uefau17.com

HP Android Mendadak Tidak Bisa Dicharge? Ini 7 Cara Mudah Mengatasinya - Tekno

, Jakarta - Pernahkah pengguna HP Android menemui masalah ketika mengisi daya perangkatnya? Jika ya, pengguna tidak perlu terburu-buru datang ke layanan purna jual atau tempat perbaikan HP.

Alasannya, meski permasalahan pengisian daya HP dapat dipengaruhi banyak faktor, masalah tersebut biasanya terjadi karena hal-hal sederhana. Karenanya, beberapa permasalahan terkait pengisian daya masih bisa diatasi sendiri di rumah.

Nah, apabila kamu merupakan salah satu pengguna yang mengalami masalah ketika mengisi daya di smartphone Android, ada beberapa cara untuk mencari tahu penyebabnya dan membuatnya berfungsi kembali. 

Untuk itu, Tekno telah merangkum tujuh cara mengatasi charge HP Android yang bermasalah sebagaimana dikutip dari Make Use Of, Kamis (13/3/2023). Apa saja cara-caranya? Simak daftarnya berikut ini: 

1. Nyalakan Ulang Ponsel

Seringkali, alasan baterai HP tidak bisa diisi ulang ketika dicolokkan adalah koneksi sederhana. Karenanya, me-reboot atau menyalakan ulang ponsel harus selalu menjadi langkah pertama yang dilakukan.

Dengan melakukan hal ini, semua layanan latar belakang pada ponsel akan dinonaktifkan sekaligus menyegarkan komponen inti perangkat jika terjadi mogok pada pengerjaan fungsinya. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ganti Stop atau Kabel dan Adaptor Charger

Kabel pengisi daya yang longgar atau tidak berfungsi bisa menjadi salah satu penyebab utama HP tidak dapat menerima daya. Maka, cobalah untuk beralih ke kabel atau adaptor lain. 

Tak hanya itu, stop kontak yang tidak bisa menyalurkan arus listrik juga bisa menjadi penyebab HP tidak bisa diisi daya. 

Untuk memeriksa kerusakan kabel, pengguna dapat mengisi baterai melalui PC. Jika ponsel berhasil terhubung ke PC, dapat dipastikan kabel bukanlah sumber masalahnya. 

3. Aktifkan Safe Mode

Safe Mode pada ponsel. (Make Use Of)

Jika ponsel tetap tidak dapat mengisi daya setelah dinyalakan ulang, pengguna perlu mencoba untuk mengaktifkan Safe Mode. Mode ini akan membatasi smartphone agar tidak menjalankan aplikasi pihak ketiga.

Ketika pengguna dapat mengisi daya ponsel dalam mode aman, pertimbangkan untuk menghapus beberapa aplikasi yang sudah lama tidak digunakan atau terlihat mencurigakan.

3 dari 4 halaman

4. Bersihkan Port Pengisian Daya

Partikel debu yang menumpuk di saluran pengisian daya dapat menghalangi koneksi ponsel ke sumber listrik. Karenanya, kamu bisa memeriksa charging port pada perangkat dan coba membersihkannya.

Pembersihan dapat dilakukan dengan menggosok area tersebut secara lembut atau gunakan kapas kering. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, pakai bantuan senter dan SIM ejector untuk mengeluarkan kotoran asing di dalam port.

5. Pastikan Masalah Bukan Bug pada Software

Adanya masalah bug pada software terkadang juga menyebabkan ponsel tidak mengisi daya, meski notifikasi menyatakan perangkat tengah diisi. 

Untuk memastikannya, pengguna dapat menginstal aplikasi Ampere untuk melihat berapa banyak daya yang sedang dialirkan ke ponsel. 

Jika ponsel sedang mengisi daya tapi tidak menampilkan ikon charging, bisa dikatakan hal kondisi tersebut terjadi bug. Oleh sebab itu, pengguna perlu menunggu pembaruan software atau melakukan reset pabrik.

4 dari 4 halaman

6. Mungkin Ponsel Mengalami Kerusakan Air

Pada perangkat yang kedap air sekalipun, masuknya air ke dalam perangkat perlu ditangani dengan perawatan khusus agar tidak mengakibatkan kerusakan. 

Pengguna tidak boleh mengisi daya sama sekali ketika ada kemungkinan kerusakaan akibat air. Untuk itu, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bagian dalam ponsel telah benar-benar kering dan menunggunya selama 24 jam.

Untuk mengeringkannya, pengguna dapat menyalurkan udara panas dengan memakai pengering rambut atau merendam perangkat dalam beras kering.

7. Kunjungi Service Center

Ketika cara-cara di atas tidak berhasil, kamu mungkin membutuhkan bantuan profesional untuk menemukan penyebab masalah ini dan mengatasinya. Karenanya, kamu perlu membawa perangkat milikmu ke service center. 

Biasanya, mereka akan memeriksa dan mencari tahu masalah yang terjadi mungkin terjadi pada hardware-nya. Jika pengguna masih memiliki garansi, pengguna mungkin tidak akan dikenakan biaya apapun untuk perbaikannya.  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat