uefau17.com

Cara Mudah Hapus, Edit, dan Report Video di TikTok Bagi Pemula - Tekno

, Jakarta - Tidak bisa dipungkiri, bagi sebagian besar orang, TikTok telah menjadi salah satu platform yang paling nyaman untuk membuat video pendek.

Kontennya yang hanya berupa video dan slideshow sejumlah foto membuat tampilan antarmuka aplikasi ini cukup sederhana dengan beberapa ikon familiar.

Meskipun sederhana, berbagai fitur dalam pembuatan video TikTok yang tersedia cukup inovatif sehingga menarik bagi para penggemarnya. 

Maka tak heran, keuntungan terbesar TikTok berasal dari basis penggunanya yang kian membesar setiap harinya. Akan tetapi, kemudahan yang disuguhkannya mungkin berbeda pada sebagian pengguna yang masih pemula.

Dirangkum dari  Gizchina, Kamis (9/3/2023), para pengguna yang baru mengenal TikTok dapat mempelajari beberapa cara penggunaan dasar sederhana berikut ini.

Antara lain cara hapus video TikTok, mengedit, dan report atau melaporkan suatu video yang tidak sesuai dengan ketentuan konten TikTok. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghapus Video TikTok

Bagi pengguna yang suka membagikan momen-momen tertentu di TikTok, kesalahan pengeditan atau keterangan yang dimuat dalam video mungkin saja terjadi.

Sayangnya, video yang telah diunggah tidak dapat menerima perubahan apapun, seperti menambahkan keterangan video atau lainnya.

Maka, untuk menghapus video yang tidak ingin lagi ditampilkan pada akun, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Masuk ke profil akun pengguna
  • Pilih salah satu video yang ingin dihapus dari video unggahan pengguna
  • Klik ikon tiga titik pada sisi kanan video 
  • Pilih opsi “Hapus” yang terletak pada paling kanan bagian bawah pilihan fitur

Ketika pengguna telah menghapus video dari TikTok, video tersebut tidak dapat kembali diakses di platform. Namun, jika pengguna lainnya telah mengunduhnya sebelum dihapus, mereka dapat kembali mengunggah video tersebut.

Tak hanya itu, jika sebelumnya pengguna lain telah menggunakan video pengguna dalam fitur video duet atau stitch dan diunggah, video pengguna akan tetap tersedia di platform walaupun sumber asli video pengguna telah dihapus.

3 dari 4 halaman

Cara Mengedit Video TikTok Sebelum Diunggah

Perlu diingat, pengguna tidak dapat mengedit atau pun menambahkan sesuatu pada video yang telah dibuat dan dibagikan di platform.

Jadi, jika terjadi suatu kesalahan dalam video yang telah diunggah, pengguna perlu menghapusnya dan mengunggah ulang. 

Sebelum mengunggah video baru, pengguna dapat mengeditnya, seperti menambahkan filter, efek, teks, stiker, dan caption video. Untuk melakukannya, pengguna dapat melakukan langkah-langkah berikut.

  • Klik tombol tambah “+” pada bagian tengah bawah layar
  • Pilih video dari galeri pengguna untuk mengunggah konten dari video yang dimiliki, atau gunakan kamera TikTok merekam video secara langsung
  • Pengguna dapat menambahkan musik, efek, filter, dan fitur kamera lainnya yang tersedia melalui opsi di layar
  • Ketika selesai, klik tanda centang untuk lanjut menambahkan caption
  • Jika video sudah siap, klik post untuk mengunggahnya ke platform

Untuk mendapatkan lebih banyak penonton, pengguna dapat mengunggahnya pada jam-jam yang disarankan agar masuk ke halaman For You Page (FYP).

Tak hanya itu, pengguna juga dapat memilih musik atau sound tertentu yang sedang menjadi tren, serta menyematkan tagar-tagar yang relevan agar dapat lebih mudah diakses pengguna lainnya. 

4 dari 4 halaman

Cara Report Video TikTok Pengguna Lain

Meskipun tidak ada opsi untuk menghapus video pengguna lain, TikTok memberikan pilihan untuk melaporkan (report) video tersebut. 

Fitur ini dapat digunakan ketika pengguna menemukan konten dari pengguna lain yang dianggap melanggar aturan dan tidak sesuai dengan aturan platform. 

Untuk melaporkan suatu video di TikTok, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Akses video yang ingin pengguna laporkan
  • Klik dan tahan video tersebut 
  • Pilih opsi “Report”
  • Kemudian, ikuti langkah dan perintah yang diberikan platform

Setelah langkah-langkah di atas selesai dilakukan, TikTok akan melakukan peninjauan terkait video tersebut dan segera menindaklanjutinya jika terbukti melanggar aturan platform.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat