uefau17.com

Viral Foto Elon Musk Berciuman dengan Robot Humanoid, Asli atau Buatan? - Tekno

 

, Jakarta - Foto Elon Musk tengah mencium robot humanoid viral di internet. Foto tersebut membuat seantero internet bingung, apakah gambar tersebut asli?

Sekadar informasi, foto-foto tersebut memperlihatkan miliarder 51 tahun tersebut mencium robot wanita. Foto ini diunggah oleh pengguna Twitter Daniel Marven. Ia adalah influencer dan entrepreneur online.

Dalam foto tersebut, Daniel menuliskan keterangan, "Elon Musk mengumumkan calon istri, siapa dia?"

Terlepas dari itu, di sampingnya, Daniel mengungkapkan bahwa robot tersebut dirancang menggunakan kecerdasan buatan dan memakai kepribadian sebagai sejumlah perempuan.

"Ini adalah robot pertama yang secara spesifik dibuat dengan dukungan artificial intelligence dengan kepribadian dan karakteristik perempuan-perempuan yang diimpikannya, yang tidak ditemukan di perempuan normal lainnya. Tidak ada perempuan normal yang memenuhi berbagai spesifikasi tersebut," kata Daniel, sebagaimana dikutip dari News18.com, Rabu (31/5/2023).

Selain itu, Daniel juga memperkenalkan nama robot humanoid itu, yakni Catniall. Catniall bekerja ditenagai energi matahari.

Diklaim pula, mesin yang terlihat dalam wujud perempuan ini dapat berjalan tanpa diisi daya dan dilengkapi dengan kabel sensorik yang memungkinkannya merasakan berbagai emosi.

"Catniall bekerja dengan energi matahari tanpa mengisi daya, dilengkapi dengan sarana sensorik yang membuatnya merasa sedih dan bahagia. Ia juga memiliki pola pikir yang seimbang dan interaktif, sehingga ia dapat membagikan emosi jika robot tersebut menghadapi tekanan psikologis apa pun," kata Daniel.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lantas, bagaimana kebenaran foto viral ini?

Kenyataannya, foto-foto Elon Musk bersama para robot humanoid itu dipalsukan.

Pengguna Twitter itu sendiri mengungkapkan bahwa gambar Elon Musk mencium robot itu sebenarnya dibuat dengan bantuan kecerdasan buatan.

Daniel menambahkan, tujuan utama di balik penciptaan foto ini adalah untuk membuat orang sadar akan bahaya AI.

"Postingan tersebut untuk mengklarifikasi bahaya AI (kecerdasan buatan) di masa mendatang, terutama setelah Tesla Company merilis robot terintegrasi pertama yang bernama Optimus," tutur Daniel.

Sekadar informasi, tahun lalu CEO Tesla Elon Musk mengungkapkan prototipe robot humanoid "Optimus" yang dibuat dengan perangkat lunak dan sensor AI.

 

3 dari 3 halaman

Reaksi Warganet

Awalnya, pengguna media sosial terkejut dengan visual yang aneh itu. Sementara, beberapa tertipu karena foto tersebut. Ada pula yang dengan cepat mengidentifikasi foto tersebut palsu.

Sebagian pengguna Twitter juga mengunggah komentar lucu tentang foto tersebut. "Setidaknya saya tahu ketika foto ini dibuat-buat, saya cukup menekan ctrl alt delete dan dapat me-reset dan melupakannya. Menyelematkan saya dari sakit kepala," kata warganet tersebut.

"Ini adalah foto-foto hasil ciptaan AI. Buka mata dan lihatlah," kata warganet lain.

Warganet lain bilang, "Serius, jangan bilang ini semua adalah foto hasil buatan AI."

Pengguna Twitter lain menambahkan, "Unggahan ini mengklarifikasi bahaya AI, di mana AI dipakai untuk menciptakan foto-foto seperti ini untuk membuat orang berpikir foto-foto tersebut nyata."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat