uefau17.com

Kedaulatan Cloud Jadi Kunci Keamanan Bisnis di Masa Depan - Tekno

, Jakarta - Berbagai bisnis di Asia Tenggara mulai melirik ke kedaulatan cloud (cloud sovereignty), sebagai solusi terhadap dinamika peraturan perlindungan data dan privasi yang semakin kompleks.

Demi pertemubuhan dan transformasi bisni yang besar, VMware telah menggandeng 19 mitra di wilayah Asia Pasifik dan Jepang (APJ) selama setahun terakhir.

Adapun mitra-mitra tersebut termasuk perusahaan penting di beberapa negara, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Indonesia, dan mereka bekerja sama dengan VMware untuk menyediakan layanan cloud sovereignty ke pelanggan mereka.

Dalam mengembangkan bisnis ke berbagai negara, perusahaan-perusahaan harus mempertimbangkan strategi cloud mereka dan cara mengakses serta mengendalikan data mereka, terutama bagi perusahaan berada dalam industri diatur pemerintah.

Menurut survei IDC dalam White Paper yang berjudul "Deploying the Right Data to the Right Cloud in Regulated Industries" pada Juni 2021, 63 persen responden menyatakan kontrol yurisdiksi dan otoritas penuh atas data sangat penting dalam solusi cloud mereka.

Hal ini menunjukkan, bisnis sekarang semakin membutuhkan infrastruktur cloud memberikan transparansi, visibilitas data, dan kontrol residensi data yang ketat.

"Kedaulatan cloud bukan hanya menjadi keinginan, melainkan suatu keharusan yang lahir dari konvergensi berbagai faktor," kata Paul Simos, Wakil Presiden dan Managing Director VMware untuk Asia Tenggara dan Korea dalam keterangan resminya, Sabtu (20/5/2023).

"Faktor seperti pertumbuhan inovasi teknologi yang cepat, volume data yang terus meningkat, sensitivitas data, dan perlunya menjaga integritas data menjadi pemicu kedaulatan cloud."

Dengan membangun infrastruktur cloud yang aman dan tangguh, bisnis dapat membuka peluang untuk meningkatkan skala melalui multi-cloud, mengembangkan ekosistem data yang kolaboratif, dan membuka aplikasi penting berbasis data dengan risiko yang lebih rendah.

Sebagai penyedia layanan VMware Sovereign Cloud, Paul meyakini perusahaan sudah berada dalam posisi tepat untuk mengatasi tantangan dan wilayah belum terjamah, serta membantu pelanggan mencapai transformasi besar dalam skala yang sesuai dengan kapasitasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Solusi SaaS VMware untuk Sovereign Cloud

Ilustrasi Cloud

VMware terus membangun portofolio penawaran SaaS dengan kedaulatan cloud. Para mitra VMware memberikan layanan SaaS berdaulat secara native dengan perangkat lunak VMware yang berjalan dalam pusat data cloud berdaulat mereka, yang sepenuhnya terputus dari Internet publik.

Semua data tetap berada di dalam negeri dan hanya dalam wilayah kedaulatan tertentu, tanpa akses dari yurisdiksi asing Sistem keamanannya juga memastikan tidak ada data atau meta data yang keluar dari negara atau penyedia.

Di ajang VMware Explore 2022, perusahaan mengumumkan solusi VMware Tanzu di Sovereign Cloud, paket VMware Aria Operations Compliance untuk Sovereign cloud, dan solusi ekosistem terbuka yang baru.

Berbagai inovasi baru dari Sovereign SAAS ini memungkinkan para mitra untuk memberikan layanan yang setara dengan layanan cloud publik.

Dengan Sovereign SaaS, VMware Sovereign Cloud Provider dapat membangun solusi berbeda untuk mengatasi beban kerja modern, menyederhanakan operasi dengan pemantauan terhadap kepatuhan regulasi yang berkesinambungan, serta mendukung monetisasi data dengan risiko yang lebih rendah.

Untuk memperlihatkan nilai Kemitraan Sovereign Cloud VMware di berbagai industri dan geografis, para mitra VMware berbagi informasi berikut ini.

"Kami sangat senang dapat bermitra dengan VMware untuk menghadirkan solusi teknologi mutakhir melalui inisiatif Deka Sovereign Cloud yang ditujukan bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan perlindungan lebih terhadap data yang tersimpan di Private Cloud."

Gabungan keahlian dan inovasi kedua pihak memungkinkan perusahaan tersebut menyediakan infrastruktur cloud yang aman dan andal, serta memenuhi kebutuhan spesifik dari instansi pemerintah dan industri kritikal lainnya.

"Kami berharap dapat mendukung transformasi digital dan memberdayakan pelanggan kami untuk mencapai tujuan mereka dalam lanskap teknologi yang berkembang pesat saat ini." ujar Ginandjar, Commerce Director Lintasarta.

3 dari 4 halaman

Deretan Inovasi VMware untuk Dukung Teknologi 5G hingga Solusi Multi Cloud

VMWare Dorong Transformasi Industri Telko. (Doc: VMware)

VMware baru saja memperkenalkan deretan inovasi terbaru mereka pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2023 yang diadakan di Barcelona.

Di MWC 2023, VMware menampilkan berbagai inovasi yang dirancang untuk menunjang kebutuhan kalangan Communications Service Providers (CSPs) atau perusahaan penyedia layanan.

Perubahan dan Modernisasi Jaringan CSPs

VMware menyatakan, perusahaan penyedia layanan perlu melakukan perubahan dengan memodernisasi jaringan dan memonetisasi layanan mereka.

Sanjay Uppal, Senior Vice President and General Manager, Service Provider and Edge, VMware mengatakan, "Penyedia layanan perlu melakukan perubahan dengan memodernisasi jaringan serta bagaimana memonetisasi layanan mereka."

Dia juga menyatakan, "Perusahaan butuh dukungan lebih baik, lebih aman, serta andal dalam menghantarkan aplikasi, data dan layanan pada lingkungan edge, baik itu di kantor-kantor cabang, pabrik, klinik, hingga di ranah ritel."

4 dari 4 halaman

Solusi Multi Cloud

<p>Ilustrasi VMWare. (Doc: VMWare)</p>

Dalam perhelatan MWC 2023 kali ini, VMware menawarkan inovasi terbaru yang mampu mendukung transformasi pelanggan menghantarkan solusi multi cloud bagi perusahaan penyedia layanan.

"Hal ini dapat dicapai karena teknologi baru kami dibekali kapabilitas jaringan, dan keamanan canggih untuk segala kebutuhan di lingkungan edge," ujar Sanjay.

Lewat solusi multi cloud ini, VMware Telco Cloud Platform menampilkan solusi jaringan generasi masa depan dengan menggunakan VMware NSX berkapabilitas jaringan dan keamanan lateral cerdas kelas telko.

Di framework Service Management and Orchestration (SMO), VMware melakukan pendekatan aliansi O-RAN dengan melakukan simplifikasi, optimalisasi, dan automatisasi RAN dan seluruh aplikasi-aplikasinya.

Kapabilitas Konektivitas Edge dan Nirkabel Cerdas

Tak hanya itu, VMware juga memperkenalkan sejumlah kapabilitas konektivitas edge dan nirkabel cerdas yang telah disempurnakan untuk para pengguna SD-WAN dan SASE.

VMware telah melakukan inovasi untuk mendukung kalangan CSPs dalam memodernisasi jaringan mereka dengan cepat dan mengoptimalkan jaringan 4G/5G.

(Ysl/Isk)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat