hari Ini 28 Juni 2023, Ucapan Selamat Idul Adha Bergema di Twitter - Tekno

, Jakarta - Muhammadiyah melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriah pada Rabu, 28 Juni 2023 di sejumlah tempat, salah satunya di Gedung Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.

Sebagian besar umat muslim yang telah lebih dahulu menjalankan salat Idul Adha 2023 ini membuat dunia maya dipenuhi dengan ucapan Selamat Idul Adha hingga menjadi trending topic Twitter, Rabu (28/6/2023).

Beberapa trending topic Twitter terkait dengan Hari Raya Idul Adha antara lain adalah Idul Adha, Arafah, Muhammadiyah, Eid Mubarak, hingga Puasa.

Ucapan Selamat Idul Adha pun dikicaukan bagi mereka yang telah merayakan Idul Adha pada hari ini. Sementara, sebagian umat muslim akan melaksanakan salat Idul Adha pada esok hari, Kamis 29 Juni 2023.

"Selamat idul adha buat yang merayakan hari ini ya," kata @swe***.

"Met Idul Adha Muhammadiyah," kata pengguna dengan akun @nbl***.

"Selamat hari raya Idul adha, semoga qurban kita diterima Allah SWT dan digantikan pahala berlipat serta rezeki yang cukup buat qurbann tahun depan," kata @for***.

Ada pula warganet yang curhat masih harus bekerja di tengah sebagian umat Muslim yang menjalankan Idul Adha pada Rabu ini. "Ya Allah ini Idul Adha loh dan H-2 kelar magang w masih diuber kerjaan baru," kata @swe***.

"Di tempat kerja gak ada edaran sama sekali soal Idul Adha apalagi kompensasi bagi yang merayakan berbeda dengan versi pemerintah. Sudah saya tebak dari awal, makanya saya ambil cuti jauh-jauh hari, sengaja pula saya pakai buat alasan biar pasti di-acc atasan," kata @yun***.

"Happy Idul Adha, di emakku masih besar," kata @zee***.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Salat Idul Fitri di Gedung PP Muhammadiyah

Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy melaksanakan salat Idul Adha 1444 Hijriah pada Rabu (28/6/2023) di Gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.

Selain Muhadjir, nampak pula hadir Duta Besar Republik Indonesia (RI) untuk Beirut Hajriyanto Y Thohari juga melaksanakan shalat Idul Fitri di Gedung PP Muhammadiyah Jakarta Pusat.

Pada kesempatan ini, Muhadjir menyarankan agar jemaah Muhammadiyah yang menyelenggarakan Salat Idul Adha hari ini sekiranya menyembelih hewan kurban pada Kamis, 29 Juni 2023.

"Saya menyarankan untuk Salat Idul Adha hari ini supaya tidak langsung melakukan penyembelihan kurban," kata dia.

Hal ini, kata dia dimaksudkan agar ada keseragaman dengan umat muslim yang menyelenggarakan Salat Idul Adha pada hari Kamis. Muhadjir sendiri tak melaksanakan kurban di kantor lamanya.

"Jadi penyembelihan kurbannya besok bersama-sama dengan saudara-saudara kita yang melaksanakan Idul Adha besok ya, biar lebih kompak," ucap dia.

3 dari 4 halaman

Tak Ada Penyembelihan Hewan Kurban di Gedung PP Muhammadiyah

Di sisi lain, Ketua Penyelanggara Salat Idul Adha PP Muhammadiyah, Zaenal Abidin mengungkapkan bahwa tidak ada penyembelihan hewan kurban di kantor pusat.

"Hewan kurban ada 17 ekor sapi, kambing belum ada. Hewan kurban ini yang sebanyak 17 sudah distribusikan kepada pimpinan cabang Muhammadiyah se-Jabodetabek, dan nanti kita gak ada pemotongan di Menteng," kata dia.

Lebih lanjut, Zaenal Abidin mengatakan ada 40 titik yang akan disebar daging sembelihan hewan kurban berupa sapi.

"Seperti pesantren, panti yatim itu kita drop ke sana, drop hidup bukan drop potong," kata dia.

4 dari 4 halaman

Ajakan untuk Hargai Perbedaan

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Amirsyah Tambunan menyebut perbedaan waktu Hari Raya Idul Adha pada 28 dan 29 Juni justru menjadi kesempatan untuk saling menghargai perbedaan.

Amirsyah mengatakan Hari Raya Idul Adha kali ini sudah sepatutnya dimaknai sebagai bagian dari momentum kesyukuran terhadap bangsa dan negara yang saat ini menyelenggarakan Idul Adha pada dua waktu yang berbeda.

"Momentum Idul Adha kali ini kita memaknai dengan saling menghargai dan menghormati perbedaan. Kalau tidak ada perbedaan, tidak muncul pertanyaan bagaimana menyikapi (perbedaan)," kata Amirsyah usai Shalat Idul Adha di Masjid Raya Al Isra, Tanjung Duren, Jakarta Barat.

"Satu di antaranya karena tidak bersamaan Idul Adha, maka masyarakat bisa melihat, ini lo pilihan Idul Adha tanggal 28 Juni, ini Idul Adha tanggal 29 Juni," ungkap dia menjelaskan.

Sementara Amirsyah menyarankan agar pemotongan hewan kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan (RPH).

"Penyembelihan ini penting, dan sekarang juga sudah teknologi penyembelihan sudah sangat canggih. Saya juga menyarankan penyembelihan kurban itu di RPH. Kenapa, karena dengan di rumah potong hewan itu bisa lebih higienis, lebih tertib," ungkap dia.

Ia melanjutkan memang tidak ada salahnya kalau dilakukan di lingkungan masjid, tetapi dengan catatan pentingnya menjaga ketertiban kebersihan dan kedamaian supaya tidak mengganggu lingkungan sekitar.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat