uefau17.com

Dokumen Rahasia AS Soal Perang Ukraina Bocor di Discord Minecraft, Pemuda 21 Tahun Ditangkap - Tekno

, Jakarta - Dokumen rahasia Amerika Serikat (AS) tentang perang Ukraina bikin geger selama beberapa hari terakhir, usai bocor di internet dan berikutnya tersebar luas. Dokumen Pentagon tersebut ternyata diketahui bocor melalui server Discord untuk game Minecraft.

Wall Street Journal melaporkan, dokumen bocor ini berisi perincian tentang perang Ukraina, sekutu AS, penetrasi rencana militer Rusia oleh Amerika, dan lain-lain.

Mengutip Business Insider, dokumen rahasia AS tersebut juga kabarnya berisi pemantauan sejumlah sekutu seperti Korea Selatan dan Israel.

Beberapa file juga menyebut bahwa Inggris kemungkinan telah mengerahkan 50 personel pasukan khusus di Ukraina. Sekitar 100 dokumen sudah ditemukan. Namun tidak diketahui seberapa banyak yang telah bocor.

Tidak diketahui juga seberapa jauh keaslian dari dokumen-dokumen ini, atau pun sudah mengalami proses perubahan.

Dikutip dari IGN, Jumat (14/4/2023), lusinan dokumen juga telah muncul dengan banyak dari mereka yang ditandai sebagai dokumen "Rahasia" atau bahkan "Sangat Rahasia."

Dokumen rahasia itu tampaknya pertama kali muncul di server Discord kecil di mana sebagian besar penggunanya adalah orang Amerika.

Namun, informasi itu akhirnya masuk ke server Minecraft Discord, di mana menurut tangkapan layar yang diperoleh BBC menandai bahwa unggahan itu sudah ada di awal Maret 2023.

Dokumen rahasia AS itu pun kemudian menyebar melalui 4chan, Twitter, dan jejaring sosial Telegram, sebelum pejabat AS kemudian meluncurkan penyelidikan pada pekan lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kronologi Kebocoran Dokumen Rahasia AS

Situs berita Bellingcat melaporkan, kebocoran bisa jadi dimulai dari server Discord bernama WowMao, yang dijalankan oleh seorang YouTuber dengan nama yang sama.

Seorang anggota server kemudian mengunggah lebih dari 30 dokumen pada tanggal 1 dan 2 Maret, sebelum kemunculannya di server Minecraft beberapa hari. Pada 7 April, dokumen-dokumen ini dihapus dari server Discord.

Namun laporan Bellingcat juga mencatat, kebocoran mungkin terjadi di awal Januari, dari server Discord Thug Shaker Central yang sekarang sudah dihapus.

Adapun, server Minecraft yang dimaksud adalah Minecraft Earth Map. Jadi, pada tanggal 4 Maret, dua pengguna diketahui tengah memperdebatkan peta Minecraft dan perang di Ukraina.

Untuk memperkuat argumen, salah satu pengguna di sana pun menulis, "ini, beberapa dokumen yang bocor" sembari mengunggah 10 dokumen tentang Ukraina.

3 dari 4 halaman

Pihak Discord Buka Suara

Dokumen-dokumen ini kemungkinan sudah ada di server tersebut tanpa diketahui pemerintah selama lebih dari sebulan.

WSJ pun menyebut, pemerintah AS sedang menilai kerusakan dari kebocoran tersebut, dan menilainya sebagai "salah satu kebocoran paling signifikan dari dokumen AS yang sangat rahasia dalam sejarah baru-baru ini".

Pejabat pertahanan mengatakan beberapa dokumen tampak asli, tetapi yang lain mungkin telah diubah. Sumber asli kebocoran saat ini tidak diketahui.

Sementara itu, pihak Discord pun ikut buka suara soal kebocoran dokumen rahasia negara tersebut, dan mengatakan mereka akan bekerja sama dengan penegak hukum untuk menyelidiki insiden ini.

"Prioritas tertinggi Discord adalah memastikan pengalaman yang aman bagi pengguna kami," kata juru bicara Discord kepada Kotaku, menanggapi insiden kebocoran dokumen rahasia negara ini.

4 dari 4 halaman

Pemuda 21 Tahun Ditangkap

"Saat kami mengetahui konten yang melanggar kebijakan kami, tim Keamanan kami menyelidiki dan mengambil tindakan yang sesuai, termasuk melarang pengguna, mematikan server, dan terlibat dengan penegakan hukum," kata Discord menambahkan.

Terbaru, Jack Teixeira, pemuda 21 tahun yang merupakan seorang air national guardsman, telah ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka utama pembocoran dokumen tersebut.

Ia diidentifikasi sebagai tokoh yang memimpin di server Discord Thug Shaker Central, tempat kebocoran dokumen ini mungkin berasal.

(Dio/Ysl)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat