uefau17.com

Pengguna WhatsApp di Android Bakal Bisa Edit Kontak Langsung di Aplikasi - Tekno

, Jakarta - Seiring dengan perluasan fitur yang ditambahkan ke aplikasi, WhatsApp terus mengembangkan pembaruan yang akan semakin memudahkan aktivitas pengguna. Terbaru, WhatsApp disebutkan tengah menggarap update untuk memungkinkan pengguna pengguna perangkat Android membuat dan mengedit kontak secara langsung di aplikasi. 

Dengan fitur ini, pengguna tidak perlu meninggalkan atau keluar dari WhatsApp untuk membuat perubahan atau menyimpan nomor baru pada kontak ponsel. Untuk diketahui, kemampuan sebelumnya sudah lebih dulu tersedia di WhatsApp untuk iPhone.

Mengutip Android Police, Senin (10/4/2023), WABetaInfo menemukan bahwa beberapa pengguna WhatsApp Beta untuk Android mendapati adanya tampilan antarmuka (UI) kontak baru. Dengan UI teranyar ini, pengguna dapat mengatur semua kegiatan yang awalnya hanya dapat dilakukan pada aplikasi Kontak bawaan perangkat.

Beberapa pengguna WhatsApp Beta versi 2.23.8.2, 2.23.8.4, 2.23.8.5, dan 2.23.8.6 seharusnya sudah dapat mencoba fitur ini, dan disebut-sebut akan diperluas ke lebih banyak pengguna dengan berbagai versi.

Adapun fitur baru WhatsApp ini mencakup pilihan lokasi penyimpanan kontak, bisa di ponsel atau akun Google yang terhubung pada perangkat. Selain itu, pengguna juga dapat mengedit kontak yang telah disimpan, seperti menambahkan alamat email dan informasi tanggal ulang tahun secara melalui aplikasi. 

Meskipun fungsinya terbilang cukup mendasar bagi sebuah aplikasi chatting, tetapi kemampuan untuk tidak perlu berpindah dari aplikasi ke kontak ponsel ketika menyimpan nomor orang lain dapat memudahkan aktivitas pengguna. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengguna WhatsApp Beta Dapat Mencoba Fitur Ini

Jika pengguna penasaran dan ingin mencoba fitur ini, WABetaInfo merekomendasikan untuk membuka daftar di aplikasi dan meng-klik “kontak baru”. Hal ini dimaksudkan untuk melihat apakah UI baru muncul dan fitur telah tersedia pada perangkat pengguna.

Bagi pengguna yang tidak terdaftar dalam program WhatsApp Beta di Android, fitur ini akan segera hadir dengan versi stabil dalam beberapa waktu ke depan sehingga pengguna tidak perlu khawatir tertinggal update

Di samping itu, WhatsApp juga sedang mengerjakan opsi obrolan suara baru untuk grup dan membuat beberapa perubahan visual pada menu lampiran aplikasi. Karenanya, masih banyak fitur baru yang dapat dinantikan dari aplikasi milik Meta ini.  

3 dari 4 halaman

WhatsApp Bakal Hadirkan Channel, Fitur Baru yang Mirip dengan Milik Telegram

Di sisi lain, WhatsApp juga tengah berencana menghadirkan fitur baru yang disebut WhatsApp Channel. Fitur ini telah terlebih dahulu populer di aplikasi Telegram.

Menurut WABetaInfo, fitur ini mulanya disebut-sebut akan hadir dengan nama Private Newsletter. Namun, nama tersebut tampaknya diubah untuk membuatnya sesuai dengan tujuan fitur yang dimaksud.

Bicara tentang WhatsApp Channel, sebelumnya fitur baru WhatsApp ini dirancang menjadi fitur siaran yang dikirim dari satu pengguna ke banyak kontak. Dengan fitur siaran ini, pengguna bisa berlangganan ke akun yang diinginkan. Selanjutnya akun tersebut bakal mengirimkan berbagai newsletter.

Sejauh ini, fitur yang semula bernama Newsletter tersebut masih dalam tahap pengembangan, tetapi sebuah screenshot memperlihatkan bahwa WhatsApp menggantinya menjadi Channel.

4 dari 4 halaman

WhatsApp Juga Akan Rilis Fitur Keamanan Baru

Tak hanya itu, sebelumnya WhatsApp dikabarkan akan memberikan pengguna kemampuan untuk memperketat privasi chat penggunanya. Mengutip Gizchina, Kamis (5/4/2023), fitur baru WhatsApp ini akan membantu pengguna menambahkan 'gembok' ke pesan WhatsApp kamu.

Menurut laporan dari WABetaInfo, platform perpesanan ini akan menambahkan fitur baru yang mengizinkan pengguna mengunci chat di aplikasi WhatsApp dan menyembunyikannya.

Meta menyebut fitur baru WhatsApp ini sebagai 'Chat Lock' yang kini tengah dikembangkan. Fitur ini belum dirilis sepenuhnya, termasuk bagi para penguji beta WhatsApp, sebelum nantinya dirilis bagi semua pengguna WhatsApp.

Meski begitu, sebuah sumber mengklaim bahwa fitur tersebut bakal siap dalam beberapa minggu ke depan, dan akan digulirkan pada update aplikasi WhatsApp berikutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat